Wajib Tahu 7 Manfaat Sayur Kol Dan Bahayanya

Wajib tahu! Manfaat sayur kol dan bahayanya. Anda pasti pernah menyantap sayur kol karena termasuk daftar sayuran kaya manfaat di Indonesia. Apalagi sayur kol baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin, bahkan menjadi lauk anak-anak karena tidak pedas dan disukai anak-anak. Anda tak akan malas membuat sayur kol karena bumbunya simple dan proses memasaknya cepat. Tentu saja, hal ini dapat membuat kamu menghemat waktu juga.

Sejatinya, kol termasuk jenis sayuran cruciferous dan disebut sebagai tanaman cole. Selain itu masyarakat suatu daerah menyebut kol sebagai kubis. Perlu diketahui, sebenarnya kol memiliki beberapa varian yang berdasarkan warnanya loh. Diantaranya ada yang hijau, ungu, merah, putih dan hijau. Pastinya, semua warna tersebut memiliki manfaat yang beragam dan bagus untuk kesehatan.

manfaat sayur kol dan bahayanya
manfaat sayur kol dan bahayanya

Manfaat Sayur Kol Untuk Kesehatan

Mengingat terdapat manfaat sayur kol dan bahayanya, harus diketahui kandungannya agar tak salah mengartikan. Kol memiliki kandungan protein, serat, kalsium, vitamin K, vitamin B2, vitamin C, zat besi, potasium, mangan, magnesium, vitamin A dan berbagai vitamin lain. Agar paham mengenai berbagai macam manfaat sayur kol, berikut ada beberapa manfaat yang dapat diketahui:

Mengobati peradangan dan infeksi

Anda tengah mengalami infeksi atau peradangan yang menganggu aktifitas? Tenang saja. Anda bisa menjadikan sayur kol sebagai lauk pauk karena sayur kol dapat mengobati peradangan dan infeksi loh. Hal itu karena kol mengandung sulfur dan glutamin sebagai sifat antiinflamasi yang tinggi, alhasil sayur kol bisa melawan infeksi yang anda derita.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Walaupun manfaat sayur kol dan bahayanya menjadi kesatuan kekhawatiran dan kebahagiaan banyak orang, sayur kol tetap diminati banyak orang. Alasannya karena kol mengandung vitamin C sehingga mampu menguatkan sistem imun tubuh, alhasil anda tak mudah terserang penyakit. Antioksidan yang tinggi pada sayur kol dapat dijadikan detoksifikasi tubuh, alhasil racun-racun di dalam tubuh hilang dan darah kembali bersih dan stamina selalu terjaga.

Menjaga kesehatan jantung

Sebagian orang memilih sayuran lain yang tinggi manfaat walaupun proses memasaknya lama. Padahal sayur kol yang memasaknya cepat dan simple bisa menjaga kesehatan jantung, kol mengandung polifenol yang sangat melimpah yang berfungsi menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Anda pasti tahu kolestro jahat atau (LDL) dapat mengganggu kesehatan jantung anda, tetapi jika anda rajin menyantap sayur kol maka jantung selalu sehat.

Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Manfaat sayur kol dan bahayanya menjadi petimbangan masyarakat, walaupun terdapat bahaya sayur kol tetapi tetap menyehatkan. Yang terpenting anda mengkonsumsi sayur kol secara tepat dan tak berlebihan sehingga tak menimbulkan bahaya. Apalagi sayur kol dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, tatkala saluran pencernaan terganggu maka kekebalan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit. Kandungan kol yang beragam mampu mengatasi sembelit dan membuat pergerakan usus bebas, dengan begitu pencernaan stabil.

Meningkatkan kesehatan otak

Anda wajib bahagia jika anak-anak atau keluarga menyukai sayur kol, alasannya karena sayur kol mampu meningkatkan kesehatan otak. Pastinya menjadi sayuran wajib anak-anak karena otak anak-anak masih berkembang, dengan begitu produktifitas anak semakin tinggi dan bakat yang terpendam bisa terasah. Kol mengandung antosianin, yodium dan vitamin K dapat mempengaruhi kerja saraf terhadap pola pikir dan konsentrasi anak. Selain itu jika anda rajin mengkonsumsi sayur kol mampu mencegah penyakit demensia, Alzheimer dan Parkonson.

Merawat kulit dan wajah

Tak perlu pusing memikirkan manfaat sayur kol dan bahayanya karena jika di konsumsi seimbang tak ada bahayanya. Poin ini disukai kaum wanita karena mengenai kesehatan kulit dan wajah, hal itu karena sayur kol juga baik untuk kecantikan. Kandungan sulfur, antioksidan, antosianin dapat menjaga kesehatan kulit dan wajah anda. Pastinya mampu mencegah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam, kerutan, jerawat dan permasalahan wajah lainnya.

Mencegah katarak

Sayur kol mengandung beta karoten yang terdapat pada vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Alhasil mata anda senantiasa sehat mengingat aktifitas mata setiap detiknya sangat banyak, belum lagi setiap saat mata terkena polusi udara dan hal lainnya sehingga mata menjadi perih dan kemerahan.

Manfaat sayur kol dan bahayanya memang 2 hal yang wajib diketahui agar anda tepat mengkonsumsi sayur kol. Untuk itulah manfaat dan bahaya sayur kol wajib diketahui sebagai wawasan, dengan begitu tepat menjadikan sayur kol sebagai lauk pauk keluarga di waktu kapan saja.

Bahaya Mengkonsumsi Sayur Kol Berlebih

Mengetahui bahaya makan sayur kol berlebih wajib diketahui, tujuannya agar kesehatan anda tak terganggu saat menyantap sayur kol. Jangan sampai sayur kol yang kaya manfaat justru berdampak buruk bagi kesehatan anda akibat makan berlebih, berikut ada macam-macam bahaya yang wajib diketahui:

Perut kembung

Bahaya sayur kol yang pertama adalah mengalami perut kembung, hal itu terjadi saat anda terlalu banyak menyantap sayur kol. Umumnya, hal itu dialami oleh orang yang sibuk bekerja sehingga menyantap makanannya berlebih tanpa jeda. Alasan perut kembung karena kol mengandung riffinose yang tinggi, apalagi kandungan itu sulit dicerna tubuh karena sejenis gula yang kandungan karbohidratnya kompleks. Untuk itulah wajib mengetahui manfaat sayur kol dan bahayanya agar tak mengalami perut kembung.

Diare

Anda heran usai menyantap sayur kol tetapi mengalami diare? Hal itu karena anda terlalu banyak menyantap sayur kol. Kandungan serat yang banyak pada kol membuat saluran usus aktif dibanding biasanya, alhasil perut mulas dan diare. Sementara untuk penderita kanker sebaiknya tidak menyantap sayur kol karena dapat mempengaruhi daya tahan tubuhnya.

Kekurangan yodium

Banyak orang mencari referensi manfaat sayur kol dan bahayanya karena sayur kol dianggap menyebabkan seseorang kekurangan yodium. Hal itu memang benar karena kol mengandung Glucosinulate yang membuat tubuh kekurangan yodium, pasalnya kandungan itu mengandung nitrogen dan sulfur sehingga menghalangi pertumbuhan hormon tirodi di dalam tubuh.

Membuat darah encer

Sejatinya takaran mengkonsumsi kol hanya 2 atau 3 cangkir saja setiap harinya. Sayangnya banyak yang tak menghiraukan sehingga mengkonsumsi sayur kol mengganggu kesehatan.

Apapun alasannya, walaupun anda hobi menyantap sayur kol sebaiknya patuhi aturan manfaat sayur kol dan bahayanya mengkonsumsi kol agar hanya manfaat yang didapat.

Simak artikel lainnya disini.

Selain itu pastikan anda membatasi mengkonsumsi kol mentah ya karena tak bagus untuk kesehatan, bila ingin menyantap kol mentah sewaktu-waktu saja. Pasalnya kandungan pada kol beragam dan membuat darah encer jika di makan berlebihan.

Kesehatan adalah prioritas semua orang agar menjalani kehidupan dengan baik. Sama halnya dengan mengkonsumsi sayur kol, anda harus mengetahui manfaat sayur kol dan bahayanya sehingga anda mampu membatasi konsumsi kol. Disarankan menyantap sayur kol paling tidak 3 atau 4 kali dama satu minggu, dijamin manfaat yang beragam dapat dirasakan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *