8 Tips Diet Sehat Saat Puasa agar Tetap Prima dan Bersemangat

8 Tips Diet Sehat Saat Puasa agar Tetap Prima dan Bersemangat – Apakah Anda memiliki impian untuk melakukan diet, tetapi belum juga kesampaian hingga menjelang bulan puasa? Nah, bulan puasa ini bisa Anda jadikan ajang sebagai momen untuk beribadah sekaligus mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat.

Namun Anda harus menggunakan cara yang tepat, lantaran banyak orang justru berat badannya naik selama puasa. Jadi supaya Anda bisa tampil prima selama puasa dan saat hari raya nanti, simaklah dahulu bagaimana tips menurunkan berat badan saat berpuasa yang aman dengan dan sehat berikut.

diet  sehat saat puasa
diet  sehat saat puasa

Beberapa Tips Diet Sehat Saat Puasa

Berbukalah dengan yang manis dan menyehatkan

Tentu kalimat berbukalah dengan yang manis menjadi hal yang sudah sangat sering kita dengar ketika bulan Ramadhan. Berbuka puasa dengan semua yang serba manis memang efektif untuk mengembalikan energi selama seharian. Tetapi jangan terlena sampai kebanyakan mengonsumsinya, terlebih jika terlalu banyak makanan dan minuman manis yang masuk. Karena hal ini justru akan menjadi penumpukan lemak di tubuh dan beresiko mengacaukan program diet  sehat saat puasa.

Pasalnya, saat puasa tubuh memproduksi insulin lebih sedikit dan menurun. Padahal insulin ini memiliki fungsi untuk mengubah sumber gula menjadi sumber energi. Apabila gula tersebut tidak diubah menjadi energi, tubuh akan menyimpan sumber gula ke dalam bentuk lemak dan menumpuk jika terlalu lama. Hal inilah yang menjadi alasan mengaap makan makanan manis saat puasa beresiko bikin Anda gemuk.

Perbanyaklah mengonsumsi serat dan protein ketika saat sahur dan berbuka

Saat Anda makan sahur dan buka puasa, pastikanlah bahwa makanan yang dihidangkan mengandung serat dan protein yang cukup tinggi. Dibandingkan konsumsi makanan tinggi kalori, nutrisi serat akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Prosesnya pun dalam waktu yang lebih lama, sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama sepanjang hari tanpa merasa lapar saat puasa. Makanan yang tinggi serat dan protein juga mampu menekan nafsu makan yang membuat Anda tidak kalap meski menjalankan diet sehat saat puasa.

Protein juga sangat penting bagi Anda yang masih dalam masa pertumbuhan, demi memaksimalkan organ-organ tubuh. Protein ini bisa dijadikan pengganti karbohidrat yang lebih sulit diolah tubuh dan menyebabkan kegemukan. Contoh protein yang bisa dikonsumsi seperti susu dan kacang-kacangan, namun pastikan agar mengolahnya secara tepat. Anda juga bisa mengganti karbohidrat yang biasa dikonsumsi dengan gandum utuh, kentang rebus, singkong dan lain sebagainya.

Hindarilah konsumsi minuman berkalori tinggi

Diet sehat saat puasa selanjutnya yaitu dengan menghindari konsumsi minuman dengan kadar kalori yang tinggi. Minuman berkalori tinggi dapat merangsang kenaikan berat badan menjadi berlebih dan terjadi penumpukan lemak. Seperti halnya konsumsi jus dengan tambahan gula, susu kental manis, atau yogurt perisa, serta minuman manis dan berperisa lain. Minuman seperti ini akan sangat beresiko menyebabkan penambahan berat badan dan berujung kegemukan. Oleh karenanya, sebaiknya hindari konsumsi minuman tersebut agar program diet Anda lebih terjamin sehatnya.

Menghindari makanan malam menjelang tidur

Diet sehat alami yang satu ini merupakan pola makan yang cukup sulit untuk dilakukan, namun efeknya cukup efektif dalam menurunkan berat badan. Karena proses metabolisme tubuh menjadi lebih lambat saat malam hari, sehingga makanan juga tidak akan diolah secara maksimal. Akan lebih baik jika Anda membatasi waktu makan malam tidak melebihi pukul 19.00, ataupun memberikan jarak makan malam kurang lebih 2 – 3 jam sebelum tidur. Usahakan juga agar Anda tidak berbaring seusai makan, supaya makanan tetap bisa diolah sistem pencernaan.

Meminum air mineral yang lebih banyak

Mengonsumsi air mineral pastinya sangatlah dianjurkan, terlebih jika Anda sedang menjalankan diet sehat saat puasa. Kira kira Anda harus mengonsumsi 2 hingga 3 liter air mineral per harinya atau sesuai kondisi tubuh dan kesehatan. Pastikan Anda tetap minum banyak air selama bulan puasa, kurang lebih hingga 8 gelas setiap hari. Anda bisa menggunakan rumus 2 – 4 – 2, yaitu 2 gelas ketika sahur, 2 gelas ketika buka puasa, 2 gelas setelah Sholat Tarawih, dan 2 gelas menjelang tidur.

Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setelah sepanjang hari berpuasa, serta menghindari terjadinya dehidrasi. Karena selama berpuasa penuh, tubuh akan lebih rawan mengalami kekurangan cairan. Tips diet ini cukup efektif dalam membuang zat sisa atau racun di tubuh, serta dapat memaksimalkan pembakaran lemak. Sehingga hasilnya, diet untuk menurunkan berat badan secara cepat dan alami lebih optimal dan memberikan hasil sesuai keinginan.

Mengontrol porsi makan saat buka dan sahur

Tips diet sehat saat puasa selanjutnya yaitu dengan senantiasa mengontrol porsi makan ketika tengah sahur dan berbuka. Hal ini tujuannya adalah untuk mewujudkan kebiasaan makan dan pola makan yang sehat selama diet. Terlebih setelah seharian tidak mengonsumsi makanan dan minuman karena puasa.

Menerapkannya secara tepat, bisa menghindarkan Anda dari kalap saat melihat makanan di jam malam. Anda bisa berbuka dengan porsi sedikit terlebih dulu, lalu kembali makan setelah sholat Maghrib. Tips ini akan lebih menyehatkan karena sistem pencernaan bisa beradaptasi dalam menerima makanan setelah kosong seharian.

Hindari sering buka atau sahur di luar

Sering makan di luar rumah saat buka maupun sahur, ternyata dapat mengganggu program diet sehat saat puasa. Salah satunya adalah beresiko meningkatkan asupan kalori lebih banyak, karena kualitas makanan tidak terjamin. Apalagi jenis makanan yang dijual di luar seringkali mengandung lemak jahat, gula buatan tinggi, minyak, dan bahan nutrisi penyebab kegemukan lain. Jadi cobalah untuk lebih sering berbuka dan sahur di rumah dengan keluarga, jika terpaksa makan di luar pilihlah menu yang sehat.

Olahraga di pagi atau sore hari

Bukan berarti meski Anda tengah menjalankan puasa dan tidak makan seharian bisa bermalas-malasan dan hanya tiduran di rumah. Ketahuilah bahwa olahraga juga perlu Anda lakukan, supaya mampu menurunkan berat badan saat puasa. Aktivitas fisik atau olahraga ini tidak perlu berlama-lama, cukup lakukan secara rutin minimal 30 menit setiap harinya.

Anda bisa olahraga dengan jalan-jalan atau lari lari kecil setelah sholat Subuh agar tidak kepanasan dan mengganggu puasa. Atau Anda juga bisa melakukannya di sore hari beberapa jam menjelang buka puasa. Sehingga bagi Anda yang tidak kuat olahraga, tidak perlu khawatir membatalkan puasa di siang hari karena haus atau kelaparan. Diet sehat saat puasa dengan olahraga ini, tentunya tidak perlu Anda lakukan dengan olahraga berat.

Tips diet sehat saat puasa memang perlu Anda ketahui, supaya aktifitas puasa tetap berjalan lancar. Karena seringkali diet saat puasa justru menggagalkan niat ibadah, lantaran kesalahan dalam menerapkannya. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda salah menerapkan diet dan beresiko badan justru semakin melebar. Pastikan ikuti tips diet tersebut dengan komitmen dan niat yang serius!

 

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *