7 Trik Cerdik Bikin Diet Sehat Saat Puasa Bisa Optimal

7 Trik Cerdik Bikin Diet Sehat Saat Puasa Bisa Optimal ini sangat penting untuk dipahami. Karena tidak sedikit orang yang berpuasa dengan niat menurunkan berat badan, tetapi yang terjadi justru sebaliknya. Selesai berpuasa, berat badan malah semakin bertambah. Satu hal yang harus dipahami terlebih dahulu, yakni tidak semua cara diet aman untuk diduetkan dengan berpuasa.

Karena puasa dengan tidak makan sama sekali, tentu berbeda dengan mengurangi porsi makanan. Seperti pada diet ketogenic, debm, ketofastosis, ataupun yang lainnya. Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi dan yang tidak boleh diabaikan. Kalau poin-poin ini sampai dilanggar, maka kesehatan yang menjadi taruhannya. Lantas, bagaimana cara diet yang tepat dengan berpuasa?

diet sehat saat puasa
diet sehat saat puasa

Aturan Penting Dalam Menjalani Diet Sehat Saat Puasa

Berpuasa menjadi salah satu cara yang dilirik oleh wanita untuk menurunkan berat badan. Anggapan tidak makan, seolah menjadi jaminan bahwa program diet pasti akan berhasil. Namun, jangan kaget kalau yang terjadi justru tak sesuai ekspetasi. Jika memang sudah memantapkan hati ingin menjalani program diet sehat saat puasa, maka pastikan mematuhi aturan berikut ini:

Kurangi Asupan Gula

Setelah berpuasa, tubuh pasti merasa lemas, lesu, dan tak berdaya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis, seperti kurma. Namun, tak sedikit juga yang menggantinya dengan teh manis atau es campur. Selain menyegarkan, hal ini juga bertujuan agar tubuh kembali mendapatkan pasokan energi. Sudah bukan rahasia lagi, jika gula memang salah satu sumber tenaga yang mudah untuk dicerna.

Namun, jika sedang menjalani program diet sehat saat puasa, hal ini justru tidak dianjurkan. Saat berpuasa, tubuh akan mengalami penurunan dalam memproduksi insulin. Sedangkan zat ini dibutuhkan untuk mengubah kadar gula menjadi tenaga. Karena keadaan inilah, maka gula-gula tersebut akan diproduksi menjadi lemak, dan membuat badan semakin melebar. Oleh karena itu, bijaklah untuk mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berpuasa.

Hindari Gorengan

Berbuka puasa dengan gorengan memang sangat menggiurkan. Apalagi bertemankan sambal kacang yang pedas gurih, dan teh manis yang legit. Maka rasa lapar yang menggelayuti sedari siang pun tak akan lagi terasa. Berganti dengan kenikmatan hakiki yang tiada bandingannya Sayangnya, godaan-godaan seperti ini pun harus ditahan, jika ingin program diet yang sedang dijalani bisa berhasil.

Pasalnya, makanan gorengan seperti ini memiliki kandungan lemak jenuh dengan kapasitas yang cukup banyak. Selain dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL, lemak jenuh juga dapat membuat tubuh bertambah lebar. Jika ingin diet sehat saat puasa berjalan lancar, maka ganti gorengan dengan camilan yang sehat. Seperti kacang-kacangan, buah-buahan, roti gandum, puding, dan lain-lain.

Konsumsi Menu Sehat

Kunci dari semua program diet sebenarnya ada di makanan. Terlebih lagi jika program diet tersebut dibarengi dengan berpuasa, maka asupan gizi harus benar-benar dipertimbangkan. Selain menggantikan energi yang hilang, menu berbuka dan sahur juga harus bisa menyetok cadangan untuk esok hari. Oleh karena itu, banyak orang yang justru hilang kendali saat menyantap menu berbuka.

Alih-alih menyantap menu berat yang kaya karbohidrat, lebih baik ganti menu dengan makanan yang mengandung serat dan protein. Makanan jenis ini akan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap dan mencernanya. Sehingga dapat menekan hasrat makan berlebih, saat waktu berbuka tiba. Daging merah, ikan, dan berbagai macam jenis sayuran, dapat menjadi alternatif dalam menu diet sehat saat puasa.

Makan Secukupnya dan Perlahan

Meskipun berpuasa, porsi makan tetap berpengaruh terhadap berat badan. Jangan mentang-mentang siang tidak makan, lalu malam harinya seolah membayar “utang”. Hal ini justru akan memicu jarum timbangan, semakin ceria bergeser ke kanan. Alangkah lebih baik, jika makan dengan porsi cukup tetapi sering. Cara seperti ini juga berfungsi untuk memberikan waktu pada saluran pencernaan. Gunakan piring dengan ukuran kecil, agar tidak terpancing untuk mengambil banyak makanan.

Selain mengatur porsi, hal lain yang perlu diperhatikan saat diet sehat saat puasa adalah cara makan. Makanlah dengan tenang dan perlahan, tidak perlu terburu-buru. Karena makan dengan cepat justru dapat menimbulkan berbagai permasalahan lain. Seperti gangguan pada saluran pencernaan, sindrom metabolik, diabetes, hingga menghambat sinyal kenyang ke otak. Efeknya, tubuh akan terlambat untuk menyadari bahwa perut sudah melebih kapasitas.

Perhatikan Asupan Cairan

Puasa atau tidak, kebutuhan tubuh akan cairan tetaplah sama. Oleh karena itu, pastikan tetap minum 8 gelas air setiap harinya. Agar tidak bingung, dapat mengaplikasikan rumus 2:2:2:2. Yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas setelah salat isya/tarawih, 2 gelas menjelang tidur, dan 2 gelas lagi saat makan sahur. Usahakan untuk minum air putih, bukan teh, kopi, es campur, atau jenis minuman lainnya.

Jika berkaitan dengan diet sehat saat puasa, air putih jauh lebih baik dari minuman berperasa. Menurut hasil penelitian, air putih dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh hingga 30 persen. Selain itu, pada minuman yang berperasa, biasanya mengandung banyak gula. Sedangkan gula merupakan salah satu zat yang harus dijaga dengan ketat, atau berat badan akan semakin naik.

Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga stamina, dan tetap harus dilakukan meskipun sedang berpuasa. Jika biasanya tubuh akan membakar kalori dan gula untuk menghasilkan tenaga, maka berbeda dengan saat berpuasa. Karena kekurangan gula dan karbohidrat, maka tubuh akan memproduksi energi dari sumber yang lain, yaitu lemak. Hal ini dinamakan ketosis.

Namun ingat, jangan lakukan olahraga yang membutuhkan energi besar saat diet sehat saat puasa. Selain menyebabkan kelelahan, olahraga seperti ini juga dapat membuat tubuh dehidrasi. Oleh karena itu, perhatikan jenis olahraga, durasi yang dibutuhkan, serta kondisi tubuh. Jangan terlalu memaksakan diri, olahraga ringan juga memiliki manfaat yang baik. Seperti bersepeda, bowling, jalan cepat, yoga, joging, dan lain sebagainya.

Cukup Istirahat

Sudah bukan rahasia lagi, jika istirahat merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Begitu juga saat sedang berpuasa atau menjalani program diet. Tidak ada rumusnya, tidak tidur sama dengan kurus. Karena kurang tidur justru dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin, yaitu hormon yang memengaruhi nafsu makan. Selain itu, kurang tidur juga dapat mengganggu metabolisme tubuh. Nah, jangan sepelekan istirahat, ya.

Melakukan Diet sehat saat puasa sebenarnya dapat memberikan efek nyata pada perubahan berat badan, asalkan dilakukan dengan konsisten. Karena saat berpuasa, tubuh akan meningkatkan kadar hormon pertumbuhan atau yang biasa disingkat HGH (human growth hormone). Hormon ini memiliki pengaruh terhadap metabolisme tubuh, pembakaran lemak, serta pertahanan massa otot.

Demikianlah sejumlah trik cerdik yang dapat diaplikasikan saat sedang diet sehat saat puasa. Hanya butuh ketelatenan dan kemantapan hati untuk menahan hasrat makan berlebih, saat buka puasa tiba. Selamat mencoba dan semoga berjalan tanpa hambatan. Pastikan tidak ada satu trik yang terlewat, agar diet semakin optimal.

About Aziza Linda Verra

Check Also

pengertian gaya hidup sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat. Seiring dengan trend akan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *