7 Tips Sehat Usia 50 Tahun Keatas, Simak Penjelasannya!

sumbersehat – Wanita maupun pria yang memasuki usia 50 tahun pasti mengalami berbagai perubahan, yang paling kentara mulai dari perubahan fisik. Seperti contohnya fungsi otot dan ingatan yang menurun, kulit yang mulai keriput hingga susah menahan buang air kecil. Untuk itulah tips sehat usia 50 tahun keatas menjadi salah satu hal yang paling dicari banyak orang.

Jika Anda atau keluarga mulai memasuki usia 50 tahun janganlah khawatir. Hal ini dikarenakan para ahli menyatakan bahwa meskipun sudah memasuki usia 50 tahun namun Anda masih tetap bisa sehat. Diusia yang tak lagi muda Anda tetap bisa memiliki tubuh yang bugar dengan beberapa pedoman kesehatan yang akan kami paparkan.

tips sehat usia 50 tahun keatas

Inilah Tips Sehat Usia 50 Tahun Keatas

Meskipun memasuki usia yang mulai menua, Anda wajib menerapkan tips sehat usia 50 tahun keatas ini, di antaranya:

Asupan Kalsium dan Vitamin D Haruslah Menjadi Perhatian Utama

Usia 50 tahun manusia mengalami masa yang cukup rawan terutama dalam hal kesehatan. Hal ini dikarenakan ketika seseorang memasuki usia 40 tahun biasanya akan terjadi berbagai perubahan terutama pada lambung dan hormon. Perubahan tersebut mengakibatkan penyerapan kalsium dan vitamin D menjadi kurang baik.

Tips sehat usia 50 tahun keatas yang pertama kali diperhatikan ialah asupan makanan berupa kalsium dan vitamin yang masuk ke tubuh. Beberapa makanan yang direkomendasikan seperti sarden, bayam, produk susu rendah lemak hingga suplemen jika memang dibutuhkan.

Nah bagi Anda yang ingin mengonsumsi suplemen alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini dikarenakan jangan sampai suplemen yang Anda konsumsi justru membahayakan diri. Tidak semua orang membutuhkan asupan suplemen, jadi mengonsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya merupakan langkah yang tepat.

Perbanyak Asupan Vitamin B12 ke Dalam Tubuh

Asupan vitamin B12 ke dalam tubuh akan sangat membantu dalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Bahkan vitamin B12 sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak yang biasanya mulai menurun ketika memasuki usia 50 tahun. Daging ikan, hati sapi dan telur merupakan beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 cukup tinggi.

Namun, asam lambung akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia yang menyebabkan seseorang akan mengalami kesulitan dalam mencerna nutrisi. Tips sehat usia 50 tahun keatas dalam hal ini bisa Anda konsultasikan ke dokter agar tetap mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup. Dokter akan memberikan saran dan solusi yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Diet Mediterania untuk Usia 50 tahun Keatas

Banyak orang yang mencari cara diet untuk usia 50 tahun keatas agar badan tetap sehat dan ideal. Diet mediterania ini dianggap merupakan salah satu diet yang paling sehat, terutama dilakukan oleh para lansia. Pola makan dari diet ini yakni terdiri aneka sayuran, buah, kacang-kacangan, ikan, biji-bijian hingga lemak tak jenuh.

Sehingga tips sehat usia 50 tahun keatas ini bisa menjadi salah satu catatan penting bagi Anda yang ingin melakukan diet. Diet mediterania mengharuskan Anda mengurangi konsumsi daging merah serta aneka produk susu. Efeknya ialah akan membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Prinsip yang dianut diet ini juga tidak membatasi jumlah kalori dan lemak yang harus masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Namun Anda diharuskan untuk mengganti makanan dari yang kurang sehat menjadi makanan yang lebih sehat. Misalkan, jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi cemilan manis, maka harus diganti dengan cemilan yang lebih sehat seperti buah-buahan.

Asupan Zat Besi ke Dalam Tubuh Haruslah Mencukupi

Tips sehat usia 50 tahun keatas yang harus diperhatikan selanjutnya ialah mengenai asupan zat besi ke dalam tubuh. Apalagi untuk para wanita yang mula memasuki usia 50 tahun biasanya akan mengalami menopause. Ketika hal itu terjadi, kebutuhan zat besi tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh yang biasanya dikeluarkan saat haid.

Agar kebutuhan zat besi Anda tidak kekurangan maupun kelebihan ada baiknya konsultasikan dengan dokter. Kebutuhan zat besi yang cukup sangat bermanfaat bagi tubuh. Seseorang yang memiliki kelebihan zat besi di dalam tubuh akan berpotensi mengalami keracunan. Oleh karena itu, tetap perhatikan asupan gizi bagi tubuh.

Kurangi Konsumsi Garam

Pembuluh darah yang kaku dan keras akan sangat terasa bagi seseorang yang usianya sudah memasuki usia 50 tahun. Hal inilah yang mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah pada para lansia. Sehingga akan rentan terkena stroke, gagal jantung sampai yang paling fatal yaitu terkena serangan jantung. Maka, tips sehat usia 50 tahun keatas untuk menekan terjadinya berbagai risiko di atas ialah dengan cara mengurangi konsumsi garam.

Bagi Anda yang sudah memasuki usia 50 tahun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi masakan rumahan dengan kadar garam yang sedikit. Berbagai makanan olahan di luar sana kebanyakan mengandung garam yang cukup tinggi. Solusi lain sebagai pengganti garam dalam masakan, Anda dapat menambahkan berbagai rempah seperti jahe, kunyit dan lain-lain. Memasak sendiri di rumah juga lebih terjamin kebersihan serta nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Tetap Rutin Berolahraga

Kebanyakan orang yang sudah memasuki usia senja jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Padahal dengan tetap melakukan olahraga sangat berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Tips sehat usia 50 tahun keatas kali ini tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Di dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang tetap menggerakkan tubuh di usia senja sendi-sendinya lebih kuat.

Lebih menggembirakannya lagi, orang yang rutin melakukan olahraga maka akan terhindar dari risiko penyakit arthritis (radang sendi). Olahraga yang dilakukan oleh orang-orang yang memasuki usia 50 tahun ialah olahraga ringan saja. Seperti contohnya berjalan kaki di pagi hari selama 15-30 menit. Manfaat yang dapat dirasakan dari rutin jalan kaki setiap pagi ialah dapat membantu menguatkan otot dan juga sendi.

Konsumsilah Aneka Benas (Kacang-Kacangan)

Tips sehat usia 50 tahun keatas berikutnya ialah berkaitan dengan kacang-kacangan. Pasalnya ia merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Di Indonesia sendiri kacang-kacangan terbilang cukup murah dan sangat mudah ditemukan. Waktu mengonsumsi kacang-kacangan bisa pagi, siang bahkan malam sekalipun.

Kacang-kacangan sangat berguna dalam mengurangi kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ketika berusia 50 tahun keatas, risiko terkena diabetes dan kolesterol tinggi meningkat. Salah satu cara untuk menghindari kedua hal tersebut ialah dengan mengonsumsi kacang-kacangan, baik berupa sayur, bubur atau lainnya. Namun, jangan konsumsi berlebihan juga.

Itulah beberapa tips sehat usia 50 tahun keatas yang dapat Anda terapkan satu persatu di rumah. Apabila Anda merasa terlalu berat untuk melakukan semuanya sekaligus, maka pilihlah salah satu yang sekiranya menurut Anda paling mudah. Kemudian Anda bisa melanjutkan ke tips yang lain, sehingga hidup yang sehat di usia 50 tahun ke atas bukanlah angan semata.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

3 Cara Makan Tauge Untuk Kesuburan

Banyak Kandungan Gizinya! Yuk Simak 3 Cara Makan Tauge Untuk Kesuburan

Sayuran yang lebih banyak dikenal sebagai kecambah ini memiliki manfaat yang sangat kaya apabila dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *