8 Tips Hidup Sehat Dan Awet Muda Yang Alami, Sederhana dan Mudah Dilakukan

By

Pastinya semua orang selalu mendambakan untuk memiliki tubuh sehat dan awet muda. Namun, keinginanan ini tidak disesuaikan dengan usaha yang mereka lakukan. Kebanyakan dari orang akan enggan untuk melakukan pola hidup sehat karena dianggap pola hidup sehat ini menyiksa dan mengekang kehidupannya. Padahal ada banyak lho tips hidup sehat dan awet muda yang alami, namun banyak orang yang belum tahu.

Kendati demikian, di zaman modern seperti ini sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya melakukan pola hidup sehat. Nah berikut akan diulas secara lengkap tips sederhana hidup sehat dan awet muda yang bisa dilakukan oleh semua kalangan umat.

1. Rajin mengkonsumsi buah-buahan

Tips hidup sehat dan awet muda yang alami pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hidup sehat dan awet muda adalah dengan cara rajin mengkonsumsi buah-buahan. Apalagi buah delima. Kenapa buah delima? Karena, belakangan ini muncul sebuah fakta yang mengejutkan oleh para peneliti bahwa buah delima adalah buah yang kaya akan manfaat dari pada buah lainnya.

Fakta tersebut juga diimbangi dari beberapa bukti, yang mana buah delima mengandung 500 kali lebih banyak vitamin C dari pada buah jeruk. Dan ini dianggap sebagai salah satu sumber karotenoid yang paling banyak, sejenis juga dengan antioksidan yang kaya akan manfaat kesehatan.

Selain itu, buah delima memiliki lebih banyak kandungan zat besi dari pada sayur bayam, 18 amino, kalsium, seng, selenium, magnesium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, serta vitamin E. Penting untuk diketahui, bahwa jus buah delima adalah minuman yang sangat ampuh untuk menurunkan kolestrol dan tekanan darah tinggi pada seseorang. Oleh karenanya mampu mencegah timbulnya ateroklerosis dan mengurangi resiko terserang Alzheimer.

Uniknya lagi, seseorang yang rutin mengkonsumsi buah delima juga mendapatkan manfaat yang banyak pada kesehatan kulitnya. Yang mana mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan karena terpapar oleh sinar Ultraviolet ketika berada di luar ruangan. Dengan demikian, kulit kamu akan tampak lebih bersinar dan awet muda.

2. Menjahukan diri dari makanan Junk Food

Tips hidup sehat dan awet muda yang alami yang kedua adalah dengan menjauhkan diri dari junk food.  Jika ingin awet muda dan memiliki tubuh yang sehat, menjauhkan diri dari makanan Junk Food bisa kamu lakukan dalam kehidupan. Makanan junk food yang dimaksud di sini adalah makanan yang disajikan secara instan dan juga terkadang bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini juga adalah bahan yang serba instan. Sehingga kurang baik untuk kesehatan diri kamu.

Teknik menjauhkan diri dari makanan junk food sudah diterapkan sedari dulu oleh orang-orang Jepang. Meskipun di Jepang banyak terdapat toko-toko yang menyajikan makanan junk food, namun mereka tetap bisa untuk mengontrol dirinya.

Sebagai pengganti dari makanan itu, masyarakat Jepang lebih memilih untuk memakan makanan yang banyak terdapat sayur-sayuran alami dan daging yang mentah. Dengan memakan daging mentah, mereka menganggap makanan ini lebih banyak mengandung vitamin dan juga nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Begitujuga makanan yang masih mentah belum mendapatkan campuran dari bahan-bahan makanan yang lainnya.

3. Tidur yang cukup dan hindari begadang

Tips hidup sehat dan awet muda yang alami ketiga. Idealnya seorang manusia itu harus tidur 8 jam perhari. Namun jika kamu mengambil jatah tidur ini untuk begadang melakukan kegiatan lain, maka secara otomatis tubuhmu akan mudah merasakan lelah dan mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Selain itu, seseorang yang sering begadang akan terlihat pucat pada wajah dan kantung matanya akan semakin menghitam. Pada malam hari juga merupakan kesempatan tubuh untuk meregenerasi kulit mati, maka jangan sekali-kali mengurangi jatah tidur jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan awet muda.

4. Lebih sering meminum air putih

Tips hidup sehat dan awet muda yang alami selanjutnya untuk awet muda dan sehat adalah dengan cara lebih sering meminum air putih dari biasanya. Karena air putih sudah banyak yang membuktikan akan khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kesehatan kulit. Air putih juga memiliki fungsi sebagai pelembab kulit seseorang, peningkat metabolisme tubuh, dan mampu menjaga pustur tubuh agar tidak terlalu gemuk.

5. Rajin melakukan yoga

Tips hidup sehat dan awet muda yang alami ke lima adalah rajin melakukan Yoga. Olahraga secara rutin bisa menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit, termasuk melakukan gerakan yoga. Meskipun dulu yoga sering dianggap sebagai salah satu bagian dari kegiatan meditasi, namun belakangan ini gerakan yoga sangat banyak diminati oleh semua kalangan. Selain mampu membuat tubuh bugar, gerakan yoga juga dipercaya mampu membakar kalori dengan efektif hingga dipercaya oleh masyarakat mampu mencegah penyakit jantung, mengolah setres, dan mengatasi penyakit nyeri pada sendi.

6. Menghindari diri dari stress

Kehidupan seseorang di muka bumi tak akan terlepas dari yang namanya masalah. Entah itu masalah sosial ataupun ekonomi. Dan sering pula masalah tersebut datang secara tiba-tiba dalam kehidupan seseorang. Sehingga, tak sedikit dari mereka yang mengalami masalah akan menjadikannya sebagai beban pikiran bahkan hingga stress. Jika sudah demikian, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan hidup yang sehat dan awet muda?

Nah, maka dari itu mulailah dari sekarang kamu untuk belajar mengolah masalah agar tidak sampai menimbulkan stress. Banyak jalan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari diri dari stress, misalnya saja melakukan yoga atau meditasi, jalan-jalan ke tempat wisata, bermain atau mendengarkan musik, atau yang lainnya yang membuat perasaan tenang dan pikiran tetap positif.

7. Mengurangi konsumsi garam

Tips hidup sehat dan awet muda yang alami ke tujuh adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Bagi sebagain masyarakat Indonesia, jika mengkonsumsi makanan tanpa garam atau kurang garam akan terasa hampa di lidah. Namun, jika anda berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung garam akan menimbulkan banyaknya sodium yang masuk ke dalam tubuh. Karena, dengan banyaknya sodium yang masuk ke dalam tubuh seseorang, maka orang tersebut akan rentan terkenan penyakit tekanan darah tinggi dan meningkatkan tingginya resiko terkenan penyakit jantung dan stroke. Nah, penyakit tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit stroke adalah beberapa jenis penyakit yang paling banyak memakan korban jiwa disetiap tahunnya.

Agar kamu bisa terbebas dari resiko penyakit di atas, maka penting untuk mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Idealnya, tubuh seseorang dalam sehari harus kurang dari 2.300 miligram mendapatkan asupan sodium di setiap harinya. Dan untuk mereka yang sudah berumur lebih dari 51 tahun ke atas, harus mengurangi konsumsi sodium sampai kurang dari 1.500 miligram per harinya. oleh karena demikian, yuk mulai dari sekarang membiasakan diri mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Atau lebih baiknya masak sendiri agar bisa mengatur kadar garam dalam masakan.

8. Mengurangi konsumsi gula

Sama juga dengan garam, sebagian besar masyarakat kita di Indonesia senang untuk mengkonsumsi makanan atau meminum minuman yang manis yang banyak mengandung gula. Namun, sadarkah kamu, jika mengkonsumsi gula berlebihan dapat mengakibatkan berat badan meningkat dan mampu mengakibatkan penuaan dini.

Pernyataan ini sudah banyak dijelaskan oleh ahli nutrisi dan kulit, yang mana mereka mengatakan bahwa dengan berlebihan mengkonsumsi gula akan mengakibatkan glikasi. Nah dari glikasi inilah seseorang akan lebih cepat mengalami penuaan dini. Oke, jika ingin tetap tampil awet muda, yuk mulai dari sekarang mengurangi mengkonsumsi makanan atau meminum minuman yang banyak mengandung gula.

Itulah 9 tips hidup sehat dan awet muda yang alami yang aman, sederhana dan mudah dilakukan siapapun. Ingat lagi, tips ini harus dilakukan secara rutin di sepanjang harinya. Karna, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal kamu tidak hanya cukup melakukan sekali saja atau beberapa minggu dan bulan, karena ini butuh pembiasaan dan rutinitas yang disiplin. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar