5 Tips Sehat Saat Menstruasi Dengan Memilih Pembalut yang Tepat

By

sumbersehat.com – Tips sehat saat menstruasi harus dilakukan oleh kaum perempuan agar kewanitaan bersih dan tidak bermasalah. Banyak yang mengeluh gatal dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Nah, bisa jadi penyebab timbulnya masalah tersebut karena kebersihan saat menstruasi tidak dijaga serta penggunaan pembalut yang tidak tepat.

Saat tamu bulanan datang sebaiknya hindari  hal-hal yang dilarang saat menstruasi. Kebiasaan buruk tertentu tidak baik jika dilakukan saat menstruasi karena dapat membuat menstruasimu tidak nyaman. Bahkan dapat mempengaruhi kesehatan organ intim.

tips sehat saat menstruasi

Pengertian Menstruasi

Menstruasi memiliki pengertian proses keluarnya darah dari vagina. Hal ini terjadi sebab siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Proses tersebut merupakan persiapan tubuh wanita dalam menghadapi kehamilan yang ditandai dengan menebalnya dinding rahim (Endometrium). Nah, apabila tidak terjadi kehamilan maka endometrium akan melebur dan keluar bersamaan dengan darah melalui vagina.

Hal-Hal yang Dilarang Saat Menstruasi

Salah satu tips sehat saat menstruasi adalah menghindari kebiasan buruk yang dapat memicu masalah vagina. Misalnya minum kopi, begadang, melakukan waxing dan malas olahraga. Memang tidak mudah menghilangkan suatu kebiasaan yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, jika sedang menstruasi sebaiknya kamu kurangi. Merangkum dari beberapa sumber berikut ini hal yang dilarang saat haid.

1. Minum Kopi Secara Berlebihan

Kopi memang nikmat, khususnya pagi pecandu kopi. Sehari tidak minum kopi seolah ada yang kurang. Sah-sah saja minum kopi saat menstruasi asalkan tidak berlebihan. sebaiknya minum 1-2 gelas saja dalam sehari. Pasalnya jika berlebihan akan memperparah kondisi tidak nyaman ketika menstruasi. Seperti halnya kram dan kembung.

2. Begadang

Kebiasaan buruk begadang pada saat menstruasi dapat meningkatkan hormon stress atau hormon kortisol sehingga menstruasi terasa sangat menyiksa. Oleh karena itu, tips sehat saat menstruasi adalah memiliki tidur yang cukup. Setidaknya 7 jam dalam sehari. Agar tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup sehingga dapat beraktivitas dengan nyaman.

3. Melakukan Waxing

Ketika menstruasi sebaiknya tunda dulu untuk mencabut bulu atau waxing. Pasalnya saat menstruasi tubuh menjadi lebih sensitif dan mudah sakit. Apabila kamu melakukan waxing akan terasa lebih menyakitkan dan tidak nyaman. Tunggu hingga menstruasi selesai jika ingin waxing.

4. Malas Berolahraga

Selanjutnya, malas berolahraga adalah yang dilarang saat menstruasi. Sebab, exercise merupakan tips sehat saat menstruasi. Umumnya perempuan saat menstruasi malas untuk bergerak sehingga melewatkan olahraga di pagi hari. Tubuh terasa pegal dan kram saat menstruasi memang hal yang wajar. Untuk itu, hilangkan rasa malas dan berolahraga supaya tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

5. Melakukan Hubungan Intim

Larangan berhubungan intim saat menstruasi erat kaitannya dengan kesehatan organ tersebut. Sebab melakukan hubungan intim saat menstruasi dapat memicu terjadinya infeksi. Kelembapan organ intim sedang tinggi membuat virus dan jamur mudah berkembang biak dan berpindah tempat. Hal ini meningkatkan resiko terjadinya berbagai macam penyakit pada organ intim.

Menggunakan Pembalut yang Higeinis Saat Menstruasi

Pembalut merupakan benda yang penting saat tamu bulanan datang. Namun, pemilihan pembalut saat menstruasi tidak boleh sembarangan. Oleh karena itu harus memilih pembalut yang tepat. Memilih pembalut yang tepat termasuk salah satu Tips sehat saat menstruasi. Apabila kamu salah memilih pembalut saat menstruasi dapat mengakibatkan gatal dan iritasi. Berikut ini pembalut yang bisa kamu pakai saat haid:

1. Softex Daun Sirih

Softex daun sirih merupakan pembalut yang bisa kamu gunakan saat menstruasi. Desainnya yang lentur dan tipis dapat mengikuti bentuk tubuh penggunanya. Meskipun kamu bergerak aktif pembalut ini tidak akan berkerut dan tetap nyaman. Permukaannya lembut tidak membuat iritasi. Selain itu, mengandung aroma sirih yang segar khas daun sirih. Selain itu, kamu juga dapat cebok daun sirih saat menstruasi.

2. Nina Anion

Nina anion persembahan pembalut wanita dari PT. Bagus Group. Didesain secara tipis dan teknologi anion untuk memberikan kenyamanan maksimal saat menstruasi sehingga seperti tidak memakai pembalut. Lapisan atasnya terbiuat dari kapas yang halus dan lembut. Terdapat ekstrak mint yang memberikan sensasi dingin saat dipakai dan juga sebagai relaksasi

3. Whisper

Tips sehat saat menstruasi dengan memilih whisper sebagai pembalut sangat tepat. Hadir dengan duo protect system membuat pembalut dapat menyerap cairan lebih baik. Produk ini juga mampu melindungi dari kebocoran dari tepi serta ukurannya yang panjang membuat kamu tetap nyaman meskipun banyak aktivitas.

4. Charm

Charm salah satu pembalut wanita terpercaya merek dari Uni Charm Jepang pilihan tepat untuk menemani saat menstruasi. Salah satu dari beberapa varian persembahan charm yang bisa kamu coba adalah Charm Body Fit Maxi. Pembalut ini didesain dengan daya serap ekstra sehingga pembalut tetap kering meskipun sedang banyak. Ada dua pilihan yaitu wing dan non wing, kamu dapat menggunakan sesuai selera.

Tips Sehat Saat Menstruasi yang Wajib Kamu Lakukan

Sebagian orang saat mengalami periode menstruasi disertai dengan perubahan mood dan kram perut atau rasa tidak nyaman lainnya. Salah satu faktor yang menyebabkan ketidak-nyamanan tersebut adalah tidak menjaga kebersihan organ intim dan penggunaan produk yang tidak tepat. Untuk itu, ini tips sehat saat menstruasi supaya tetap nyaman.

1. Rutin Mengganti Pembalut

Tips sehat saat menstruasi yang pertama adalah rutin mengganti pembalut. Pasalnya, saat menstruasi darah dan cairan yang keluar dari vagina dapat menjadi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi dan iritasi. Dengan demikian, pembalut yang tak kunjung diganti dapat mengakibatkan bau dan infeksi sebab darah menstruasi. Sebaiknya ganti pembalut setidak setiap 3-4 jam sekali.

2. Membersihkan Vagina Secara Rutin

saat menstruasi membersihkan vagina wajib kamu terapkan. Cara Membersihkan miss v setelah haid yakni setiap selesai buang air kecil atau baung air besar bilas vagina dengan air. Lakukan dengan benar yaitu dari arah vagina menuju anus supaya  perpindahan bakteri dari anus ke vagina tidak teradi.

3. Gunakan Pakaian Dalam Yang Menyerap Keringat

Untuk menjaga kesehatan miss v sebaiknya biasakan memakai celana dalam berbahan katun yang mudah menyerap keringat dan tidak ketat. Itu, merupakan salah satu tips sehat saat menstruasi. Dengan memakai celana dalam menyerap keringat membantu menjaga vagina tetap kering sehingga  tidak mengakibatkan gatal di area vagina.

4. Menggunakan Pembersih Kewanitaan Dengan Bijak

Tips sehat saat menstruasi selanjutnya adalah menggunakan pembersih kewanitaan dengan bijak. Sebaiknya pilih pembersih yang tidak mengandung pewangi atau parfum. Sebab penggunaan parfum akan memicu kulit di sekitar vagina mengalami iritasi. Selain itu, hindari pemakaian larutan khusus pembersih vagina karena dapat mengganggu keseimbangan pH vagina.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Selain cara membersihkan alat reproduksi saat menstruasi dengan erhatikan pula asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini berpengaruh terhadap kesehatan vagina. Pola makan sehat yang kamu terapkan dapat membantu menjaga kesehatan vagina. Makanan yang dianggap baik untuk kesehatan vagina diantaranya ikan, buah beri, yogurt dan kacang-kacangan.

Bagi wanita vagina adalah salah satu organ yang sangat penting dijaga kesehatannya. Mulailah peduli dengan diri sendiri agar harimu terasa lebih nyaman. Dengan menerapkan tips sehat saat menstruasi yang bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan organ intim.

Tinggalkan komentar