10 Tips Sehat saat Hamil Muda yang Wajib Dipahami Bumil

sumbersehat – Tips sehat saat hamil muda menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Kehamilan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu, terutama bagi pasangan muda yang baru menikah. Hanya saja, sebagian besar wanita tidak menyadari kehamilannya saat masih muda atau pada usia Minggu pertama dan kedua.

Pada tahap ini memang sangat jarang kaum wanita menyadari. Pada awal kehamilan memang belum ada bayi dan embrio yang terlihat. Namun pada saat ini para wanita dapat mengecek dari periode menstruasi. Pada kehamilan awal, tubuh mulai bekerja lebih keras, sehingga anda harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan saat hamil. Berikut ini adalah beberapa tips sehat pada saat hamil muda.

Tips sehat saat hamil muda

Inilah Tips Sehat Saat Hamil Muda

Adapun cara menjaga kesehatan saat hamil adalah:

Mencukupi kebutuhan asam folat

Tips sehat saat hamil muda yang harus anda lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan asam folat. Pada saat hamil, tubuh bekerja lembur setiap hari. Ini membuat tubuh seseorang menjadi memerlukan banyak nutrisi. Oleh karena itu anda harus menyiapkan tubuh dengan selalu mengkonsumsi nutrisi baik seperti 400 mikrogram asam folat setiap harinya.

Banyak mengkonsumsi asam folat dapat memberikan dampak yang sangat baik untuk kehamilan. Apalagi anda mengkonsumsi asam folat dimulai pada bulan-bulan sebelum kehamilan. Manfaat yang diberikan menjadi lebih besar dan sangat baik untuk ibu dan bayinya. Dengan mengkonsumsi asam folat ini dapat mengurangi resiko cacat jantung bawaan, diabetes Gestasional serta persalinan prematur.

Konsultasi masalah obat ke dokter

Tips sehat saat hamil muda berikutnya adalah anda harus segera mengkonsultasikan masalah obat ke dokter. Penggunaan obat saat hamil memang sangat rentan. Oleh karena itu saat hamil anda harus benar-benar memperhatikan masalah penggunaan obat ketika sakit. Jangan sampai salah menggunakan obat dan mengakibatkan sesuatu yang fatal.

Menjauhi kebiasaan dan kegiatan merokok

Menjauhi kebiasaan dan kegiatan merokok juga merupakan suatu hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari kesalahan fatal dan tips sehat saat hamil muda. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan beberapa persoalan yang mengakibatkan sesuatu yang fatal pada kandungan.

Dengan merokok dapat merusak kesuburan dan membahayakan bayi yang sedang dikandung. Selain itu ketika anda merokok disaat waktu pembuahan dapat mengakibatkan resiko kehamilan ektopik. Sedangkan merokok ter-menerus dapat menyebabkan komplikasi kehamilan. Contohnya adalah implantasi abnormal atau pelepasan plasenta prematur.

Selalu lakukan kunjungan prakonsepsi

Tips sehat saat hamil muda berikutnya yang juga bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan kandungan adalah dengan mengunjungi prakonsepsi. Kunjungan prakonsepsi ini merupakan hal yang penting juga untuk anda lakukan saat hamil. Dengan ini anda akan mendapatkan informasi mengenai bahaya genetik, lingkungan,serta gaya hidup yang kemungkinan dapat membahayakan kesuburan calon bayi.

Saat anda akan melakukan konsultasi prakonsepsi ada beberapa hal yang harus anda persiapkan. Hal yang harus disiapkan tersebut seperti jenis alat kontrasepsi yang digunakan, siklus menstruasi,daftar obat-obatan yang sedang digunakan, kondisi kronis dan riwayat kesehatan keluarga.

Melakukan posisi seks yang aman

Tips dan cara menjaga kesehatan saat hamil bisa juga anda lakukan dengan memperhatikan posisi seks yang digunakan. Saat hamil muda posisi seks sebaiknya dilakukan dengan cara yang aman. Kebanyakan wanita berpikir posisi seksual tertentu dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Kenyataannya tidak demikian. Oleh karena itu anda dapat melakukan posisi seks apapun agar hal tersebut dirasa aman.

Selalu bersikap santai dan rileks

Tips sehat saat hamil muda berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan selalu bersikap santai dan rileks. Di masa-masa kehamilan seorang ibu sangat penting untuk memiliki pemikiran yang santai dan rileks. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu seperti yoga, meditasi, atau bisa juga dengan membaca buku.

Lakukan apapun yang dapat menghilangkan pikiran stress. Hal itu di karenakan wanita yang memiliki resiko stress tinggi memiliki kemungkinan hamil lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang santai, rileks, dan bahagia. Oleh karena itu anda harus selalu santai dan rileks pada masa-masa ini.

Memahami tanda-tanda ovolasi

Berikutnya tips sehat saat hamil muda yang juga bisa anda lakukan adalah dengan memahami tanda-tanda ovolasi.Tanda-tanda ovolasi sangat penting untuk anda perhatikan saat hamil muda ataupun sebelumnya. Saat memahami hal ini anda dapat dengan mudah menjaga proses kehamilan anda tanpa sesuatu apapun.

Mengkonsumsi makanan sehat

Selain cara menjaga kesehatan saat hamil di atas, ada beberapa tips sehat saat hamil muda yang bisa anda lakukan. Adapun tips tersebut adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Saat hamil muda kebutuhan nutrisi semakin banyak. Berbeda dengan ketika belum hamil, oleh karena itu saat hamil anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Makanan sehat yang harus banyak dikonsumi adalah seperti sayuran dan buah-buahan. Konsumsi buah dan sayur secara seimbang dan berkala, selain itu anda juga tidak boleh melupakan nutrisi lain seperti protein, vitamin dan yang lainnya.

Berolahraga ringan

Agar bisa sehat saat hamil mudah hingga proses melahirkan anda juga harus melakukan olahraga ringan. Walaupun dalam keadaan hamil, olahraga merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Tidak usah olahraga berat, saat hamil anda bisa melakukan olahraga ringan sesuai kemampuan yaitu seperti yoga, meditasi dan senam yang santai.

Dengan rutin melakukan kegiatan olahraga tubuh anda akan terasa lebih sehat dan tentunya bayi yang ada di dalam kandungan pun demikian. Tips sehat saat hamil muda dengan melakukan olahraga memang sangat penting untuk dilakukan. Selain menyebabkan badan sehat, dengan berolahraga juga bisa mempermudah proses persalinan.

Tidak bekerja terlalu keras

Tips sehat saat hamil muda selanjutnya yang perlu anda lakukan dan perhatikan adalah dengan tidak bekerja terlalu keras. Melakukan pekerjaan yang terlalu berat, tidak hanya membuat badan terasa capek namun juga dapat membahayakan janin yang ada di dalam kandungan dan memperbesar resiko keguguran. Oleh karena itu bagi anda yang sedang hamil usia muda harus memperhatikan kegiatan yang dilakukan.

Dengan melakukan tips sehat saat hamil muda di atas anda bisa merasa lebih aman dan nyaman selama proses kehamilan. Cara menjaga kesehatan saat hamil memang sangat penting untuk diperhatikan, apalagi bagi mereka yang sedang menjalani proses kehamilan pertama kalinya. Dalam menjalani diperlukan pengetahuan yang matang serta bimbingan yang benar agar kondisi kandungan selalu dalam keadaan baik.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tips sehat saat hamil muda. Semoga dengan informasi yang kami berikan anda bisa menjaga kehamilan anda hingga proses melahirkan tanpa suatu kendala apapun. Jika anda benar dalam melakukan tips-tips diatas, sangat tipis kemungkinan anda berada dalam masalah. Selain tubuh anda yang sehat, janin yang ada di dalam kandungan juga bisa terjamin kesehatannya.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan mampu menghantarkan anda keproses melahirkan yang normal dan aman. Terima kasih atas perhatiannya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *