Si Kecil Belimbing Wuluh, 9 Manfaat Tanaman Herbal Disekitar Kita

Si Kecil Belimbing Wuluh, 9 Manfaat Tanaman Herbal Disekitar Kita. Tanaman herbal adalah tanaman yang memiki kandungan yang bermanfaat untuk makhluk hidup. Banyak yang memilih tanaman herbal untuk membantu menyembuhkan keluhan dan berbagai penyakit yang dirasakan. Mengapa lebih memilik tanaman herbal? Karena dipercaya tanaman herbal tidak memiliki efek samping yang berbahaya untuk jangka panjang. Berbeda dengan obat kimia, apabila dalam penggunaannya yang tidak sesuai berakibat fatal hingga menyebabkan over dosis.

Mendengar nama belimbing wuluh, banyak yang menyangka belimbing ini seperti belimbing buah pada umumnya yang berbentuk bintang. Jenis belimbing wuluh berbeda dengan buah belimbing yang pada umumnya dikenal banyak orang. Belimbing wuluh dikenal sebagai penambah rasa asam pada masakan. Banyak aneka masakan Indonesia yang menggunakan belimbing wuluh. Seperti masakan garang asem dikenal sebagai penambah rasa asam pada masakan. Banyak aneka masakan Indonesia yang menggunakan belimbing wuluh. Seperti masakan garang asem dan aneka makanan yang lainnya.

manfaat tanaman herbal disekitar kita
manfaat tanaman herbal disekitar kita

Belimbing wuluh menyimpan manfaat lain selain sebagai penambah rasa pada masakan, yakni memiliki manfaat tanaman herbal disekitar kita. Tanaman belimbing wuluh tentu banyak tumbuh subuh di Indonesia. Belimbing wuluh jenis tanaman yan g mudah tumbuh meskipun kurang mendapat perawatan. Berikut manfaat belimbing wuluh sebagai tanaman herbal yang menyimpan banyak manfaat yang terkadang jarang diketahui banyak orang.

Manfaat Tanaman Herbal Disekitar Kita Pada Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Mengobati jerawat

Memiliki jerawat membandel tentu permasalahan yang tidak bisa dianggap sepele, jerawat mengganggu penampilan. Beberapa cara tentu diupayakan agar jerawat dapat sembuh dan tidak kembali lagi. Untuk itu, belimbing wuluh dapat menjadi salah satu cara yang diuji cobakan pada wajah berjerawat. Jika ditelusuri dari kandungannya, belimbing wuluh memiliki senyawa aktif, seperti flavonoid, tannin, saponin dan triterpenoid. Kandungannya terbukti dapat menghambat aktivitas biologis bakteri penyebab jerawat, yakni Acne vulgaris.

Bersifat antimikroba

Buah belimbing wuluh memiliki manfaat tanaman herbal disekitar kita. Mikroba yang dapat dibasmi oleh ekstrak belimbing wuluh. Penelitian mengungkapkan sedikitnya enam patogen tidak akan bertahan dengan kandungan yang ada pada buah belimbing wuluh ini, yakni bakteri gram-positif (Bacillus cereus dan Bacillus megaterium), dua bakteri gram-negatif (Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa), serta dua jenis jamur (Aspergillus ochraceous dan Cryptococcus neoformans).

Selain itu kandungan pada buah belimbing wuluh juga dapat mengurangi kandungan mikroba L. monocytogenes Scott A dan S. typhimurium pada udang mentah yang telah dicuci dan disimpan dalam suhu 4 derajat celcius. Maksudnya, belimbing wuluh dapat dijadikan sebagai bahan alami mencuci udang hingga bersih dan aman untuk dikonsumsi. Mikroba dapat mati setelah terkena belimbing wuluh. Sehingga tak ragu lagi dalam mengonsumsi udang atau makan seefood lainnya.

Menetralisir penyakit yang berhubungan dengan radikal bebas

Belimbing wuluh memiliki manfaat tanaman herbal disekitar kita yang mengandung antioksida tingkat sedang yang terdapat di dalamnya. Zat antioksida mampu menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit kanker, diabetes mellitus, hingga berbagai penyakit neurodegeneratif. Dengan adanya belimbing wuluh ini sebagai upaya awal pencegahan. Karena sejatinya lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Mengobati luka

Belimbing wuluh dapat mengobati luka pada mulut, termasuk sakit gigi dan sakit pada gusi. Jika memakan buah belimbing wuluh terlaku ekstrim, karena rasa asam yang dimiliki. Maka dapat mengoleskan ekstrak daun belimbing wuluh pada area yang terluka dengan cara daun ditumbuk terlebih dahulu, kemudian setelah hancur ditempelkan pada bagian yang sakit. Setelah 10 menit daun tersebut dibuang. Cara ini dapat diulangi beberapa kali jika sakit terasa kembali. Kandungan pada tanaman belimbing wuluh terbukti dapat meningkatkan jumlah fibroblast alias benang-benang yang berfungsi menutup luka tersebut.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Belimbing wuluh memiliki manfaat tanaman herbal disekitar kita yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi para penderitanya. Cara ini sudah pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian dan hasilnya belimbing wuluh memang dapat menurunkan tekanan darah dengan cukup signifikan karena kandungan yang ada pada belimbing wuluh tersebut. Belimbing wuluh meruapakan obat tradisional zaman dahulu yang hingga kini masih terbukti khasiatnya. Namun kesimpulan tersebut didapat dari sebuah penelitihan di laboratorium. Khasiat belimbing wuluh masih perlu penelitian lebih lanjut lebih akurat.

Obat Batuk

Belimbing wuluh dapat digunakan sebagai obat batuk yang cukup ampuh. Banyak yang telah membuktikan cara ini dan cukup berhasil dirasakan. Batuk membandel yang lama dirasakan bisa sembuh dengan rutin mengonsumsi ramuan dari belimbing wuluh ini. Dalam hal ini, yang lebih digunakan untuk obat batuk adalah bunga belimbing wuluh. Bunga belimbing wuluh dicampur dengan gula batu kemudian dipanaskan. Setelah meleleh gula batu tersebut. Bunganya dibuang dan diminum sarinya yang telah bercampur dengan gula batu. Rutin mengonsumsi dapat dijadikan sebagai obat batuk tradisional. Rasa yang manis tentu disukai oleh anak-anak.

Obat Alergi

Alergi adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh pada hal tertentu di luar tubuh. Hal tersebut bisa berupa makanan, obat-obatan, udara (penyebab alergi rhinitis dan asma), logam (menyebabkan dermatitis), dan penyebab lainnya. Gejalanya  seperti mata merah, gangguan pernapasan, pilek, atau gatal pada kulit. Hal tersebut dapat disembuhkan dengan belimbing wuluh. Belimbing wuluh dapat dijadikan sirup dan diminumkan secara rutin untuk dapat segera menyembuhkan alergi yang sedang dialami. Hal tersebut membuktikan bahwa belimbing wuluh memiliki manfaat tanaman herbal disekitar kita

Mengobati PMS (Penyakit Menular Seksual)

Di Malaysia, buah dan daun belimbing wuluh yang telah dikeringkan dapat digunakan untuk mengobati penyakit menular seksual (PMS). Caranya beberapa buah dan daun yang telah dikeringkan, direbus menjadi satu dengan 3 gelas air hingga setengah airnya menguap atau berkurang, lalu hasil rebusannya diminum 2 kali sehari. Cara ini masih jarang ditemukan di Indonesia, namun cara ini justru telah ada dan terbiasa digunakan oleh orang Malaysia. Penyakit menular Seksual (PMS) dapat diobati dengan rutin mengonsumsi ramuan tersebut.

Perhatikan artikel lain disini

Mencerahkan warna bibir

Memiliki bibir hitam tentu mengurangi rasa kepercayaan diri untuk tampil di depan umum. Belimbing wuluh memiliki manfaat tanaman herbal disekitar kita, salah satunya dapat mencerahkan warna bibir menjadi lebih sehat. Kandungan vitamin A dan C pada buah belimbing wuluh berkhasiat membuat bibir terlihat lebih merona. Caranya dengan mengoleskan belimbing wuluh yang telah dibersihkan pada bibir dan ditambahkan dengan madu. Cara ini dilakukan 2 kali sehari untuk bibir nampak lebih segar dan merona.

Demikian manfaat tanaman herbal disekitar kita, yakni belimbing wuluh. Belimbing wuluh menyimpan banyak manfaat didalamnya. Dengan rutin mempraktikan cara tersebut di atas maka hasil yang didapatkan akan terlihat. Namun apabila dalam proses memakai cara tersebut terdapat efek samping yang dirasa membahayakan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan dengan segera. Belimbing wuluh dapat menjadi solusi pertama sebelum menggunakan obat kimia dari dokter.

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *