Tips Menerapkan Diet Sehat untuk Remaja yang Perlu Dijadikan Kebiasaan Menyehatkan

Tips Menerapkan Diet Sehat untuk Remaja yang Perlu Dijadikan Kebiasaan Menyehatkan – Berat badan berlebih sering kali menjadi perhatian khusus bagi orang yang memperhatikan penampilan dan juga kesehatan. Begitu pula dengan para remaja yang tak ketinggalan terobsesi untuk memiliki bentuk badan ideal. Bentuk ideal dan proporsional tubuh seringkali mempunyai patokan pada angka yang terlihat di mesin timbangan.

Para remaja menganggap jika berat badan adalah hal khusus yang perlu dijaga, supaya membuat kepercayaan diri bertambah dan tidak minder dalam pergaulan. Obesitas yang dialami remaja kebanyakan diakibatkan kurangnya aktivitas fisik atau terlalu banyak konsumsi jajanan dan minuman tak sehat. Parahnya banyak remaja yang ingin makan banyak tapi malas makan sehat dan bawa bekal sendiri.

diet sehat untuk remaja
diet sehat untuk remaja

Padahal cara ini sangat penting agar berat badan lebih terkontrol dan terjaga. Jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal, tentu remaja harus berkomitmen dalam menjalankan diet Nah, jika belum paham bagaimana diet yang sehat dan tepat, berikut ini tips diet sehat untuk remaja yang bisa anda coba.

Tips Diet Sehat untuk Remaja

Berhenti makan makanan tak sehat

Berhenti konsumsi makanan tak sehat menjadi tips pertama yang harus dilakukan dalam program diet sehat untuk remaja. Ada berbagai jenis makanan tak sehat yang seringkali dikonsumsi remaja, meliputi makanan yang tinggi gula, lemak jahat, serta kadar kalori tinggi. Makanan yang mengandung nutrisi tersebut seperti makanan gorengan atau berminyak, makan-makanan yang berasa manis, serta mengandung gula buatan dalam kadar tinggi.

Dan jarang diketahui pula, jenis makanan lain yang mengandung sodium mampu menyebabkan kegemukan. Makanan tersebut dapat mengganggu proses metabolisme dalam pembakaran lemak, contohnya seperti snack dan makanan instan yang memagandung garam dan makanan berpengawet kimia.

Sediakan cemilan sehat selalu di tas

Mengonsumsi makanan sehat menjadi kunci utama yang bisa dijadikan tips diet sehat untuk remaja. Maka dari itu, selalu sediakan cemilan sehat di tas anda ke mana pun pergi dan hindari beli makan di luar. Tentu hal ini akan sangat menunjang berat badan anda menurun dengan cepat dan mudah, tanpa anda harus menahan rasa lapar yang muncul saat bepergian. Berbagai jenis makanan yang bisa anda bawa sendiri contohnya salad buah dan sayur, umbi-umbian rebus, kacang-kacangan, jeli tanpa gula, air putih dan madu, infused water, dan lain sebagainya.

Hindari mengonsumsi makanan dan mengemil di malam hari

Tips menurunkan berat badan melalui program diet sehat bagi para remaja selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi makanan ataupun cemilan di malam hari menjelang tidur. Akan lebih baik jika anda membatasi jam makan malam kurang lebih 2 atau 3 jam sebelum beranjak ke tempat tidur. Namun jika anda benar benar merasa lapar di malam hari dan terpaksa harus makan, sebaiknya pilihlah makanan yang rendah gula dan lemak. Contohnya seperti sedikit buah ataupun susu yang rendah kalori dalam porsi secukupnya.

Jangan abaikan waktu sarapan

Kebanyakan remaja seringkali mengabaikan waktu sarapan, bahkan tak jarang melewatkannya di pagi hari dengan berbagai alasan diet sehat untuk remaja. Padahal melewatkan bisa membuat remaja kurang bisa fokus dan berkonsentrasi saat belajar di sekolah.

Ditambah lagi, melewatkan sarapan juga akan berdampak buruk bagi kondisi tubuh yang menyebabkan lemas dan tidak bersemangat. Tak jarang, remaja yang melewatkan sarapan beresiko pingsan saat di sekolah karena merasa lemas. Malah bila perlu, Anda menambahkan asupan nutrisi sarapan dengan bahan makanan yang menyehatkan dan tercukupi nutrisinya.

Atur pola makan yang baik

Pengaturan pola makan menjadi cara efektif yang dapat dilakukan dalam memaksimalkan program diet sehat untuk remaja dengan tepat. Remaja bisa memilih makanan sehat yang berasal dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, ataupun makanan yang rendah lemak dan gula untuk konsumsi setiap hari. Pastikan juga untuk menghindari makanan cepat saji yang biasa dikonsumsi saat jam istirahat ataupun ketika jalan jalan bareng teman.

Makanan tak sehat tersebut seperti dalam kemasan instan, makanan manis, berlemak, kalori tinggi, serta tinggi gula di dalamnya. Selain mengatur pola makan dengan memilih jenis makanan, sangat penting juga mengatur ketepatan waktu makan, frekuensi, serta porsi dan menu yang tepat untuk dikonsumsi.

Buat rencana dan target yang masuk akal

Apakah anda memiliki target diet sehat untuk remaja dengan menurunkan sekitar 5 kg atau lebih dalam satu bukan? Jika ya, sebaiknya hindari target atau rencana penurunan berat badan tersebut saat diet. Karena di usia remaja, target diet haruslah dibuat secara bertahap dengan penurunan yang cukup pelan.

Tujuannya adalah supaya tidak mengganggu pertumbuhan dan aktifitasnya selama sepanjang hari. Pastikan juga rencana atau target bersifat realistis, misalkan saja untuk menurunkan berat badan 2 kg dalam satu minggu. Pastinya, target ini sangat masuk akan dan tidak menyiksa diri remaja yang masih membutuhkan banyak asupan nutrisi.

Buat perencanaan pilihan menu diet sehat dengan nutrisi seimbang

Untuk menjalankan program diet sehat untuk remaja, sebaiknya pilihlah menu yang sehat dan memiliki nutrisi seimbang untuk dikonsumsi. Buatlah menu dalam satu minggu atau satu bulan dengan perencanaan yang tepat sesuai kebutuhan nutrisi tubuh. Hindari memilih menu yang hanya anda sukai dan itu itu saja.

Hal ini beresiko membuat anda justru kekurangan gizi akibat kurangnya variasi bahan makanan dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sebaiknya, hindari juga untuk tidak memasukkan menu seperti lemak tinggi, gula, pengawet, serta berkalori tinggi. Fokuslah hanya pada jenis makanan yang menyehatkan dan menunjang bentuk badan ideal.

Cukupi waktu tidur harian

Tips diet sehat untuk remaja yang cukup penting, namun sering dilewatkan adalah tidur cukup. Padahal hal ini akan sangat membantu anda dalam penurunan berat badan, terlebih setelah seharian berpikir keras di sekolah. Dengan istirahat cukup di malam hari, metabolisme dan kinerja tubuh akan lebih optimal dan membuat anda lebih bersemangat di pagi harinya. Jika perlu, cukupi kebutuhan tidur di siang hari setelah pulang sekolah. Misalnya saja satu jam untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktifitas dan belajar.

Bergerak aktif

Cara melakukan diet untuk remaja selanjutnya adalah dengan selalu bergerak secara aktif, demi pembakaran lemak yang lebih optimal. Meski tidak melakukan olahraga secara rutin, tapi setidaknya anda bisa lebih aktif bergerak saat di sekolah. Hindari hanya duduk duduk saja di jam olahraga, ataupun hanya tiduran dan makan di jam istirahat.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Akan lebih baik jika anda jalan jalan atau pun bermain di waktu istirahat tersebut. Jika jarak rumah ke sekolah tak terlalu jauh, anda juga bisa nih jalan kaki ataupun naik sepeda sekali sekali. Dengan begini, tanpa berolahraga pun anda sudah cukup membuang kelebihan lemak di tubuh saat diet sehat untuk remaja.

Menurunkan berat badan melalui diet sehat untuk remaja sangat boleh dilakukan, asal melalui tips dan cara yang tepat. Karena pada dasarnya, usia remaja masih membutuhkan banyak asupan nutrisi yang mendukung pertumbuhan tubuhnya. Maka dari itu, mengetahui tips seperti yang dijelaskan di atas sangatlah penting supaya remaja menerapkan diet dengan cara tepat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *