11 Tips dan Trik Melakukan Program Diet Untuk Hipertiroid

sumbersehat.com – Program diet untuk hipertiroid mudah dilakukan hanya dengan memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi. Hipertiroid adalah kondisi dimana kelenjar tiroid pada tubuh bekerja terlalu aktif sehingga melepas banyak hormon tiroid yang mempengaruhi kondisi tubuh.

Gejala umum yang ditunjukkan seperti detak jantung tidak normal, tremor, dan gondok. Penderita hipertiroid bisa sembuh total jika melakukan diet yang tepat. Diet yang bisa dilakukan oleh penderita hipertiroid adalah dengan memperhatikan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

program diet untuk hipertiroid
diet tiroid

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Program Diet Untuk Hipertiroid

Terdapat beberapa makanan untuk meningkatkan hormon tiroid yang tidak boleh dikonsumsi, yaitu :

1. Makanan tinggi yodium

Makanan dengan tinggi yodium dapat meningkatkan produksi hormon tiroid. Hormon tiroid sangat berguna bagi tubuh untuk mengendalikan metabolisme dan fungsi tubuh lainnya. Tetapi jika dikonsumsi berlebihan bagi penderita hipertiroid tentu saja hal ini akan membuat kondisi semakin parah.

Bagi yang sedang menjalani program diet untuk hipertiroid dianjurkan untuk menghindari makanan ini. Dalam kondisi normal, dianjurkan untuk mengonsumsi yodium sekitar 1,1 miligram per hari. Sehingga penderita hipertiroid harus mengonsumsi dengan dosis yang lebih rendah. Berikut ini adalah makanan yang memiliki kadar yodium tinggi, yaitu :

  • Makanan olahan susu seperti keju dan yogurt.
  • Kuning telur.
  • Garam dan air beryodium.
  • Makanan yang diberi pewarna.

2. Makanan dengan kandungan nitrat

Program diet untuk hipertiroid harus mengurangi kandungan nitrat pada makanan yang dikonsumsi. Kandungan nitrat ini yang menyebabkan tiroid menyerap lebih banyak yodium yang memperparah kondisi penyakit. Berikut ini adalah beberapa makanan yang memiliki kandungan nitrat, yaitu :

  • Berbagai daging olahan seperti sosis, bacon, nugget, dan ham.
  • Daun seledri.
  • Daun selada.
  • Daun bawang.
  • Bayam.
  • Kubis atau kol.
  • Peterseli.
  • Berbagai jenis umbi-umbian seperti lobak, wortel, bit, dan labu.
  • Mentimun.

3. Makanan kandungan gluten

Makanan untuk penderita hipertiroid harus yang tidak memiliki banyak kandungan gluten. Gluten adalah sejenis protein yang banyak ditemukan pada makanan berbahan dasar gandum. Pada dasarnya, gluten ini bersifat alami yang terdapat pada makanan. Kandungan gluten bisa menyebabkan kelenjar tiroid semakin membengkak sehingga harus dihindari. Berikut ini adalah beberapa makanan yang memiliki kandungan gluten, yaitu :

  • Berbagai jenis gandum.
  • Ragi.
  • Malt.
  • Triticale.

4. Kacang kedelai

Kacang kedelai juga sebaiknya dihindari bagi penderita yang melakukan program diet untuk hipertiroid. Kandungan pada kacang kedelai dapat mengganggu dan memperlambat proses penyembuhan bagi penderita. Oleh sebab itu, hindari kacang kedelai dan yang berbahan dasar kedelai. Contohnya seperti susu kedelai, kecap, tahu, tempe, dan tauco.

5. Kafein

Minuman yang memiliki kandungan kafein harus dihindari ketika menjalankan program diet untuk hipertiroid. Karena kandungan kafein dapat menyebabkan peningkatan kecemasan, gugup, mudah tersinggung, dan detak jantung berdebar.

Hindari untuk mengonsumsi kopi, teh, soda, minuman berenergi dan coklat. Sebagai gantinya dianjurkan untuk mengonsumsi teh herbal. Teh herbal aman karena terbuat dari ramuan bunga, daun, biji, akar, dan buah kering yang aman bagi penderita.

6. Makanan laut

Bagi penderita hipertiroid tidak dianjurkan mengonsumsi makanan yang berasal dari laut. Selain memiliki kandungan kolesterol tinggi, kandungan pada seafood dapat menyebabkan peradangan pada kelenjar tiroid.
Makanan untuk meningkatkan hormon tiroid dapat berasal dari berbagai jenis ikan, udang, lobster, kepiting, dan rumput laut. Tetapi, tidak semua jenis makanan laut berbahaya bagi penderita. Contoh ikan yang aman seperti salmon dan tuna karena memiliki omega 3 yang tidak berbahaya bagi penderita.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Diet Untuk Hipertiroid

Terdapat beberapa makanan yang boleh dikonsumsi selama menjalankan program diet untuk hipertiroid, yaitu :

1. Makanan rendah yodium

Makanan yang memiliki kandungan yodium rendah dapat mengurangi produksi hormon tiroid. Bagi penderita yang sedang menjalankan program diet untuk hipertiroid memang disarankan untuk mengonsumsi makanan ini, yaitu :

  • Garam non-yodium.
  • Putih telur.
  • Kentang.
  • Buah-buahan.
  • Madu alami.

2. Beberapa jenis vitamin dan mineral

Makanan penyembuh hipertiroid juga yang terkandung didalam beberapa vitamin dan mineral. Kandungan tertentu ini bisa menunjang kesehatan tiroid dan membantu menyeimbangkan produksi hormon tiroid. Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk penderita hipertiroid, yaitu :

  • Zat besi, contohnya kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, dan ayam kalkun.
  • Selenium, contohnya kacang Brazil, jamur, biji bunga matahari, biji chia, unggas, dan daging sapi.
  • Seng, contohnya buncis, bubuk kakao, kacang mete, jamur. dan daging domba
  • Kalsium dan vitamin D contohnya brokoli, bayam, kubis, okra, susu almond, sereal kaya kalsium.

3. Lemak sehat

Makanan dengan kandungan lemak sehat memang baik untuk kesehatan, tidak terkecuali program diet untuk hipertiroid. Lemak sehat ini berfungsi untuk membantu melindungi kesehatan tiroid dan menyeimbangkan hormon tiroid. Makanan yang mengandung lemak sehat berasal dari lemak nabati. Contohnya seperti alpukat, minyak zaitun, dan minyak kelapa.

4. Antioksidan

Penyebab hipertiroid salah satunya adalah karena kerusakan radikal bebas pada tubuh. Untuk menghindarinya dapat dengan mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan antioksidan. Makanan dengan jenis antioksidan seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin E sangat baik untuk penderita hipertiroid. Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung antioksidan utama, yaitu :

  • Buah-buahan seperti, apel, pir, anggur, mangga, nanas, pisang, pepaya, sukun, jeruk, jeruk bali, dan stroberi.
  • Sayur-sayuran seperti brokoli, asparagus, kubis merah, petai, tomat, dan ubi merah.
  • Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan pecan.

5. Makanan dengan kandungan zinc

Makanan penyembuh hipertiroid selanjutnya adalah yang memiliki kandungan kaya zinc. Salah satu jenis mineral ini berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kelenjar tiroid. Program diet untuk hipertiroid diwajibkan untuk banyak mengonsumsi makanan seperti daging sapi, daging domba, bubuk kakao, dan buncis.

6. Jenis rempah-rempahan

Bagi yang sedang menjalani program diet untuk hipertiroid disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya rempah-rempah. Beberapa jenis rempah dan herbal mempunyai sifat anti inflamasi yang gunanya untuk membantu melindungi dan menyeimbangkan fungsi tiroid. Salah satu rempah dan herbal untuk hipertiroid yang dianjurkan adalah kunyit. Kunyit terbukti dapat mengurangi resiko penyakit hipertiroid.

Selain kunyit, terdapat cabai dan lada hitam yang memiliki manfaat yang baik bagi penderita hipertiroid.
Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung rempah-rempahan tersebut menjadi kunci utama untuk menjaga produksi hormon tetap stabil. Jadi, jangan lupa menambahkan bahan-bahan tersebut kedalam makanan. Sebelum memutuskan menjalankan program diet untuk hipertiroid, disarankan untuk berdiskusi terlebih dahulu kepada dokter.

Jika sudah mengikuti makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi tetapi masih menunjukkan gejala penyakit sebaiknya konsultasikan ke dokter. Sehingga dokter akan segera melakukan tindakan yang tepat seperti pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mendeteksi penyakit. Dikhawatirkan gejala yang dialami merupakan indikasi penyakit tertentu dengan gejala yang serupa. Maka, biasanya dokter akan memberikan pengobatan yang tepat untuk menyeimbangkan kadar hormon tiroid dalam tubuh.

Demikian informasi mengenai program diet untuk hipertiroid yang bisa anda coba. Semoga informasi di atas bermanfaat dan tetap jaga kesehatan anda dan keluarga.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

Manfaat ketumbar untuk diet

Ketahui 4 Manfaat Ketumbar Untuk Diet, Badan Langsing dan Sehat

sumbersehat – Manfaat ketumbar untuk diet belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Namun belakangan hal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *