Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami yang Wajib Anda Ketahui

Tips untuk menjaga kesehatan mata secara alami yang wajib anda ketahui dalam sehari hari. Pada zaman ini banyak sekali orang yang tidak bisa lepas dengan handphone ataupun juga tidak lepas dengan laptop. Jika menggunakannya terlalu lama sehingga dalam waktu yang berjam jam maka bisa memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan mata. Ada faktor risiko yang lain dari hal itu karena juga bisa menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas Anda sendiri. Mengapa hal itu terjadi? Karena bisa membuat Anda malas malasan dalam melakukan apa saja.

Terlalu sering berada di depan layar handphone, layar laptop maka bisa mengakibatkan Anda lupa untuk menjaga kesehatan bagi mata Anda sendiri. Padahal mata memilki manfaat paling penting dalam kehidupan yang salah satunya adalah sebagai organ penglihatan pada seluruh makhluk hidup atau pada benda mati. Mata juga dapat mendeteksi dengan adanya cahaya yang telah masuk pada bagian mata Anda.

Upaya menjaga kesehatan mata

Mata juga termasuk sistem optic yang paling kompleks. Mata bisa mengumpulkan suatu cahaya yang berada di sekitar kemudian dapat mengatur intensitasnya dengan melalui diafragma sehingga dapat memfokuskan melalui penyesuaian lensa yang dapat mengatur pembentukan gambar. Jika Anda menjaga kesehatan mata dengan baik maka mata Anda sudah pasti terjamin selalu baik dan sehat. Cara untuk menjaganya lebih baik dilakukan sejak usia dini supaya saat usia Anda semakin hari semakin bertambah maka kondisi mata tetap terjaga. Nah di bawah ini akan dijelaskan cara alami untuk menjaga kondisi mata Anda.

Makan buah dan sayur

Mengonsumsi sayur dan buah termasuk cara alami yang mempunyai manfaat sebagai kesehatan mata dan dapat dilakukan dengan mudah. Terutama pada buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin A dan juga beta karoten. Contoh buah dan sayur yang mengandung vitamin A untuk bisa dikonsumsi adalah wortel. Buah dan sayur macam ini memang sudah menjadi cara paling gampang dan sudah umum di kalangan masyarakat karena pada wortel banyak sekali nagndung beta karoten.

Tentu saja kalian merasa bingung mengapa pada beta karoten memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Nah salah satu alasannya yaitu karena pada beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi penurunan pada penglihatan pada waktu Anda sedang memandang suatu hal yang lurus.

Mata dikompres dengan mentimun

Cara lain untuk menjaga kesehatan pada bagian mata yaitu bisa juga dengan menggunakan irisan mentimun. Anda hanya perlu melakukan dengan cara menaruh irisan mentimun tersebut pada mata yang Anda ingin diberikan mentimun dengan waktu selama 10 menit. Mentimun memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya pembekakan dan juga mencegah terjadinya kantong mata yang timbul.

Tidak memakai lensa terlalu lama

Jika Anda menghindari pemakaian lensa sangat banyak manfaatnya namun jika ingin memaikainya sebaiknya jangan terlalu lama. Batas yang wajar untuk memakai lensa hanya bisa digunakan maksimal dengan waktu 8 jam namun jika sudah merasa kering pada mata Anda maka harus segera memberikan tetesan obat khusus untuk lensa. Keruasakan yang di sebabkan oleh lensa ini sudah permanen. Maka dengan menghindari pemakaian lensa bisa menjaga kesehatan mata dengan baik.

Mengurangi menggunakan tetes mata

Memang sangat nyaman jika mata Anda sedang sakit atau berwarna merah lalu diteteskan dengan obat mata. Namun jika memakai terlalu berlebihan bisa mengakibatkan risiko terjadinya kerusakan pada mata Anda. Jadi lebih baik mengurangi pengunaan tetes mata supaya tidak ada gangguan pada mata Anda.

Jangan duduk terlalu lama di depan komputer

Cara menjaga kesehatan mata dengan mudah yaitu dengan menghindari duduk di depan komputer terlalu lama karena bisa menyebabkan mata Anda merasa cepat lelah. Selain hal itu maka Anda juga perlu mengatur jarak antara mata dan layar komputer yang Anda gunakan. Anda juga harus bisa memastikan tentang kecerahan serta kontras pada layar sudah benar dan tepat. Jika mempunyai masalah dengan penglihatan maka jangan lupa untuk mengatur layar yang besar karena dapat membantu Anda menghindari dari rasa lelah dan capek.

Mengatur pencahayaan

Hal ini jika dilakukan untuk menghindari kerusakan terhadap namun tidak hanya pencahayaan pada layar handphone atau monitor saja karena pada pencahayaan dalam ruangan harus di control sesuai dengan kondisi mata Anda. Bisa juga menghindari bacaan yang berada pada bagian ruangan rumah Anda yang memiliki suatu pencerahan yang redup. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena jika tulisan apapun memiliki pencahayaan yang redup maka Anda perlu dengan konsentrasi melihatnya supaya bacaan terbaca dengan jelas.

Tidak boleh mengucek mata

Menjaga kesehatan mata yang sangat fatal yaitu dengan hal ini yang sering dilakukan oleh semua orang ketika mata sedang gatal ataupun kelilipan. Tentu saja akan reflek langsung dengan mengucek bagian mata Anda. Jika mengucek mata terlalu sering bisa mengakibatkan hal yag tidak baik namun apabila ada sesuatu yang sangat mengganjal di bagian mata. Hal ini bisa menyebabkan iritasi yang sangat berbahaya. Terlalu sering mengucek mata bukan cepat sembuh namun bisa membuat mata Anda tambah memerah dan bisa mengakibatkan iritasi sehingga terjadinya pendarahan.

Jika kalian tidak ingin terjadi masalah apapun pada mata maka harus perlu di rawat dengan baik pula. Jadi jika Anda sudah merasa gatal atau mata kelilipin jangan terlalu mengucek lebih baik memberikan obat ettes mata saja. Setelah memakainya maka berikan waktu untuk beristirahat dengan cara menutup mata dalam aktu beberapa menit.

Menggunakan kacamata di waktu yang tertentu

Untuk menjaga kesehatan mata Anda juga menggunakan kacamata dalam waktu tertentu dan bisa mengunakan jika berada di daerah yang berbahaya ataupun suatu tempat yang mengandung banyak kimia. Hal itu harus dijauhkan karena bisa mengakibatkan gangguan mata dan juga cidera pada bagian mata.

Sering mengistirahatkan mata

Jika Anda keseringan fokus pada objek yang terdekat saja maka harus bisa mengimbangi dengan melihat fokus pada objek yang jauh. Dengan melakukan hal itu dapat membantu Anda untuk merilekskan otot otot yang telah tegangt pada bagian mata. Anda bisa melakukan hal itu dengan cara teratur untuk bisa menghindari kerusakan pasda mata. Selain aturan itu Anda juga harus melakukan dengan cara sering mengedipkan mata atau juga bisa menutup mata dalam waktu sejenak supaya mata kamu tidak lelah.

Menjaga kesehatan mata dengan cara mengistirahatkan mata maka akan mempunyai risiko lebih sedikit untuk mempunyai kerusakan pada bagian mata. Selain itu untuk menjaga kesehatan pada bagian mata yang sudah dijelaskan di atas mempunyai manfaat yang sangat banyak yaitu salah satunya mata Anda bisa berkembang dengan baik dan juga sehat dalam setiap hari.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *