6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan medical check up. Salah satu penyebabnya dikarenakan perlunya hasil pemeriksaan kesehatan ini dalam mendaftarkan diri di suatu institusi maupun pekerjaan tertentu.

Akan tetapi, fenomena ini juga diikuti banyaknya masyarakat yang mengalami kegagalan saat mengikuti medical check up. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan dalam medical check-up. Salah satunya adalah kondisi tubuh yang memang tak fit maupun kondisi alat di beberapa rumah sakit yang kurang akurat. Oleh karena itu, di bawah ini terdapat beberapa tips yang pastinya membantu anda untuk lolos 100%.

tips medical check up
medical check up

Apa itu medical check up?

Bagi anda yang belum tahu, medical check up adalah sebuah pemeriksaan yang dilakukan untuk menguji kondisi tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan dan fungsi organ tubuh. Medical check up berfungsi untuk mengatasi atau mengidentifikasi apabila ada gejala suatu penyakit dalam tubuh dengan lebih dini.

Sementara itu, di beberapa institusi seperti akademi angkatan laut, darat, atau sekolah khusus taruna, maka medical check up termasuk sebagai salah satu tes yang harus dilalui. Bahkan di beberapa pekerjaan pun diperlukan sebagai persyaratan yang harus ditempuh. Melihat banyaknya masyarakat yang mengikuti tes ini, maka sangat diperlukan tips medical check up khususnya bagi masyarakat awam.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan menyeluruh ini bertujuan agar lingkungan pekerjaan terbebas dari virus atau bakteri dan menjamin kesehatan setiap karyawan atau peserta didik agar dapat bekerja atau belajar secara maksimal.

Inilah Tips Medical Check Up

Ada beberapa cara medical check up yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah:

1. Istirahat yang cukup

Medical check up berfungsi untuk mengetahui kesehatan tubuh anda secara menyeluruh, jadi salah satu tips medical check up adalah beristirahat dengan cukup agar pada saat dilakukan kegiatan medical check up, tubuh anda berada dalam kondisi optimal.

Pastikan tubuh anda mendapatkan waktu istirahat yang seimbang dengan pekerjaan yang anda lakukan. Jam tidur juga perlu diperhatikan, yakni selama kurang lebih 6-8 jam dalam sehari.

2. Sarapan sehat

Sebenarnya bukan hanya sarapan yang harus anda jaga, melainkan juga pola makan yang harus sehat dan sesuai dengan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Menu 4 sehat 5 sempurna atau mengurangi konsumsi karbohidrat apabila tubuh anda berada di luar batas wajarnya juga perlu diterapkan.

Melihat waktu tes yang biasanya dilaksanakan pada pagi hari, maka tips medical check up yang anda harus terapkan adalah sarapan yang sehat. Berikan tubuh anda asupan nutrisi yang secukupnya dan jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin, baik dalam bentuk kapsul atau makanan seperti sayur dan buah-buahan.

3. Hindari alkohol dan narkoba

Hal yang paling penting selanjutnya adalah menghindarkan diri anda dari jerat narkotika serta alkohol. Di beberapa belahan dunia, bahkan daerah di Indonesia khususnya di wilayah dataran tinggi, alkohol dikonsumsi sebagai salah satu minuman penghangat tubuh. Namun, bagi anda yang hendak melakukan medical check up, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi alkohol.

Jangan konsumsi selama kurang lebih seminggu sebelum melakukan medical check up, karena dapat mengakibatkan kesalahpahaman dalam menganalisis fungsi beberapa organ di dalam tubuh, khususnya ginjal. Tak hanya alkohol, salah satu tips medical check up yang harus anda perhatikan adalah konsumsi narkotika.

Mungkin beberapa dari anda tidak menyadari adanya kandungan narkotika dalam obat yang biasanya anda konsumsi. Perlu anda ketahui beberapa obat penenang dan obat tidur, biasanya mengandung sebuah zat yang seringkali disalahgunakan sebagai narkotika. Obat-obat inilah yang harus anda waspadai, bukan hanya bentuk-bentuk narkotika secara gamblang lainnya.

4. Perbanyak minum air putih/air mineral

Berikutnya, tips medical check up adalah minum banyak air putih sebelum check up. Dehidrasi akan berujung fatal bila Anda membiarkannya terjadi secara terus menerus. Maka dari itu, pastikan anda mengonsumsi air putih/mineral secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan cairan tubuh anda.

Meminum beberapa minuman isotonik untuk meningkatkan cairan dalam tubuh juga dapat anda lakukan sebagai bentuk antisipasi dalam menghadapi dehidrasi.

5. Hentikan rokok

Bila anda seorang perokok, maka anda perlu waspada dalam melakukan medical check up. Mengapa? Karena organ dalam paru-paru anda akan memperlihatkan hasil yang anda dapatkan dari konsumsi merokok yang dilakukan secara terus-menerus. Pastikan sebelum melakukan medical check up, sebaiknya melakukan pembersihan terlebih dahulu pada organ paru-paru.

Tips medical check up yang satu ini memang penting dilakukan dan terhitung cukup menentukan bagi kelangsungan anda dalam suatu pekerjaan atau mimpi yang hendak diraih. Sementara itu, bagi anda yang belum pernah mencoba rokok maka jangan pernah sekali-kali untuk mencobanya.

6. Mengonsumsi air kelapa muda

Salah satu alternatif untuk melakukan detoks tubuh secara alami sebagai tips medical check up adalah dengan memanfaatkan air kelapa muda. Namun, aktivitas ini juga tak bisa dilakukan secara instan melainkan butuh waktu.

Anda bisa mulai untuk mengonsumsi air kelapa mudah mulai dari 2 minggu sebelum melakukan medical check up. Air kelapa muda dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam paru-paru dan ginjal anda.

Biaya Medical Check Up

Selain membahas mengenai berbagai tips medical check up, anda juga perlu tahu berapa biaya yang akan dihabiskan dalam melakukan medical check up. Biaya ini dikeluarkan khusus bagi anda yang melakukan medical check up secara mandiri. Dikarenakan beberapa perusahaan atau institusi terkadang memang memberikan fasilitas bagi karyawan atau peserta didiknya untuk melakukan medical check up.

Sejujurnya, biaya medical check up terhitung cukup beragam, yakni mulai dari Rp250.000 untuk beberapa rumah sakit bertaraf standard di Indonesia sampai lebih dari Rp1.000.000. Pada umumnya, biayanya sampai pada taraf Rp300.000 saja.

Hal ini berbeda jauh bila anda melakukan medical check up di luar negeri. Tentunya fasilitas yang ditawarkan pun lebih lengkap, tergantung dari biaya yang ditawarkan pula. Biasanya medical check up di luar negeri dipatok pada kisaran harga mulai dari Rp350.000 sampai Rp2.500.000.

Proses Medical Check Up

Banyak yang sering bertanya, kira-kira berapa lama proses pemeriksaan medis ini akan berlangsung? Sebenarnya tiap rumah sakit memiliki proses waktu yang berbeda-beda. Beberapa proses seperti pengambilan sampel darah, pemeriksaan denyut jantung, sampai foto rontgen, pastinya memerlukan waktu yang tak sedikit.

Akan tetapi, pada umumnya proses medical check up hanya menghabiskan waktu selama 3-5 jam, tergantung kapasitas maupun kemampuan dari suatu rumah sakit sendiri. Hal ini karena banyaknya pemeriksaan yang harus dijalani, mulai dari mata, hidung, mulut, organ dalam, kulit, sampai alat kelamin.

Nah, di atas adalah beberapa tips medical check up yang perlu anda ketahui sampai proses maupun tarif yang dihabiskan dalam satu kali medical check up. Ingat untuk selalu hidup sehat tanpa alkohol, rokok, dan narkoba, baik sebelum dan sesudah medical check up.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *