10 Cara Mendapatkan Motivasi untuk Olahraga Sehat di Pagi Hari dengan Baik

10 Cara Mendapatkan Motivasi untuk Olahraga Sehat di Pagi Hari dengan Baik. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa saat berolahraga di pagi hari, Anda merasa lebih waspada dan produktif sepanjang hari? Itu bukan kebetulan, olahraga pagi memang memiliki beberapa keuntungan bagi tubuh dan pikiran Anda. Pertama, olahraga meningkatkan metabolisme Anda, dan membuat Anda membakar kalori pada tingkat yang lebih tinggi sepanjang hari. Selain itu, Anda juga dapat berolahraga dengan tenang karena belum ada banyak gangguan di pagi hari.

Sebuah studi menemukan bahwa olahraga sebelum sarapan dapat melawan efek buruk makan berlebih. Studi ini melibatkan kelompok pria muda aktif yang berlari atau bersepeda sebelum sarapan. Kemudian dibandingkan dengan kelompok pria yang tidak berolahraga atau berolahraga setelah makan. Hasilnya, kelompok yang berolahraga sebelum makan cenderung mengalami kenaikan berat lebih sedikit. Bahkan mereka juga tidak menunjukkan tanda-tanda resistensi insulin. Jadi jika Anda belum termotivasi dengan ini, maka cobalah beberapa trik berikut ini.

olahraga sehat di pagi hari
olahraga sehat di pagi hari

Cara Memotivasi Diri Untuk Olahraga Sehat di Pagi Hari

Pindahkan jam alarm anda

Alih-alih tidur dengan alarm di samping tempat tidur, cobalah pindahkan ini ke sisi lain ruangan. Dengan begitu, Anda harus bangun dari tempat tidur untuk mematikannya. Setelah Anda bangun, akan jauh lebih mudah untuk Anda melakukan peregangan. Ini juga lebih mudah untuk mengenakan pakaian olahraga, dan berjalan di sekitar lingkungan. Anda juga mungkin ingin ke gym untuk olahraga sehat di pagi hari. Jika Anda menggunakan alarm yang bisa memutar musik, maka sebaiknya setel ke lagu yang dapat meningkatkan mood Anda untuk olahraga.

Buatlah “pertemuan”

Memiliki teman yang rutin berolahraga adalah motivator yang baik. Jadi, buatlah rencana pertemuan dengan rekan olahraga Anda di gym pukul 6 pagi atau di lapangan pukul 7 pagi. Dengan begitu, Anda akan merasa ada yang menunggu dan mengharuskan Anda untuk bangun. Sementara itu, Anda mungkin juga tidak ingin menjadi orang yang ketiduran atau terlalu malas untuk bangun dan bergerak.

Berteman di gym

Jika Anda belum memiliki teman olahraga, maka Anda bisa mendapatkannya setelah beberapa minggu mengikuti rutinitas olahraga sehat di pagi hari. Ini mungkin lebih mudah terealisasi jika Anda berolahraga di gym. Anda akan terbiasa dengan pelanggan tetap, yang juga berolahraga di sana pada hari itu. Faktor sosial akan membantu Anda memotivasi diri untuk berolahraga setiap hari. Anda mungkin akan bangun dan bergerak untuk mengetahui apakah teman Anda ada di sana. Dan ketika Anda melewatkan satu atau dua hari, maka Anda juga mungkin akan tetap menanyakan keberadaan mereka.

Tetapkan tujuan

Setiap Minggu malam, buatlah jadwal olahraga untuk minggu yang akan datang. Selanjutnya katakan itu pada diri Anda sendiri sebagi janji. Kemudian jadwalkan latihan seperti yang sudah Anda janjikan. Menurut beberapa ahli, menuliskan rencana olahraga akan membuat Anda cenderung mengikutinya. Namun jika itu tidak berhasil, cobalah jelaskan di kalender Anda apa alasannya. Dengan begitu, Anda pasti bisa menganalisis dan mencari cara untuk mengatasinya.

Putar musik olahraga di HP Anda

Menurut beberapa ahli, musik adalah motivator yang baik di pagi hari. Memiliki daftar putar lagu yang bagus di pagi hari, mungkin cukup untuk membuat Anda bangun dari tempat tidur. Sementara itu, beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat mendengarkan musik saat olahraga sehat di pagi hari. Ini mungkin dapat menghasilkan pikiran positif dan membantu Anda mengimbangi kelelahan. Sangat disarankan untuk menggunakan tempo yang lebih cepat, ketika Anda ingin memompa adrenalin di pagi hari. Sementara itu, alihkan ke tempo yang lebih lambat menjelang akhir rutinitas olahraga Anda.

Siapkan rencana malam sebelumnya

Untuk menindaklanjuti rutinitas olahraga pagi, maka ada baiknya untuk mengatur pakaian dan perlengkapan olahraga di malam sebelumnya. Dengan begitu Anda tidak akan membuang-buang waktu untuk berpakaian atau bersiap-siap dalam latihan. Salah satu kemungkinan kerugian berolahraga di pagi hari adalah waktu Anda mungkin terbatas. Untuk itu, atasi batasan ini dengan mengatur rutinitas dan tidak membuang waktu untuk mencari sepatu atau yang lainnya.

Hargai upaya Anda

Cobalah untuk selalu menghargai diri Anda, terutama ketika Anda bisa mencapai target sesuatu. Contohnya, jika Anda bisa melakukan olahraga sehat di pagi hari secara teratur selama empat atau lima hari, maka berikan hadiah. Lakukan ini untuk menyenangkan diri Anda sendiri. Contohnya yakni dengan menghabiskan akhir minggu di tempat wisata, melakukan manikur, menonton film, dan sebagainya. Setidaknya cobalah menemukan hal yang menyenangkan untuk memotivasi diri Anda. Lalu gunakan itu untuk memberi dorongan setiap pagi untuk olahraga.

Beritahu dunia tentang rencana Anda

Berkat media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, maka kini Anda bisa memberitahu semua orang tentang aktivitas harian Anda. Gunakan ini untuk memposting rencana atau rutinitas olahraga Anda. Dengan begitu, ini akan membuat Anda lebih sulit untuk tidak melakukan olahraga. Anda juga bisa menggunakan sosial media untuk membanggakan pencapaian Anda. Beri tahu teman Anda bahwa Anda berhasil berenang 16 kali putaran atau berlari sejauh 4 km sebelum bekerja. Dengan begitu mereka akan terkesan, dan bisa memotivasi Anda untuk menjadwalkan latihan ulang.

Beri waktu beradaptasi

Pada awalnya mungkin sulit untuk tidak mematikan alarm dan kembali tidur. Ini lebih sulit daripada harus melompat dari tempat tidur untuk berolahraga di gym atau berjalan kaki selama 30 menit. Namun setelah satu atau dua minggu, maka tubuh Anda akan mulai menyesuaikan dengan rutinitas itu. Jadi ini akan lebih mudah untuk bangun dan melakukan olahraga sehat di pagi hari. Berolahraga secara teratur, akan membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Saat Anda tidur lebih nyenyak, maka bangun untuk berolahraga akan lebih mudah dilakukan.

Baca artikel lainnya disini

Nantikan sarapan yang lebih baik

Anda mungkin ingin makan sesuatu dengan cepat, seperti pisang atau segenggam kacang almond, untuk memberi dorongan energi sebelum berolahraga. Kemudian setelah Anda tenang, maka Anda bisa menikmati sarapan yang sebenarnya. Jadikan sarapan ini lebih istimewa dengan menganggapnya sebagai hadiah atas upaya Anda. Tetapi jangan menyabotase upaya olahraga Anda dengan makanan makanan berlebih. Buatlah janji kepada diri Anda untuk mendapatkan sarapan yang sehat dan memuaskan setelah kembali dari olahraga. Dengan demikian, itu akan memotivasi Anda juga.

Bangun dan melakukan olahraga sehat di pagi hari memang kurang diminati. Mengingat kebanyakan orang lebih suka tidur dan bermalas-malasan. Padahal jika mereka mengetahui manfaat olahraga di pagi hari maka itu bisa memotivasi mereka untuk berubah. Akhir kata, memulai sesuatu yang baik itu memang susah. Namun Anda tidak akan tahu sebelum mencobanya.

About Aziza Linda Verra

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *