Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Lemak Jenuh

By

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Lemak Jenuh – Lemak membantu memberi kita energi. Di masa lalu, dokter menyarankan untuk menghindari makan lemak, tetapi sekarang telah menyadari bahwa beberapa jenis baik untuk kita. Seiring dengan energi, lemak membantu melindungi organ kita, menyerap vitamin, dan membantu kita merasa lebih kenyang lebih lama.

Ada tiga jenis lemak yang tersedia melalui diet kita: lemak jenuh, tak jenuh, dan lemak trans. Dari ketiganya, lemak jenuh telah menjadi fokus utama penelitian yang dilakukan untuk menentukan manfaatnya. Jadi, apakah aman mengonsumsi lemak jenuh?

Apa itu Lemak Jenuh?

Pada tingkat ilmiah, lemak jenuh adalah molekul lemak yang tidak memiliki ikatan rangkap dengan molekul karbon karena mereka jenuh dengan hidrogen. Mereka ditemukan dalam daging, susu, dan mentega, dan akan sering padat pada suhu kamar.

BACA : 11 Nutrisi dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Ada pilihan makanan sehat dan tidak sehat dalam hal mendapatkan lemak jenuh. Beberapa pilihan sehat termasuk telur, daging hewan yang diberi makan rumput, cokelat hitam, keju, dan minyak kelapa. Di ujung lain dari spektrum, pilihan tidak sehat termasuk makanan goreng, daging olahan, dan makanan ringan pra-paket.

Manfaat kesehatan dari Lemak Jenuh

Meningkatkan Kesehatan Otak – Otak kita mengandung berbagai lemak, yang sebagian besar adalah lemak jenuh. Ini membantu otak kita untuk tumbuh dan tetap sehat. Mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung lemak jenuh dianggap meningkatkan kinerja otak Anda. Juga, asam lemak yang ditemukan dalam makanan seperti minyak kelapa dapat memiliki efek perlindungan pada otak yang dapat meningkatkan penyakit seperti Alzheimer.

Meningkatkan Kesehatan Jantung – Lemak jenuh mengandung asam laurat dan stearat. Ini membantu mengelola kolesterol Anda, yang mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Baik untuk Tulang Anda – Lemak jenuh adalah komponen penting untuk membantu tubuh Anda menyerap vitamin D dan secara efisien menyerap kalsium ke dalam tulang Anda. Tanpa mineral ini, Anda bisa mengurangi kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda – Tanpa asam lemak jenuh dalam sel darah putih Anda, sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi juga. Kurangnya lemak menghambat kemampuan sel untuk mengenali penyerang seperti bakteri dan virus.

Lemak jenuh membantu tubuh Anda berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Lemak adalah pembawa pesan untuk membantu sinyal saraf dan arah untuk kelenjar dan organ Anda. Jika Anda tidak menerima cukup lemak ini, sel-sel Anda dapat berkomunikasi dengan buruk, dan itu bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Tinggalkan komentar