11 Tips Diet Sehat Tanpa Olahraga Dengan Pola Makan yang Tepat

11 Tips Diet Sehat Tanpa Olahraga Dengan Pola Makan yang Tepat- Tentu kita sudah tahu bahwa salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan berdiet. Basanya diet ini dilakukan oleh kebanyakan orang demi mencapai tubuh yang ideal dan membuatnya lebih percaya diri. Nah, salah satu cara diet yang biasanya dilakukan adalah dengan berolahraga secara rutin setiap hari. Karena selain menyehatkan tubuh, olahraga bisa membakar lemak dan kalori dengan lebih cepat dan berpotensi mempercepat penurunan berat badan. Selain olahraga, menjaga pola makan juga menjadi kunci yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan secara cepat.

Namun sayangnya, banyak orang yang sulit menerapkan jadwal olahraga cara rutin. Penyebabnya pun beragam Misalnya saja rasa malas yang muncul saat ingin berolahraga, serta banyaknya kesibukan di sepanjang hari. Sehingga seringkali program diet menjadi terbengkalai dan berat badan Anda justru menjadi membengkak. Jika sudah begini mau tidak mau Anda harus menjalankan kunci yang kedua yaitu dengan menjaga pola makan. Berikut ini cara melakukan diet tanpa harus berolahraga dan hanya dengan menjaga pola makan yang tepat.

diet sehat tanpa olahraga
diet sehat tanpa olahraga

Tips Diet Sehat tanpa Olahraga

Menghindari Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Menyimpan makanan yang tidak sehat di rumah, tentu akan mendorong Anda untuk mengonsumsi makanan tersebut setiap melihatnya. Maka dari itu, lebih baik simpan makanan tidak sehat di tempat tersembunyi atau sama sekali tidak menyimpannya. Contoh-contoh makanan yang tidak sehat tersebut misalnya seperti makanan gorengan, es krim, jajanan kemasan, minuman berperisa, serta berbagai makanan yang mengandung tinggi lemak, gula dan kalori. Berbagai jenis makanan tersebut bisa mengganggu proses diet sehat tanpa olahraga Anda.

Perbanyak Minum Air Putih

Tips untuk melakukan diet tanpa harus dibarengi olahraga selanjutnya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih setiap hari. Pastikan Anda mengonsumsi air putih tersebut secara cukup sebagai kebutuhan cairan harian, serta sebagai pengganti makanan saat rasa lapar melanda di sela jam makan. Anda juga bisa mengonsumsi air putih sebagai pengganti minuman berperisa dan bersoda yang biasa Anda konsumsi.

Perbanyak Asupan Protein

Tips selanjutnya untuk program diet sehat tanpa olahraga adalah dengan memperbanyak asupan protein menjadi pola makan yang tepat untuk diet tanpa olahraga selanjutnya. Ada banyak jenis bahan makanan yang mengandung tinggi protein dan bisa dengan mudah Anda dapatkan. Contohnya saja protein hewani yang ada di dalam ikan, telur, ayam, dan juga susu. Sementara untuk nutrisi protein nabati terdapat pada bahan kacang-kacangan seperti tahu dan tempe.

Konsumsi Lebih Banyak Makanan yang Mengandung Tinggi Serat

Selain banyak mengonsumsi protein, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi saat engah menjalankan diet. Cara yang satu ini tergolong cukup efektif, lantaran makanan yang mengandung serat mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hanya saja, konsumsi protein akan menjadikan kalori yang masuk lebih sedikit. Berbagai bahan makanan yang mengandung tinggi serat di antaranya seperti oatmeal, sayur-sayuran, buah, sereal gandum, dan juga bahan kacang-kacangan.

Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Diet sehat tanpa olahraga selanjutnya yaitu dengan menerapkan teknik mengunyah makanan secara perlahan. Jika dilihat dari segi kesehatan, mengunyah secara perlahan memang sangat baik bagi tubuh. Teknik yang satu ini ternyata juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat perut merasa lebih cepat kenyang. Dengan teknik ini, tubuh akan mampu mengirimkan sinyal ke otak bahwa organ lambung telah penuh dengan makanan dan menimbulkan rasa kenyang.

Makan menggunakan Piring yang Kecil

Salah satu trik yang bisa membantu penurunan berat badan adalah dengan memakai piring ukuran kecil saat makan. Terlebih jika Anda tengah mengonsumsi makanan yang kurang sehat dan berpotensi menyebabkan penambahan berat badan. Cara ini merupakan trik untuk otak, supaya secara tidak langsung makanan yang ada di piring terlihat lebih banyak .

Mengurangi Porsi Makan menjadi Lebih Sedikit

Tahukah Anda jika porsi makan yang besar bisa mendorong seseorang untuk makan lebih banyak, sehingga beresiko menambah berat tubuh. Maka dari itu, lebih baik sajikan makanan dengan porsi sedikit agar bisa asupan kalori lebih sedikit pula yang masuk. Cara ini akan sangat membantu Anda dalam menjalankan program diet sehat tanpa olahraga.

Makan tanpa Adanya Gangguan Layar

Banyak orang serong mengonsumsi makanan sambil menonton televisi ataupun main game. Padahal tanpa disadari, mereka sudah makan dalam porsi cukup banyak makanan. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan, bahkan Anda masih terus lapar setelah mengonsumsi cukup banyak. Terlebih lagi bila Anda mengonsumsi jenis makanan yang tidak sehat secara terus-terusan setiap harinya. Alangkah baiknya jika Anda mengganti cemilan tersebut dengan buah-buahan atau sayur-sayuran yang diolah dengan tepat sebagai jajanan. Contohnya saja seperti salad buah ataupun sayur, serta jus yang dibuat tanpa tambahan gula.

Mengurangi Minuman Manis

Tips diet sehat tanpa olahraga supaya lebih cepat kurus lain yaitu dengan mengurangi konsumsi minum-minuman yang berperisa manis. Jenis minuman seperti ini seringkali menambahkan gula dengan kalori tinggi, sehingga bisa menggoda Anda untuk kembali mengonsumsinya secara terus-terusan. Efeknya, tentu saja akan membuat tubuh Anda mengalami penambahan berat badan dalam waktu cepat. Sebagai solusinya Anda bisa mengonsumsi minuman seperti teh hijau, kopi, jus, teh melati, dan teh dari bahan rempah menggunakan pemanis madu asli tanpa ditambahkan pemanis buatan.

Mengatur Pola Makan Setiap Hari

Mengatur pola makan juga akan memberikan pengaruh bagi program penurunan berat badan yang tengah Anda jalani. Usahakan untuk selalu menghindari jenis makanan cepat saji, makanan manis, berlemak, serta menggunakan bahan pengawet. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan baik bagi kesehatan tubuh seperti sayur, buah-kacang-kacangan, yoghurt plain, susu murni, dan lain sebagainya.

Pilih Makanan Hewani yang Tepat

Seperti yang kita tahu, ada banyak jenis makanan dari hewani yang beresiko menyebabkan penumpukan lemak karena tingginya kalori yang terkandung di dalamnya. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan dari hewani saat menjalankan program Diet sehat tanpa olahraga. Hanya saja Anda harus memilih bahan makanan yang tepat sesuai kebutuhan. Misalnya saja dengan mengonsumsi ikan segar, dada ayam, kuning telor, susu, serta yoghurt. Pastikan juga Anda mengolahnya dengan cara yang tepat tanpa tambahan minyak, gula, ataupun banyak garam.

Menjaga pola makan dengan cara yang tepat, tentunya menjadi tips untuk melakukan diet sehat tanpa olahraga yang efektif untuk dilakukan. Sistem kerja pola makan ini adalah dengan mengurangi kalori yang masuk pada tubuh, agar tidak menjadi penumpukan lemak yang menjadi penyebab kegemukan. Dengan menerapkan pola makan tersebut, Anda tidak perlu khawatir harus membuang kelebihan lemak ataupun mempercepat pembuangan kalori. Cukup jaga pola makan Anda supaya kalori yang masuk tetap terkontrol, begitu pun dengan berat badan Anda.

About Aziza Linda Verra

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *