Inilah 5 Vitamin untuk Reproduksi yang Wajib Anda Ketahui

By

Sumbersehat.com – Anda perlu tahu vitamin untuk reproduksi agar bisa memiliki sistem reproduksi yang sehat. Ada beberapa vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi dan anda wajib memenuhi kebutuhan vitamin itu. Sehingga, anda terhindar dari gangguan atau penyakit sistem reproduksi.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin, anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen atau makanan yang mengandung vitamin tersebut. Lantas apa saja vitamin-vitamin itu dan bagaimana fungsinya? Simak yuk penjelasan detailnya di bawah ini!

Inilah 5 Vitamin untuk Reproduksi yang Penting Dibahas

Berikut beberapa vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi yang penting anda ketahui, antara lain:

1. Vitamin B6

Bagi wanita, vitamin B6 berperan penting dalam menjaga keseimbangan kadar progesteron. Hormon progesteron berfungsi dalam menjaga siklus menstruasi, menghasilkan sel telur, dan lainnya sehingga Anda harus menjaga tetap stabil.

Baca juga : 5 Alternatif Cara Alami Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Oleh karena itu, penuhi kebutuhan vitamin untuk reproduksi ini dengan mengkonsumsi daging sapi, tuna, salmon, bayam, susu, alpukat, dan pisang. Selain berasal dari makanan, Anda juga dapat mencukupi kebutuhan vitamin B6 dari suplemen sesuai anjuran dokter.

2. Vitamin B9

Tak hanya vitamin B6 saja, tapi B9 juga termasuk vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi. Vitamin B9 yang terkandung dalam bayam, edamame, dan brokoli berperan dalam menjaga kelancaran siklus menstruasi dan sel telur yang normal. Sedangkan bagi pria, asam folat atau vitamin B9 dapat meningkatkan kulitas dan jumlah sperma.

Peran penting lain vitamin B9 yaitu menjaga sistem saraf janin dalam kandungan. Beberapa jenis sumber vitamin B9, yaitu hati, buncis, kacang hijau, bayam, brokoli, kentang, dan bayam. Suplemen vitamin B9 yang dijual di apotek juga bisa Anda manfaatkan berdasarkan resep dokter.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin untuk reproduksi yang berperan dalam mengatasi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan mengganggu produksi sperma pada pria. Agar radikal bebas tersebut sulit masuk ke dalam tubuh, Anda sebaiknya mencukupi kebutuhan vitamin C.

Alasannya karena vitamin C dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh yang dapat menangkal radikal bebas dari luar. Sedangkan bagi wanita, vitamin C berperan dalam melancarkan pelepasan sel telur saat evulasi dan pembuahan. Maka, penuhilah kebutuhan harian vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi ini.

Jumlah vitamin C yang direkomendasikan bagi pria sebanyak 90 mg dan wanita sebanyak 75 mg setiap hari. Anda bisa memperoleh asupan vitamin C dari suplemen dan makanan. Makanan tersebut antara lain jambu, tomat, kiwi, tomat, paprika, jeruk, dan brokoli. 

4. Vitamin D

Selanjutnya, vitamin untuk reproduksi yang harus terpenuhi dalam tubuh selanjutnya adalah vitamin D. Jika tubuh Anda mengalami kekurangan vitamin D, resiko gangguan kesuburuan atau infertilitas cukup tinggi. Setiap hari, asupan vitamin D yang harus terpenuhi sebanyak 15 sampai 20 mg.

Jenis makanan yang mengandung vitamin D mudah ditemukan di sekitar Anda. Misalnya, kuning telur, ikan, minyak ikan, udang, dan jamur. Selain dengan makanan, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi secara rutin. 

Baca juga : 6 Ramuan Herbal untuk Jantung Koroner yang Mudah Dibuat

Cukup mudah bukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi ini? Luangkan waktu sekitar 15 menit di pagi hari untuk berjemur dan dapatkan peningkatan kesehatan sistem tubuh lainnya juga.

5. Vitamin E

Terakhir adalah Vitamin E, termasuk vitamin untuk reproduksi yang terkenal memiliki manfaat dalam meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Setiap hari, wanita dan pria dianjurkan mendapatkan asupan vitamin E sebanyak 15 gram. Asupan vitamin E bisa diperoleh dari suplemen yang dibeli di apotek maupun makanan segar.

Sumber vitamin E dari makanan segar berasal dari buah-buahan dan kacang-kacangan. Buah yang tinggi vitamin E antara lain kiwi, alpukat, dan mangga. Sedangkan kacang-kacangan yang mengandung vitamin E bisa berasal dari almond, hazelnut, dan kacang tanah. 

Itulah 5 vitamin untuk reproduksi yang berperan penting dalam tubuh. Agar kesehatan sistem reproduksi terjaga Anda semestinya memenuhi kebutuhan harian vitamin dari makanan maupun suplemen.

Ada baiknya Anda mendapatkan vitamin yang berperan penting dalam proses reproduksi tersebut dari makanan segar dengan menerapkan pola makan sehat. Jangan abaikan pula untuk olahraga secara rutin, karena gerakan anda juga berpengaruh pada kesehatan reproduksi.

Tinggalkan komentar