Wajib Tahu! Ini 8 Tips Sehat Wanita Hamil Yang Dapat Diterapkan Di Rumah

By

sumbersehat.com – Sangat penting bagi Ibu hamil untuk senantiasa menjaga kesehatannya. Hal ini karena kesehatan Ibu hamil juga dapat mempengaruhi kesehatan janinnya. Apabila kesehatan Ibu memburuk, maka bisa dipastikan hal ini juga akan berimbas pada kondisi janin. Tahukah Anda? Janin bahkan dapat tertular penyakit dari Ibunya. Oleh sebab itu, sebaiknya ikuti tips sehat wanita hamil yang akan dijelaskan berikut.

Salah satu cara guna menjaga kesehatan Ibu hamil dan bayi yang dikandungnya, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan melakukan pola hidup sehat dalam kehidupansehari-hari, Ibu hamil pun dapat melahirkan bayi yang sehat. Setidaknya ada beberapa kiat sehat Ibu hamil yang paling utama. Simak beberapa cara yang bisa Anda terapkan berikut ini!

tips sehat wanita hamil

Inilah Tips Sehat Wanita Hamil Yang Harus Diketahui

Menjaga kesehatan selama masa kehamilan merupakan hal mutlak untuk dilakukan. Mungkin hal ini tidak mudah dilakukan namun demi buah hati yang lahir dalam keadan sehat juga kesehatan sang Ibu, ini menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Meski demikian ini juga tidak boleh menjadi beban ya. Berikut ini ada 8 tips sehat wanita hamil yang dapat Anda terapkan sendiri di rumah.

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi selama masa kehamilan mampu mendorong perkembangan janin secara lebih optimal. Selain itu asupan makanan yang bergizi juga dapat membuat bayi lahir dengan berat yang cukup, dan mengurangi resiko cacat lahir. Inilah yang menjadi alasan mengapa mengonsumsi makanan bergizi menjadi tips sehat Ibu hamil yang paling pokok.

Di samping itu, dalam aspek kesehatan Ibu hamil, makanan bergizi akan mengurangi resiko anemia dan berbagai gejala kehamilan yang ditimbulkan, seperti morning sickness dan kelelahan. Mengonsumsi makanan bergizi juga akan membantu menyeimbangkan perubahan suasana hati yang umumnya sering terjadi selama masa kehamilan. Sehingga pada akhirnya akan melancarkan proses persalinan.

Contoh makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan antara lain makanan yang mengandung protein seperti telur, dada ayam, roti gandum, dan beras merah. Selain itu, Ibu hamil juga sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, kalsium, zat besi, lemak sehat, asam folat, dan zinc. Tips sehat wanita hamil lainnya yaitu hindari memakan daging setengah matang, jeroan, dan makanan cepat saji.

2. Meminum Vitamin Prenatal

Tips sehat wanita hamil selanjutnya adalah dengan rutin meminum vitamin prenatal. Meski sebenarnya nutrisi Ibu hamil dapat terpenuhi dari asupan makanan harian, namun vitamin akan memberikan nutrisi tambahan yang dIbutuhkan janin. Vitamin prenatal biasanya mengandung asam folat dari vitamin B. Asam folat sangat penting dalam perkembangan otak juga sumsum tulang belakang bayi.

Beberapa produk suplemen asam volat yang bisa Anda konsumsi adalah Folavit, Anelat, Avolat, Sundown Naturals Folic Acid, dan lain sebagainya. Namun, tentunya Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan vitamin apa saja yang benar-benar Anda butuhkan. Tips sehat Ibu hamil trimester pertama biasanya masih merasa mual jika meminum vitamin maka dapat mengunyah permen.

3. Tetap Berolahraga Dengan Rutin

Tips sehat wanita hamil berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Jangan mejadikan kehamilan sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Olah raga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh. Selain itu olah raga juga dapat memperkuat otot dan mengurangi stress saat hamil. Sempatkan untuk berolah raga selama 30 menit setiap harinya.

Ada banyak alternatif olah raga yang aman untuk dilakukan Ibu hamil. Namun tentu saja anda tidak perlu berolah raga yang berat. Anda dapat mencoba beberapa kegiatan fisik ringan seperti jalan santai, renang. Bahkan yoga pun umumnya masih aman dilakukan sepanjang usia kehamilan.

4. Hindari Rokok Dan Minuman Beralkohol

Tips sehat Ibu hamil muda berikutnya adalah dengan menghindari rokok dan menghentikan kebiasaan meminum minuman beralkohol. Seperti yang diketahui bersama, rokok sangat berbahaya utuk kesehatan. Apalagi merokok dan minum alkohol saat sedang hamil akan meningkatkan resiko bayi lahir prematur, lahir cacat, lahir mati, atau lahir dengan berat badan rendah.

5. Berusaha Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Tips sehat wanita hamil selanjutnya adalah dengan tetap menjaga berat badan yang ideal. Kenaikan berat badan Ibu hamil memang sagat mempengaruhi kesehatan Ibu dn bayi dalam kandungan. Namun, pertambahan berat badan harus menunjukkan perbaikan status gizi sang Ibu juga perkembangan janin. Jangan sampai Ibu kelebihan berat badan yang nantinya akan mengganggu kesehatan dan proses persalinan.

Berat badan berlebih saat hamil akan mengacaukan pola hidup sehat yang telah dijalankan sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter kandungan untuk mengetahui bagaimana cara menjaga berat badan ideal saat hamil. Dokter akan membantu menyusun rencana pola makan sehat yang benar sekaligus mencegah Anda dari komplikasi seperti diabetes gestasional.

6. Minum Air Yang Cukup

Tips sehat wanita hamil berikutnya adalah dengan tetap menjaga asupan air yang cukup dalam tubuh. Ini penting karena kecukupan asupan cairan yang cukup dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh termasuk ke dalam rahim. Di samping itu dengan rajin minum air putih juga akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah berbagai masalah kesehatan pada Ibu hamil.

Misalnya dehidrasi, anemia, sembelit, kelelahan, wasir, hingga infeksi saluran kemih. Usahakan anda meminum air 8-10 gelas dalam 1 har. Anda dapat menambahkan potongan strawberry, lemon atau jeruk nipis sebagai variasi agar tidak bosan sekaligus  untuk menambah kesegaran.

7. Istirahat Yang Cukup

Tips sehat wanita hamil selanjutnya adalah dengan cukup tidur. Pada umumnya Ibu hamil akan sulit tidur pada malam hari dan lebih mudah mengantuk di siang hari. Ini terjadi akibat adanya perubahan hormone dalam tubuh. Hal ini akan membuat anda menjadi kurang tidur padahal kurang tidur selama kehamilan dapat menyebabkan komplikasi seperti preeklamsia, juga resiko lahir caesar.

Karena itu segeralah tidur saat anda merasa lelah atau ngantuk. Apalagi banyak tidur juga dianjurkan untuk membantu proses persalinan lebih lancar dan menjaga kesehatan Ibu hamil. Jika Anda mengalami susah tidur Anda dapat mencoba mandi air hangat dan meminta pasangan untuk memijat tubuh Anda yang pegal-pegal sebelum tidur Anda juga dapat mengatur suhu dan cahaya dalam kamar senyaman mungkin.

8. Hindari Stress Yang Berlebihan

Tips sehat wanita hamil berikutnya adalah dengan menghindari stress. Stress berlebihan dapat menggangu kesehatan Ibu sekaligus mempengaruhi perkembangan bayi. Karenanya ceritakan hal-hal yang membebani pikiran anda  pada orang terdekat maupun pasangan agar semua beban pikiran dapat diminimalisir. Anda juga dapat mencoba teknik pernafasan dalam, yoga, dan meditasi untuk menghilangkan stress.

Nah, itu tadi tips sehat wanita hamil yang dapat Anda terapkan sendiri dirumah. Apabila Anda merasa kesulitan untuk menerapkan pola hidup sehat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jangan segan untuk meminta dsukungan dari pasangan,. Sehingga kehamilan pun tidak lagi menjadi beban dan terasa lebih ringan untuk dijalani. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar