Biasakan Menu Makanan Memenuhi Unsur-Unsur Gizi Ini untuk Tubuh Sehat Bugar

By

sumbersehat.com – Unsur-unsur gizi dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari, tentunya haruslah terpenuhi. Jika Anda menginginkan tubuh yang sehat dan bugar, maka Anda perlu memperhatikan pemenuhan gizi dalam tubuh. Pemenuhan gizi ini berguna bagi setiap kalangan, mulai dari balita, remaja, dewasa maupun lansia.

Kebanyakan masyarakat hanya memenuhi unsur gizi berupa karbohidrat saja. Sedangkan unsur-unsur gizi lainnya belum terpenuhi secara maksimal. Mengonsumsi makanan kaya akan gizi sangat bermanfaat bagi tubuh agar bisa bekerja dengan baik dan optimal. Penting Anda ketahui apa saja macam-macam unsur gizi serta fungsinya bagi tubuh dengan lengkap. Simak ulasan di bawah ini ya!

unsur-unsur gizi

Apa Saja Unsur-Unsur Gizi Beserta Fungsinya?

Kinerja dalam tubuh belum tentu dapat memproduksi asupan gizi sepenuhnya dan perlu bantuan asupan dari luar. Itulah mengapa Anda perlu tahu betapa pentingnya mengetahui apa saja 6 unsur gizi dalam tubuh. Berikut mari simak apa saja 6 unsur gizi beserta contoh dan fungsinya. 

Karbohidrat

Salah satu unsur gizi dalam makanan sebagai pemberi tenaga adalah karbohidrat. Karbohidrat memiliki peran bagi tubuh untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Karbohidrat  merupakan salah satu penggolongan zat gizi makro. Apa itu zat gizi makro? Zat gizi makro merupakan nutrisi yang memberi asupan kalori atau energi yang dibutuhkan dalam jumlah besar.

Tahukah Anda? Unsur-unsur gizi ini memiliki fungsi penting, yaitu dapat menjadi sumber bahan bakar, cadangan makanan, dan materi pembangun. Setiap orang memiliki kebutuhan karbohidrat yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan rendah atau tingginya melakukan suatu aktivitas. Kebutuhan karbohidrat biasanya mencapai 45-65% dari total kalori harian.

Mengonsumsi makanan kaya akan karbohidrat pastinya akan membuat perut terasa lebih kenyang dan tenaga pun akan bertambah. Di negara Indonesia ini, kebutuhan karbohidrat utama menggunakan beras diolah menjadi nasi. Namun, ada pula yang menggunakan sagu sebagai karbohidrat utama. Contoh karbohidrat lainnya yaitu gandum, ubi, singkong serta jagung.

Protein

Unsur-unsur gizi ini sangat penting dan tidak boleh Anda lewatkan. Protein merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh dalam menunjang keberadaan setiap sel bagi tubuh. Manfaat lain juga untuk mempertahankan imunitas tubuh. Tentunya, unsur protein lebih baik dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Baca juga Daftar 5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kekurangan Gizi.

Kebanyakan orang hanya memenuhi karbohidrat saja, tetapi tidak memenuhi asupan penting berupa unsur protein ini. Protein tergolong menjadi dua, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani berasal dari hewan seperti daging, telur dan ikan. Konsumsi ikan di kalangan masyarakat sangat minim, padahal ikan mengandung protein dan omega 3 untuk fungsi otak dan saraf.

Sedangkan protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan, seperti tahu dan tempe. Seringkali masyarakat menganggap remeh karena makanan murah, tahu dan tempe ini tidak dikonsumsi secara maksimal. Padahal, kandungan nilai gizi pada tahu dan tempe sangatlah tinggi. Makanan ini dapat menangkal radikal bebas dan baik untuk diet.

Lemak

Unsur-unsur gizi lainnya yang ketiga adalah lemak. Lemak ini akan disimpan oleh tubuh dan berfungsi sebagai sumber cadangan energi. Namun, perlu diperhatikan lemak sendiri tergolong menjadi dua yaitu, lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Lemak jenuh umumnya berasal dari sumber hewani dan hanya membutuhkan asupan 5-6% dari total kalori harian.

Beberapa makanan yang tergolong lemak jenuh, yaitu daging sapi, ayam, domba, minyak kelapa sawit, margarin dan keju. Sedangkan lemak tak jenuh umumnya berasa dari tumbuh-tumbuhan. Lemak tak jenuh contohnya alpukat, zaitun, kacang-kacangan, kedelai dan lain-lain. Kedua penggolongan tersebut tak sepenuhnya baik untuk tubuh.

Lemak jahat yang biasa disebut lemak jenuh dan lemak baik disebut juga lemak tak jenuh. Keduanya memiliki manfaat dan kekurangan bagi tubuh. Salah satu kekurangan dari lemak jenuh, yaitu dapat meningkatkan kolesterol jahat, sedangkan lemak tak jenuh jika berlebihan dapat mengalami peradangan. Tentunya, mengonsumsi lemak tidak boleh secara berlebihan.

Vitamin

Vitamin berguna menyangkal penyakit dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Unsur-unsur gizi ini termasuk ke dalam zat gizi mikro. Zat gizi mikro ini dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun tidak bisa diremehkan. Karena, zat gizi mikro ini berperan dalam pembentukan enzim, hormon, dan zat penting lainnya. 

Tubuh membutuhkan vitamin  untuk membantu kerja fungsional tubuh serta membentuk struktur dan mengatur reaksi tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa contoh, jika seseorang kekurangan vitamin A, maka akan berdampak penurunan kesehatan mata. Jika kekurangan vitamin D akan mengalami nyeri pada otot.

Banyak sekali sumber-sumber vitamin yang dapat menjadi kebutuhan tambahan bagi tubuh. Setiap sumber vitamin tersebut mempunyai peran tersendiri dalam memberikan manfaat didalamnya. Unsur gizi sebagai pembentuk jaringan tubuh ini diantaranya ada vitamin A, B, C, D, E dan K. 

Sumber vitamin D untuk kesehatan tulang, yaitu telur, sinar matahari, daging dan keju. Untuk menjaga kesehatan kulit, maka membutuhkan sumber vitamin E seperti kacang-kacangan, alpukat, dan zaitun. Ingin membantu meningkatkan imunitas tubuh? Anda bisa mengonsumsi vitamin C untuk jawabannya.

Mineral

Unsur-unsur gizi selanjutnya yaitu sumber mineral. Mineral berfungsi untuk menunjang fungsi serta berbagai proses yang terjadi dalam tubuh. Mineral dibagi menjadi dua macam, yaitu mineral makro dan mikro. Mineral makro terdiri dari 2 macam yaitu kalsium dan fosfor. Keduanya berfungsi sebagai pembentukan tulang dan gigi serta mengatur proses pembekuan darah.

Sedangkan mineral mikro merupakan kelompok mineral yang diperlukan tubuh dalam skala sedikit. Walau diperlukan sedikit, fungsinya sangat berpengaruh besar bagi fungsi tubuh. Jenis-jenis mineral mikro yaitu zat besi, zink, yodium, flour, tembaga, kromium, molibdenum, dan selenium. Kandungannya berperan dalam memproduksi hemoglobin dalam darah yang terdapat pada zat besi.

Air

Kebutuhan air pada tubuh manusia sangatlah penting. Air berperan dalam melarutkan segala proses dalam tubuh. Air bermanfaat sebagai pelumas bagi tubuh, mencegah dehidrasi, membuang racun, membawa nutrisi ke sel dan mencegah sembelit. Perlu Anda ketahui bahwa ketika dehidrasi dan tubuh kekurangan cairan, maka akan membuat tubuh lemas dan konsentrasi terganggu. 

Normalnya, mengonsumsi air putih 8 gelas per hari adalah cara yang tepat agar tubuh tetap sehat. Namun tak hanya dari air minum, tetapi Anda bisa dapatkan dengan mengonsumsi buah dan sayur kadar air tinggi. Sehingga, sistem pencernaan, penyerapan, sirkulasi nutrisi dan penyeimbangan tubuh akan terjaga. Unsur-unsur gizi ini haruslah Anda perhatikan konsumsi hariannya.

Dari uraian di atas, begitu jelas penggolongan unsur-unsur gizi yang tertera. Untuk mencapai keadaan gizi yang baik dan sempurna, maka haruslah unsur-unsur gizi tersebut terpenuhi sesuai kebutuhan masing-masing individu. Anda bisa menyertakan konsumsi menu harian sehat yang tepat untuk keluarga Anda.

Lebih tepatnya, Anda bisa mengkombinasikan segala macam menu makanan dengan memenuhi unsur-unsur gizi didalamnya. Alangkah baiknya untuk bervariasi agar tidak mudah bosan. Sehingga, jika anak-anak mengonsumsi asupan tersebut kebutuhan metabolisme sepenuhnya dapat terpenuhi.

Tinggalkan komentar