Tips Sehat Ibu Hamil 7 Bulan: Konsumsi Makanan Bergizi Ini!

By

sumbersehat.com – Tips sehat ibu hamil 7 bulan menjadi hal yang paling penting untuk diketahui. Hal ini karena biasanya saat memasuki masa kehamilan trimester ketiga, ibu hamil harus sudah mempersiapkan beberapa hal. Salah satu persiapan untuk masa kehamilan yang semakin dekat dengan persalinan adalah dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.

Jika biasanya Anda sebagai ibu hamil mengonsumsi makanan yang diidamkan pada saat trimester kedua, maka hal tersebut akan berbeda di trimester ketiga. Jika ibu hamil menginginkan kondisi bayi yang kuat dan sehat, maka jagalah asupan makanan yang dikonsumsi. Mengingat hal itu, salah satu tips sehat ibu hamil 7 bulan yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga asupan makanan.

tips sehat ibu hamil 7 bulan

Pilihan Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi ibu hamil saat trimester ketiga atau 7 bulan kehamilan.

Sayuran Hijau

Kehamilan 7 bulan yang sehat bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau tersebut bisa berupa sawi dan bayam yang tentu saja mengandung vitamin K di dalamnya. Vitamin K ini sangatlah berperan aktif dalam proses pembekuan darah secara normal di dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin K, maka ibu hamil akan terhindar dari pendarahan yang berlebih saat proses melahirkan. Tidak hanya itu, vitamin K juga mampu membantu pembentukan tulang pada bayi dan menjadi sumber serat yang berpotensi mencegah terjadinya konstipasi. Selain itu, adanya vitamin K juga mampu melancarkan proses pencernaan.

Buah-buahan

Tips sehat ibu hamil 7 bulan yang lainnya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Ibu hamil dapat mengonsumsi buah-buahan seperti anggur, melon, dan delima yang memiliki banyak kandungan vitamin K. Namun, jika Anda menginginkan asupan vitamin C yang cukup, maka konsumsilah buah-buahan seperti jeruk dan juga lemon. Hal tersebut dapat memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi. Oleh karena itu, jika Anda sedang hamil 7 bulan, maka konsumsilah buah-buahan tersebut sebagai camilan.

Oatmeal

Cemilan sehat ibu hamil 7 bulan yang bisa dikonsumsi lainnya adalah oatmeal. Hal ini karena oatmeal termasuk ke dalam salah satu sumber alami asam folat. Asam folat inilah yang berperan penting dalam tumbuh kembang bayi yang ada di dalam kandungan. Selain itu, asam folat juga memberikan pencegahan terjadinya cacat tabung saraf.

Namun, roti yang terbuat dari gandum juga termasuk ke dalam makanan dalam tips sehat ibu hamil 7 bulan. Ingatlah untuk mengolahnya dengan baik karena hal tersebut bertujuan untuk menjaga kandungan serat di dalamnya. Memanggang roti bisa menjadi alternatif dalam mengolahnya.

Ikan dan Minyak Ikan

Mengonsumsi ikan dan minyak ikan merupakan salah satu tips sehat ibu hamil 7 bulan yang bisa dilakukan dan dipraktikkan. Hal ini tentu saja ada kaitannya dengan perkembangan dan juga kecerdasan otak bayi di dalam kandungan. Ibu hamil dapat mengonsumsi ikan berlemak, salah satunya ikan tuna. Ikan tuna ini sangat direkomendasikan karena memiliki kandungan DHA yang banyak dan baik bagi si kecil.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Siapa bilang kalau kacang-kacangan dan biji-bijian tidak termasuk ke dalam tips sehat ibu hamil 7 bulan? Keduanya bisa berupa kacang hitam, biji gandum, kacang almond, dan biji labu yang tentunya memiliki kandungan magnesium yang melimpah. Tidak hanya itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung mineral yang mampu mencegah kram di kaki dan menghindarkan persalinan yang prematur.

Telur dan Daging Merah

Selanjutnya, tips sehat ibu hamil 7 bulan yang lainnya adalah dengan mengonsumsi telur dan daging merah. Daging merah ini memiliki peran penting untuk memberi asupan protein dan mengandung zat besi yang penting sekali bagi ibu hamil. adanya mineral juga mampu mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Sedangkan telur juga memiliki kandungan protein dan asam amino yang membantu pertumbuhan janin dengan baik dan lancar.

Susu

Semua orang sudah mengetahui manfaat susu yang baik sekali bagi kesehatan. Hal itu pun memberi dampak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Maka dari itu mengonsumsi susu dan produk olahannya termasuk ke dalam tips sehat ibu hamil 7 bulan yang direkomendasikan. Hal ini karena susu memiliki kandungan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kalsium inilah yang yang akan menyempurnakan pembentukan sistem rangka janin dan struktur tulang.

Tips Sehat Ibu Hamil 7 Bulan

Setelah mengetahui jenis makanan dalam tips sehat ibu hamil tua, selanjutnya akan dipaparkan mengenai hal-hal penting lainnya. Di bawah ini beberapa kegiatan yang harus ibu hamil lakukan saat masa kehamilan memasuki masa trimester ketiga. Mau info kesehatan terkini? simak juga qsehat.com.

Memantau secara Rutin Pergerakan Bayi

Pergerakan bayi akan semakin intens di trimester ketiga. Oleh karena itu, salah satu tips sehat ibu hamil 7 bulan yang lainnya adalah memeriksanya secara rutin. Anda dapat menghitungnya setelah mengonsumsi makanan atau minuman. Sebagai ibu hamil, Anda harus memiliki naluri yang kuat, sehingga bisa menjaga si kecil dan diri Anda sendiri. Memang tidak mudah melalui kondisi hamil, tapi dengan niatan yang tulus, pasti Anda bisa!

Mengetahui Perubahan Tubuh yang Dialami Ibu Hamil

Hal ini juga penting untuk diketahui karena termasuk ke dalam salah satu tips sehat ibu hamil 7 bulan. Pada masa tersebut, berat badan akan naik sekitar 8-11 kg dan akan mengalami konstipasi, sehingga menyebabkan buang air tidak teratur, sakit perut, dan keluhan tinja keras. Oleh karena itu, dalam keadaan ini, pastikan ibu hamil untuk benar-benar menjaga kesehatannya.

Mengatur Posisi saat Tidur

Tips sehat ibu hamil 7 bulan yang lainnya adalah dengan mengatur posisi tidur sebaik mungkin. Hal ini disebabkan oleh perut ibu hamil yang kian membesar setiap harinya. Posisi tidur yang baik ini bertujuan agar ibu hamil dapat beristirahat dengan maksimal. Anda sebagai seorang ibu hamil dianjurkan untuk berbaring menyamping ke kiri. Lalu selipkan bantal di antara kedua kaki dan juga sanggalah perut dengan bantal yang lain.

Menggunakan Penyangga Perut (Belly Wrapping)

Seorang ibu hamil yang memasuki trimester ketiga pasti akan memiliki keluhan sakit di bagian punggung. Hal ini merupakan hal biasa karena hampir semua ibu hamil mengalaminya. Penyebabnya adalah karena keadaan perut yang semakin membesar dan usia kehamilan yang sudah memasuki bulan ketujuh.

Tips sehat ibu hamil 7 bulan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan penyangga perut atau yang biasa disebut belly wrapping. Hal ini bisa dilakukan dengan melilit perut dengan kain untuk menopang beban tubuh dan membuat pergerakan ibu hamil menjadi lebih seimbang. Hal ini pun dipercaya mampu mengurangi nyeri di bagian perut.

Itulah beberapa tips sehat ibu hamil 7 bulan yang bisa Anda praktikkan. Dalam masa kehamilan, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi Anda dan bayi yang ada di dalam kandungan. Janganlah melakukan hal-hal yang berlebihan dan membahayakan. Tetap turuti anjuran dokter agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan komentar