Tips Mendapatkan Tubuh Sehat dan Ideal

Apakah kamu saat ini tengah mencari tips mendapatkan tubuh sehat dan ideal? Memiliki tubuh dalam kondisi sehat dan berat yang ideal pastinya sangat diharapkan oleh banyak orang. Karena jika tubuh dalam kondisi tersebut, mereka akan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, sistem metabolisme dan organ tubuh juga akan bekerja secara maksimal. Namun faktanya, beberapa orang cukup sulit untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat dengan berat ideal.

Karena seringkali berat badan justru makin meningkat dan cenderung mudah sakit. Jika sudah begini, tentu kamu harus mencari cara dan melakukannya cukup keras biar tubuhmu kembali sehat bukan? Apalagi berat tubuh yang ideal juga dianggap sebagai salah satu kunci untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang baik. Nah, pengen tahu bagaimana melakukannya agar lebih maksimal dan hasilnya terasa pada tubuh? Kamu bisa nih mengikuti tips berikut ini demi mendapatkan kesehatan yang diinginkan.

Tips menjaga tubuh sehat

tubuh sehat
tubuh sehat

1. Cukup istirahat

Bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas di siang hari, tentu memaksimalkan waktu istirahat sangatlah penting demi mendapatkan tubuh sehat. Apalagi jika kegiatanmu seharian tersebut cukup menguras banyak energi dan pembakaran lemak. Sebaiknya luangkan waktu istirahat di siang hari di sela-sela kesibukanmu agar tenaga tidak terlalu terforsir cukup drastis. Sementara untuk kegiatan Istirahat di malam hari usahakan agar tidak terlalu malam, supaya kamu bisa bangun di pagi hari. Karena idealnya jam tidur seseorang adalah 7 hingga 8 jam per hari, dihitung dari tidur siang dan juga tidur malam.

2. Kurangi memakan cemilan yang tidak sehat

Pernahkah kamu menjumpai seseorang yang sudah membatasi konsumsi makanan berat dan mengurangi frekuensi makan, tetapi berat badannya tetap berlebih? Salah satu penyebabnya adalah karena aktivitas mengonsumsi cemilan atau makanan ringan di sela-sela jam makan. Terlebih jika kamu mengonsumsi cemilan tidak sehat seperti junk food, makanan instan, dan juga gorengan. Jenis makanan tersebut mengandung lemak dan kalori dalam kadar yang cukup tinggi, sehingga tanpa disadari membuat berat badan makin naik. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi makanan ringan atau cemilan yang sehat seperti buah-buahan.

3. Ganti lemak jenuh dengan lemak sehat

Lemak jenuh adalah jenis lemak yang tidak baik bagi tubuh dan bisa menjadi penyebab penumpukan lemak. Biasanya, lemak jenuh ini terdapat pada jenis makanan tidak sehat seperti gorengan, makanan kemasan, dan sebagainya. Mengonsumsi makanan berlemak seperti ini memang akan membuat selera makan meningkat. Karena efek yang dihasilkan oleh lemak trans seperti ini adalah rasa gurih yang membuat seseorang ingin makan lagi dan lagi. Sebaiknya hindari jenis lemak tak baik agar mendpaatkan tubuh sehat dan berat badan tetap ideal.

Meski sebenarnya lemak juga sangat diperlukan untuk metabolisme. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu mengganti konsumsi lemak tidak sehat tersebut dengan lemak yang lebih sehat. Contohnya seperti mengkonsumsi kacang-kacangan, minyak kelapa, alpukat, dan bahan makanan lain yang didapatkan dari tumbuh-tumbuhan. Tentu saja jenis makanan dengan lemak baik tersebut, tidak akan menyebabkan penumpukan lemak jika dikonsumsi dalam batas wajar.

4. Perbanyak konsumsi air mineral

Apakah kamu adalah seseorang yang suka mengonsumsi minum-minuman yang berasa di lidah? Padahal air mineral adalah jenis minuman terbaik dan membuat tubuh sehat. Air mineral juga bisa mengendalikan rasa lapar berlebihan dan keinginan untuk terus-terusan mengonsumsi makan. Hal ini karena air putih tidak mengandung gula, sehingga aman dan menjadikan tubuh lebih sehat. Sedikitnya, seseorang perlu mengonsumsi air mineral 8 gelas per hari yang bisa disesuaikan dengan berat badan, suhu, serta jenis aktivitas.

5. Lebih banyak bergerak

Terlalu banyak tidur dan berdiam diri ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh. Hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti susah buang air besar atau BAB, gangguan tidur, ataupun stres. Bahkan kurang bergerak juga bisa membuat tubuh menjadi lemah, karena tidak terbiasa untuk melakukan aktivitas yang berat. Padahal banyak bergerak bisa membuat tubuh lebih banyak untuk melakukan pembakaran lemak.

Nah, pergerakan untuk pembakaran lemak ini tidak harus kamu lakukan dengan melakukan work out, treadmill, ataupun cardio loh. Kamu juga melakukan kegiatan-kegiatan ringan seperti berjalan kaki, lari-lari kecil, push up, squad, dan sebagainya. Atau jika hobi melakukan permainan olahraga, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk pembakaran lemak. Contohnya saja seperti futsal, sepak bola, basket, voli, bulutangkis, ataupun bersepeda secara rutin demi tubuh sehat.

6. Hindari mengonsumsi minuman kemasan setiap hari

Tahukah kamu bahwa minuman bersoda mengandung tinggi gula dan kalori yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan tanpa disadari? Kandungan tersebut juga bisa memicu munculnya rasa lapar di sepanjang hari, meski anda sudah mengonsumsi makanan. Selain minuman bersoda, kamu juga perlu nih menghindari minuman berperisa lainnya. Karena percuma jika kamu sudah makan makanan sehat dan rajin olahraga, tapi tetap mengonsumsi minuman tidak sehat tersebut. Pastinya usahamu akan sia-sia dan tidak memberikan hasil yang memuaskan bukan?

7. Jadwalkan hari bebas atau cheating day

Sebenarnya tidak ada yang salah jika kamu ingin memakan makanan yang tidak sehat seperti makanan berlemak, gula tinggi, ataupun makanan instan. Hanya saja kamu tetap tidak bisa mengonsumsinya setiap hari jika menginginkan tubuh sehat. Maka dari itu, buatlah jadwal hari bebas atau hari curang seminggu sekali ataupun dua minggu sekali. Di hari itu kamu bisa mengonsumsi jenis makanan apapun tanpa harus khawatir berat badan naik. Kamu bisa mengunsumsi makakan yang sebelumnya justru kamu hindari loh.

Tapi ingat untuk selalu mengonsumsi makanan tersebut dalam posisi wajar dan tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk kembali menerapkan pola makan yang sehat di hari berikutnya. Kamu pasti tidak ingin bukan berat badanmu makin melar hanya karena ingin makan-makanan tak sehat? Makanya, selalu berhati-hatilah dalam menerapkan cheating day selama ingin menjaga pola hidup yang lebih sehat. Jika merasa belum bisa berkomitmen dengan pola makan sehat, sebaiknya hindari deh melakukan cheating day.

Artikel lainnya bisa simak disini.

8. Memilah-milah jaringan pertemanan

Lingkup pertemanan memiliki pengaruh penting dalam menentukan kualitas dan tubuh sehat yang diharapkan. Pasalnya ketika berada di lingkungan yang terbiasa melakukan pola hidup sehat, kamu pasti akan terbiasa mengikuti polanya. Begitupun sebaliknya jika kamu berada di lingkungan yang mayoritas orangnya mengikuti pola hidup tak sehat. Sebagai contoh jika kamu memiliki teman yang hobi kuliner dan suka makan makanan tak sehat, mau tidak mau kamu pasti bakal mengikutinya bukan? 

Oleh karena itulah mengapa memilih lingkup pertemanan menjadi hal penting buat mewujudkan hidup dan tubuh sehat. Bayangkan jika saat ini kamu ingin menerapkan hidup sehat tapi teman-temanmu ngga mendukung. Alih-alih berhasil, justru pola hidupmu akan makin berantakan. Sebaiknya pilihlah pergaulan yang mendukung keinginanmu. Setidaknya mereka akan selalu mengingatkan ketika kamu mulai memberikan celah untuk makanan tak sehat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat lidah buaya untuk wanita

6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wanita dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

sumbersehat.com - Manfaat lidah buaya untuk wanita tidak main-main. Wanita secara alaminya memang ingin selalu tampil cantik dan mulus. Tidak hanya di depan suami bagi yang sudah menikah. Kecantikan alami yang selalu dikejar dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *