Ikuti 10 Tips Diet Sehat untuk Usia 50 Tahun, Hidup Sehat Umur Panjang!

By

Sumbersehat.com – Bagi yang sudah berusia 50 tahun dan ingin sehat, pakai cara diet sehat untuk usia 50 tahun. Ketika manusia sudah memasuki usia lanjut maka gaya hidup di semasa muda akan semakin terlihat. Disisi lain, sistem metabolisme dalam tubuh akan semakin melambat. Oleh karena itu, harus tahu cara diet yang tepat.

Ketika Anda sudah berusia 50 tahun maka dianjurkan untuk meningkatkan kepekaan akan tubuh sehat. Olahraga dianjurkan untuk dilakukan setiap harinya. Anda bisa melakukan senam lansia pada pagi atau sore hari. Untuk tips diet sehat usia lanjut bisa Anda simak pada penjelasan dibawah ini!

diet sehat untuk usia 50 tahun
diet sehat untuk usia 50 tahun

Inilah Tips Diet Sehat Usia Lanjut

Ada beberapa langkah cara diet sehat untuk usia 50 tahun yang harus Anda terapkan untuk mendapatkan hidup sehat. Langkah-langkahnya adalah:

Membuat menu dengan kandungan serat tinggi

cara diet sehat untuk usia 50 tahun yang pertama adalah membuat menu berserat tinggi. Anda bisa makan buah seperti apel atau sayur sayuran berserat. Ini bertujuan agar Anda tetap selalu dalam keadaan kenyang yang sehat. Anda bisa membuat masakan olahan seperti salad atau jus untuk menu.

Ini dapat membuat Anda semakin sehat dan tidak tertumpuk oleh lemak jahat.Selain itu, buah akan memberikan penyegaran dan stamina yang lebih pada Anda. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan aktivitas dengan ceria dan maksimal.

Menghindari makanan junk food

Junk food adalah salah satu makanan cepat saji yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Dengan pernyataan ini sebenarnya tidak ada pembatasan yang berlebihan untuk tidak mengkonsumsi junk food sama sekali. Anda bisa mengkonsumsinya dengan catatan ukuran atau berat makanan yang tidak terlalu banyak.

Mengapa junk food dilarang untuk orang diet sehat untuk usia 50 tahun? Ini dikarenakan setiap makanan yang ada di junk food tidak bisa dilihat dengan detail. Mungkin saja di dalamnya terdapat banyak gula dan lemak. Inilah yang bisa membuat berat badan Anda naik dan kesehatan tubuh menjadi tidak stabil.

Melakukan olahraga dengan jadwal rutin

Selanjutnya untuk tips diet sehat usia lanjut adalah dengan memperhatikan jadwal waktu berolahraga. Olahraga yang Anda lakukan akan membantu sel dan sistem saraf untuk aktif. Dengan begitu, sistem metabolisme maupun pencernaan juga tidak akan terjadi masalah.

Untuk pilihan olahraga Anda bisa menyesuaikan dengan tingkat kekuatan diri sendiri. Banyak pilihan olahraga ringan yang tetap bisa membuat Anda sehat. Anda bisa melakukan angkat beban dengan berat ringan untuk melatih kekuatan bahu dan tangan. Anda juga bisa melakukan terapi seperti senam atau yang lainnya.

Menjaga pola jam tidur dengan teratur

diet sehat untuk usia 50 tahun membutuhkan waktu istirahat yang lebih daripada usia dibawahnya. Ini dikarenakan untuk mengumpulkan stamina yang sudah dikeluarkan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Perlu diketahui jika yang menyebabkan rasa lapar pada diri Anda adalah karena adanya 2 hormon.

Hormon itu antara lain leptin dan ghrelin. Jika Anda kurang tidur maka dalam tubuh akan terjadi disfungsi metabolisme. Apa itu disfungsi metabolisme? Ini adalah suatu keadaan dimana Anda akan terus merasa lapar dan akan makan dengan porsi yang tidak teratur.

Mengatur nutrisi dalam tubuh

Jika Anda adalah orang yang tergolong dalam usia lanjut maka harus benar-benar memperhatikan nutrisi yang akan masuk pada tubuh. Nutrisi biasanya bisa didapatkan dari suplemen kesehatan. Namun, Anda harus mengetahui jika nutrisi juga bisa didapatkan dari buah dan sayuran alami.

Anda bisa membeli dan memakan makanan kaya nutrisi seperti mentega, alpukat, dan zaitun. jangan lupa untuk mengatur porsi pada setiap bahan makanan yang akan dikonsumsi. Untuk mendapatkan saran dan rekomendasi menu diet sehat untuk usia 50 tahun, Anda bisa pergi dan berkonsultasi dengan dokter.

Memperbanyak konsumsi air putih

Air putih adalah sumber minuman yang harus masuk ke dalam tubuh manusia di setiap harinya. Manusia tidak bisa hidup tanpa minum air mineral. Jika Anda menyukai minuman yang manis dan kalengan maka untuk saat ini sebaiknya segera diminimalisir. Diet sehat untuk usia 50 tahun tidak menyarankan Anda untuk mengkonsumsinya.

Anda mungkin boleh meminumnya sesekali saja. Karena di dalam minuman manis berkaleng biasanya sangat tinggi akan gula dan kalori. Untuk itu Anda dianjurkan untuk minum air putih dengan ukuran yang sudah ditentukan. Anda harus minum air putih mineral tanpa campuran apapun sebanyak 6 hingga 8 gelas di setiap harinya.

Menerapkan pembatasan waktu pola makan

Pembatasan waktu pola makan ini adalah salah satu metode diet dengan mengandalkan pembatasan waktu makan. Ini memang sangat cocok untuk dilakukan sebagai tips diet usia lanjut.  Ada peraturan jam untuk Anda dalam mengkonsumsi makanan atau minuman.

Dalam metode ini di sarankan Anda hanya memiliki waktu 8 hingga 18 jam untuk makan dalam keseharian. Dan sisa waktunya bisa digunakan untuk berpuasa. Untuk minum air putih tidak ada pembatasan pada setiap harinya asalkan air tersebut tidak tercampur dengan kandungan lainnya.

Makan dengan tidak tergesa-gesa

Dalam semua tips diet dikatakan jika orang yang ingin menurunkan berat badan harus makan dengan santai. Maksudnya adalah tidak terlalu cepat atau tergesa-gesa. Terlebih lagi untuk Diet sehat untuk usia 50 tahun Anda juga harus tambah memperhatikan pola mengunyah.

Mengunyah yang baik dan sesuai akan memudahkan sistem kerja pencernaan terutama usus. Ketika Anda mengunyah dengan lama dan halus maka makanan itu mudah dikelola usus dalam menyerap nutrisi-nutrisi di dalamnya. Untuk itu, jangan terburu-buru untuk mengunyah karena ini berpengaruh besar untuk sistem pencernaan.

Mengurangi waktu duduk dan tidur yang berlebihan

Cara diet sehat untuk usia 50 tahun adalah mengurangi waktu duduk dan tidur.  Manusia pada usia lanjut biasanya semakin malas untuk melakukan apapun. Waktunya biasanya lebih banyak digunakan untuk duduk santai atau tidur yang berkepanjangan.

Istirahat memang sangat dianjurkan namun, tidak dengan waktu yang berlebihan. Anda harus selalu bergerak aktif untuk merangsang sel yang ada dalam tubuh. Anda bisa melakukan jalan-jalan santai, bersih-bersih rumah, atau hal yang lainnya.

Dengan aktif bergerak maka kalori yang ada dalam tubuh akan terbakar. Dengan terbakarnya kalori dengan cara yang sehat maka pasti Anda akan mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat pula.

Selalu berpikir positif dan selalu bahagia

Jika Anda berada pada usia 50 tahun maka harus benar-benar pandai dalam mengatur tingkat emosi dalam diri. Biasanya, orang lansia lebih cenderung untuk mudah marah. Kontrol emosi penting untuk siap menghadapi masalah apa saja di dalam lingkungan keseharian.

Jangan biarkan stress menekan pikiran Anda terlalu berlebihan. Karena pada dasarnya, tips diet usia lanjut memang harus diiringi dengan pikiran positif dan rasa bahagia dalam setiap aktivitasnya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai tips diet sehat usia lanjut . Anda bisa menerapkan aktivitas yang dianjurkan dengan rutin. Pola makan dalam keseharian harus tetap dijaga. Untuk menu makanan Anda bisa menyesuaikan dengan program diet yang dijalankan dan usia Anda saat ini.

Jangan sering-sering memakan makanan cepat saji. Karena rata-rata makanan cepat saji mengandung lemak dan gula yang sangat tinggi. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk memasak sendiri di rumah untuk menu makan keseharian. Jangan lupa untuk tetap berolahraga dengan upaya mengimbangi jalannya program diet sehat untuk usia 50 tahun.

Tinggalkan komentar