Untuk Kesehatan Ini 7 Manfaat Sayur dan Buah-Buahan seperti Labu Kuning

By

Untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Sayur dan Buah-Buahan seperti Labu Kuning. Labu kuning yang memiliki nama latin Cucurbita moschata merupakan spesies yang berasal dari Amerika Tengah atau Amerika Selatan bagian utara. Di luar negeri sendiri buah labu kuning biasanya dijadikan hiasan pada perayaan Haloween. Sedangkan di Indonesia sendiri biasanya diolah menjadi berbagai penganan seperi kolak labu, pudding labu kuning, kue bingka labu, kue lumpur labu, kue bolu labu higga dijadikan campuran sayur bening.

manfaat sayur dan buah-buahan
manfaat sayur dan buah-buahan

7 Manfaat Sayur dan Buah-Buahan: Labu Kuning Untuk Kesehatan

Buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti kalium, antioksidan, dan vitamin ini biasanya lebih dikenal dengan nama waluh dan termasuk dalam jenis buah yang juga masih satu golongan dengan timun. Namun banyak yang belum mengetahui bahwa ternyata buah labu kuning memiliki segudang manfaat mulai dari kesehatan tubuh hingga kecantikan kulit. Padahal bukan hanya buahnya saja, bijinya pun juga punya berbagai manfaat loh. Lantas apa saja manfaat buah labu kuning untuk kesehatan tubuh? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Tinggi Serat dan Rendah Kalori

Sepertiyang kita ketahui ada banyak sekali manfaat sayur dan buah-buahan untuk kesehatan. Buah labu kuning sendiri bisa dijadikan sebagai pilihan makanan diet. Selain rasanya yang enak seperti ubi jalar, buah labu kuning juga dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan karbohidrat. Dengan mengonsumsi labu kuning akan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan labu kuning dapat memperlambat proses pencernaan.

Menurunkan Tekanan Darah

Buah labu kuning sangat kaya akan kalium. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, dapat menurunkan tekanan darah. Kemungkinan untuk terserang stroke, pembentukan batu ginjal, dan mempertahankan kepadatan tulang berbanding lurus dengan jumlah asupan kalium dalam tubuh. Karenanya penderita penyakit hipertensi dianjurkan untuk mengonsumsi buah labu kuning ini. Makanan lain selain labu kuning yang juga kaya akan kandungan kalium adalah nanas, tomat, jeruk, bayam, dan pisang.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sayur dan buah-buahan lainnya terutamabuah labu kuning adalah untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar dapat menangkal berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin A dapat membantu tubuh melawan infeksi, virus, dan penyakit menular. Bahkan minyak labu bisa membantu melawan berbagai infeksi bakteri juga jamur. Selain itu, buah labu kuning mengandung hampir 20 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan. Hal ini bisa membantu pemulihan tubuh dari pilek menjadi lebih cepat.

Menajamkan Penglihatan

Faktanya beta-karoten yang banyak terkandung dalam buah ini akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin ini berfungsi untuk membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Tak hanya itu, labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang bisa membantu mencegah katarak dan bahkan memperlambat perkembangan degenerasi macula

Selain manfaat sayur dan buah-buahan terutama labu kuning ini adalah membantu anda memiliki mata yang sehat dan penglihatan yang lebih jelas., lutein yang terkandung dalam labu kuning ini juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk meningkatkan konsentrasi dalam bekerja atau belajar. Sehingga sangat baik dikonsumsi pelajar dan kelompok orang dengan usia produktif. Berdasarkan hasil penelitian, dengan mengonsumsi 225 gram labu kuning setiap hari anda akan mendapat manfaat tersebut.

Membantu Pertumbuhan Tulang

Labu kuning merupakan salah satu buah yang juga dibutuhkan oleh tulang. Manfaat dari buah labu kuning yang satu ini disebabkan adanya kandungan kalsium di dalamnya yang dapat membuat tulang menjadi lebih sehat dan tumbuh dengan baik. Itulah mengapa buah ini sangat baik dikonsumsi anak dalam masa pertumbuhan dan juga orang yang sedang cedera patah tulang. Buah labu kuning ini juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan gigi loh.

Mengatasi Insomnia

Biji buah labu kuning marupakan salah satu bagian ysng dapat dimanfaatkan. Biji buah labu kuning ini, kaya akan kandungan triptofan, yaitu sejenis asam amino yang dapat memicu rasa kantuk. Bahan ini juga mendorong pengeluaran hormon serotonin, yang dapat membuat tubuh merasa lebih rileks, dan siap untuk beristirahat. Karenanya salah satu manfaat sayur dan buah-buahan seperti labu kuning ini adalah membantu meningkatkan kualitas tidur. Sehingga mengonsumsi biji labu ini sangat dianjurkan untuk penderita insomnia.

Mempercantik Kulit

Labu kuning ternyata juga sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit. Beta-karoten yang terkandung dalam labu kuning menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV. Selain itu, buah labu kuning juga dapat memperbaiki kulit yang rusak pasca penyembuhan jerawat. Buah yang satu ini juga mampu menjadikan kulit selalu kenyal dan lembut. Sehingga dapat membuat kulit nampak awet muda.

Selain dimakan, labu kuning juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat masker wajah sebagai bagian dari perawatan kulit agar awet muda.Untuk membuat masker labu kuning ini, kita memerlukan seperempat cangkir labu kuning yang lembek. Lalu campurkan labu kuning dengan satu sendok makan madu dan susu. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya lalu diamkan selama 20 menit.  Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Karenanya tidak salah jika disebutkan bahwa salah satu manfaat sayur dan buah-buahan seperti labu kuning adalah membuat awet muda,

Baca artikel lainnya disini .

Memelihara Kesehatan Jantung

Labu kuning memiliki banyak kandungan vitamin A, folat, karotenoid, dan magnesium yang sangat baik bagi kesehatan jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya. Selain untuk kesehatan mata, vitamin A diperlukan untuk menangkal kuman dan agar sistem reproduksi bekerja sebagaimana mestinya Sebagai relaksan pembuluh darah, magnesium dapat menurunkan tekanan darah yang mecegah terjadinya stroke dan serangan jantung. Salah satu manfaat sayur dan buahini  juga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis atau keadaan di mana dinding pembuluh darah arteri mengeras akibat penumpukkan lemak.

Seperti yang kita ketahui selain daging buahnya, manfaat sayur dan buah-buahan terutama bagian biji buah labu kuning juga dapat dimanfaatkan. Biji labu kuning biasa diolah dengan cara dipanggang, kemudian dapat dikonsumsi secara langsung atau disebut juga dengan kuaci labu atau kuaci biji waluh. Anda juga dapat menjadikan biji labu kuning ini sebagai campuran salad. Jika anda menginginkan yang lebih praktis, maka anda dapat menggunakan ekstrak minyak biji labu yang dijual di pasaran.

Labu kuning sebenarnya buah yang sangat baik untuk dikonsumsi siapa saja, baik anak-anak hingga orang tua. Labu kuning juga cocok dijadikan sebagai salah sau menu MPASI awal untuk bayi. Sebagai tambahan, berdasarkan penelitian, antioksidan dari vitamin A dan C dalam labu kuning juga dapat bertindak sebagai pelindung sel dalam tubuh yang melawan penyebab kanker. Terutama kanker prostat dan kanker paru-paru. Semoga ulasan manfaat sayur dan buah-buahan terutama untuk buah labu kuningtadi bermanfaat ya.

Tinggalkan komentar