Tips Gaya Hidup Sehat Saat Pandemi Covid19

Tips Gaya Hidup Sehat Saat Pandemi Covid19. Dengan menjaga kesehatan tubuh kita mungkin akan mencegah penularannya. Gaya hidup sehat sendiri adalah kegiatan – kegiatan yang dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga makanan dan olahraga teratur yang harus kita jalani. Apalagi di saat pandemi seperti ini jika tidak menjaga kesehatan lebih mudah untuk terjangkit.

Saat pandemi seperti ini banyak dari kita yang mungkin tidak memperhatikan kesehatan. Karena terlalu nyaman dengan rebahan dan bermain ponsel. Tidak melakukan kegiatan apa pun membuat otot lemas dan kaku. Dan mungkin membuat kita akan cepat sakit. Jadi, kita harus pintar – pintar menjaga kesehatan tubuh.

Semua harus menjaga kesehatan tubuh tanpa kecuali. Menjaga kesehatan tidak hanya untuk anak – saja. Tetapi, untuk semuanya dari anak – anak, remaja, dewasa, bahkan orang yang sudah tua atau rentan/ lansia. Memang yang mudah terjangkit virus covid19 anak – anak, tapi, apa salahnya kita hidup sehat jadi lakukanlah  Tips Gaya Hidup Sehat saat di rumah saja seperti ini.

Tips Gaya Hidup Sehat
Tips Gaya Hidup Sehat

Berikut Ini Tips Gaya Hidup Sehat Saat Di Rumah Saja

Perbanyak Minum Air Putih

Untuk menjalani gaya hidup sehat harus banyak meminum air putih. Karena setiap hari kita mengeluarkan air, seperti di urine, keringat, dan buang air besar. Perbanyaklah minum air karena air penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Jika, sampai kurang meminum air putih bisa – bisa akan terkena penyakit ginjal dan akan dehidrasi. Setiap hari harus minum air sebanyak 8 gelas untuk tetap sehat.

Tidur yang Cukup

Tips Gaya Hidup Sehat selanjutnya adalah dengan tidur yang cukup. Mungkin kebanyakan dari kita yang kurang tidur. Entah itu kesibukan karena mengerjakan tugas atau bermain ponsel. Tetapi, walaupun begitu kita harus tetap menjaga pola tidur. Tubuh dan pikiran harus di istirahatkan supaya lebih fres. Minimal kita tidur 5 jam per hari jika tidak kita akan sakit jika kurang tidur, salah satunya adalah kurang darah.

Hindari Makanan Kaleng

Jika ingin hidup sehat kita harus mengurangi makan makanan kaleng. Karena di dalam makanan tersebut mengandung bahan pengawet dan penambahan garam yang berlebihan. Bahan tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Jika kita mengonsumsinya karena sibuk untuk memasak sendiri sebaiknya jangan terlalu sering. Karena sangat berbahaya untuk sistem pencernaan dan untuk kesehatan tubuh.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Jika ingin sehat harus banyak makan sayur dan buah yang banyak. Karena sayur dan buah kaya akan vitaminnya. Jika kita tidak suka dengan sayuran kita bisa mengolahnya menjadi makanan yang baru. Seperti bakso sayur yang terbuat dari wortel, dan juga brokoli yang mungkin akan kita sukai. Jarang sekali orang yang tidak suka buah, mungkin hampir semua suka buah. Buah bisa di konsumsi dengan dijadikan olahan kue yang sehat, dijadikan jus, dan bisa langsung dimakan buahnya. Jadi untuk melakukan pola hidup sehat lakukan Tips Gaya Hidup Sehat ini.

Jangan Sering Makan yang Berminyak

Untuk tetap sehat kita jangan sering makan makanan yang berminyak. Karena minyak tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi, bagi warga Indonesia jajanan yang berminyak sangat enak. Seperti gorengan pisang, gorengan tahu dan tempe, dan masih banyak jajanan lainnya yang mengandung minyak. Boleh saja memakan jajanan gorengan tersebut tetapi jangan terlalu sering jika mau hidup kita sehat.

Jagalah selalu Kebersihan

Kita harus selalu menjaga kebersihankarena kebersihan adalah sebagian dari iman. Kita diwajibkan untuk menjaga kebersihan tubuh kita sendiri dan lingkungan yang di sekitar. Jika kita hidup di lingkungan yang kotor maka akan memudahkan untuk sakit, seperti sakit demam berdarah yang diakibatkan nyamuk yang berserang karena lingkungan yang kotor dan kumuh. Untuk itu harus melakukan Tips Gaya Hidup Sehat ini agar tidak mudah sakit. Dan mencegah kita terkena penyakit itu dan tubuh selalu tetap sehat.

Lakukan Kegiatan Rumah

Saat di rumah saja seperti ini pasti kebanyakan dari kita yang merasa bosan dan jenuh. Karena tidak adanya kegiatan sama sekali. Sebenarnya banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan saat di rumah saja. Seperti mencuci baju, mencuci piring, menyapu teras rumah, menyapu halaman rumah, dan masih banyak kegiatan rumah lainnya. Kegiatan tersebut bisa dikatakan olahraga juga karena tubuh kita ada pergerakan.

Berolahraga  Setiap Hari

Untuk hidup sehat kita tidak bisa jauh dari olahraga. Tips Gaya Hidup Sehat ini sangat bermacam dari olahraga yang ringan sampai ke olahraga yang berat. Jika di rumah kita bisa berolahraga seperti push  up, shit up, dan olahraga lainnya setiap hari. Tidak perlu lama – lama, 10 – 15 menit saja sudah cukup. Tetapi, lakukan dengan sungguh – sungguh agar cukup kita berkeringat. Percuma kita olahraga berjam – jam tetapi kita bersungguh – sungguh karena itu akan percuma.

Bersepeda Jika Ada Waktu

Jika ingin tubuh tetap sehat bersepeda adalah hal yang penting. Karena dengan bersepeda pikiran kita akan senang. Selain itu, bersepeda juga termasuk olahraga, otot – otot kita bekerja dengan sangat baik dan membuat otot kita lebih kuat. Kita bisa melakukan olahraga sepeda saat pagi dan saat matahari hampir terbenam . Karena saat waktu tersebut sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Sinar matahari saat pagi mengandung vitamin yang bagus untuk tubuh.

Selalu Berpikir Positif

Selain untuk kesehatan jasmani, kesehatan rohani pun juga perlu kita jaga. Untuk itu Tips Gaya Hidup Sehat untuk rohani adalah dengan selalu berpikir positif. Jika sering berpikiran negatif itu bisa membuat pikiran kita stres. Jika kita terus stres itu sangat tidak baik untuk kesehatan kita. Bisa – bisa  nafsu makan kita berkurang saat stres. Kalau setiap hari tidak ada makanan yang masuk bisa membuat tubuh tidak stabil,  akan lemah dan akan jatuh sakit.

Simak artikel menarik lainnya disini.

Jangan Minum Minuman yang bersoda

Minuman yang bersoda memang sangat enak untuk dinikmati. Tetapi dibalik rasanya yang enak minuman bersoda sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Karena di dalamnya mengandung bahan pengawet dan bahan berbahaya lainnya. Selain mengandung bahan pengawet, minuman bersoda juga mengandung gula yang lebih. Jika kita sering mengonsumsinya bisa – bisa kita akan mengalami kegemukan.

Gaya hidup yang sehat sangat banyak manfaatnya apalagi di saat seperti ini. Imun kita akan meningkat dan tubuh tidak akan lemas ataupun bermalas – malasan. Demikianlah Tips  Gaya Hidup Sehat yang saya rekomendasikan untuk kita semua. Tidak ada orang yang menginginkan dirinya sakit dan kesehatan yang lemah. Untuk itu mari kita menjaga kesehatan tubuh dari sekarang. Jangan sampai saat sudah sakit parah baru menyadari kalau kesehatan sangat penting. Mulailah gaya hidup sehat dari diri sendiri, lalu perlahan – lahan ajak orang di sekitar kita untuk juga hidup yang sehat.

About Ibnu Khamill

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *