Tips Diet sehat Ibu Menyusui Agar Cepat Langsing

Tips Diet sehat Ibu Menyusui Agar Cepat Langsing– Diet jenis ini sering digunakan oleh ibu baru melahirkan yang kaget dengan perubahan bentuk tubuhnya. Umumnya mereka menginginkan kembali bentuk badan seperti sebelum kehamilan. Dikarenakan tidak percaya diri dengan penampilannya. Biasanya diet ibu menyusui akan jadi solusi, namun harus dilakukan dengan hati-hati karena akan mempengaruhi produksi ASI. Berbagai menu andalan untuk ibu menyusui juga direkomendasikan agar diet sehat lebih berhasil.

Karena banyak ibu menyusui yang ingin cepat-cepat mengembalikan bentuk tubuhnya seperti semula secara kilat. Tapi, tunggu dulu. Harus ingat masih ada bayi yang masih menyusui. Melakukan diet kilat bisa mempengaruhi produksi ASI. Apalagi jika memakai obat penurun berat badan, dan cara ini tidak dianjurkan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya tips diet sehat dalam artikel di bawah ini.

diet sehat ibu menyusui
diet sehat ibu menyusui

Tips diet sehat ibu menyusui

Sebenarnya saat ibu menyusui membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk memproduksi ASI. Jika nutrisinya kurang, maka yang akan rugi adalah diri sendiri. Untuk itu perlu lakukan diet sehat ibu menyusui, lakukan secara bertahap agar tidak mempengaruhi produksi ASI. Berikut tips yang bisa digunakan.

Pastikan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh

Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan cara minum air putih yang cukup. Karena bisa mempengaruhi jumlah produksi ASI. Minimal yang diminum untuk ibu menyusui adalah dua liter atau sekitar delapan gelas sehari. Agar tidak bosan bisa juga dikombinasikan dengan konsumsi jus buah dan susu.

Jauhi makanan berkadar gula tinggi

Tips diet sehat ibu menyusui selanjutnya adalah menghindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Pasalnya makanan tersebut tidak bisa membantu memenuhi kadar nutrisi pada ibu menyusui. Akan lebih baik mengganti makanan manis dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan serat. Seperti biskuit, coklat, dan kue dengan camilan sehat, misalnya biji matahari, kismis, dan biji labu. Selain itu pilih menu daging tanpa lemak dan salad sayuran yang kaya serat.

Konsumsi asam lemak esensial dan vitamin D

Asam lemak esensial seperti AA dan DHA yang dihasilkan dari omega 6 dan omega 3 merupakan kebutuhan nutrisi yang esensial bagi pertumbuhan si kecil. Dan nutrisi tersebut bisa ditemui di dalam berbagai jenis makanan ikan laut, seperti tuna, salmon, dan sarden. Mengonsumsi asam lemak esensial yang cukup, akan membantu proses perkembangan otak dan visual secara optimal. Sedangkan vitamin D juga merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang. Dengan konsumsi vitamin D yang cukup akan membantu si kecil terkena penyakit tulang.

Ketahui jenis makanan yang berdampak pada ASI

Pastikan mencatat apabila ada jenis makanan yang menyebabkan si kecil tidak merasa nyaman setelah menerima ASI. Misalnya si kecil terlihat gelisah atau menangis. Perhatikan makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Apakah yang dikonsumsi bersifat pedas, berpotensi alergi atau sebagainya. Lakukan konsultasi dengan dokter secepatnya agar dapat mengambil langkah selanjutnya. Karena itu juga akan mempengaruhi menu diet sehat ibu menyusui selanjutnya.

Sering menyusui bayi

Memang kelihatan sepele, ternyata sering menyusui bayi bisa menurunkan berat badan. Berikan ASI ekslusif pada bayi. Dengan sering memberikan ASI akan memperlancar produksinya sehingga seluruh zat dan bahkan lemak yang terkandung pada bayi akan ditransfer ke bayi. Tidak mustahi lagi bisa menurunkan berat badan sebesar 0,6 – 0,8 kilogram setiap bulan secara alami jika menyusui bayi secara intensif.

Olahraga

Tips diet sehat ibu menyusui selanjutnya adalah olahraga. Selama ibu menyusui, dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin. Ingat, olahraga ringan seperti jalan kaki. Karena dengan melakukan olahraga menyebabkan otot-otot yang mengendur pasca melahirkan akan kencang kembali. Selain itu massa tulang akan lebih padat. Tapi lakukan ketika si kecil sudah tidur. Sedangkan durasinya antara 10 sampai 30 menit.

Itulah beberapa tips diet  yang bisa dilakukan ibu menyusui. Pada masa menyusui, ketahui pola makan yang sehat dan seimbang. Makanan yang harus dikonsumsi terdiri atas makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, berbagai macam sayuran dan buah, makanan yang memgandung protein, dan susu. Nah, agar program diet untuk ibu menyusui lebih terarah dan berhasil. Berikut contoh menu yang bisa dijadikan rekomendasi makanan sehari-hari.

Contoh menu diet sehat ibu menyusui

Ayam panggang dan sayur pakcoy

Ayam diketahui sangat baik untuk ibu menyusui.  Menu ini bisa dimasukkan ke dalam menu diet sehat ibu menyusui. Karena ayam diketahui mengandung protein dan zat besi yang bagus untuk kesehatan. Sebagai teman tambahan ayam panggang, tambahkan sayur pakcoy. Pakcoy diketahui mengandung berbagai nutrisi penting yang bagus untuk tubuh. Selain itu, setiap satu cangkir pakcoy hanya mengandung 9 kalori. Artinya sayur pakcoy mengandung rendah kalori dan itu membantu menjaga berat badan agar tetap stabil.

Ikan panggang dan tumis kangkung

Menu selanjutnya untuk diet sehat untuk ibu menyusui adalah ikan panggang dan tumis kangkung. Sudah jelas kalau ikan banyak mengandung nutrisi yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Adapun manfaatnya adalah membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak, menyehatkan jantung, memenuhi kebutuhan vitamin D, bahkan bisa mengurangi depresi. Sedangkan kangkung memiliki serat yang sangat baik untuk pencernaan, mengandung vitamin A, bisa menambah energi, sampai kandungan asam folat yang tinggi.

Telur dadar bayam dan sup ayam

Telur merupakan salah satu penghasil protein yang harganya paling murah  dan mudah  dapatkan di antara lainnya. Perlu diketahui bahwa mengonsumsi lima telur sehari bisa memperlancar produksi ASI. Bukan hanya itu, telur juga merupakan sumber vitamin D yang tentunya baik untuk tulang dan gigi anak. Sedangkan bayam mengandung vitamin A dan C. Vitamin A yang akan membantu perkembangan dan pertumbuhan mata dan kulit bayi dan ibu. Dan vitamin C yang berfungsi untuk penyerapan zat besi, menyehatkan tulang, gigi, ligamen, dan pembuluh darah, serta mencegah infeksi. Tidak salah kan, memasukkan menu telur untuk diet sehat ibu menyusui.

Pecel sayur dan tahu telur

Berbagai macam sayuran bisa disantap dalam pecel sayur. Ada tauge, bayam, kol, dan kacang panjang, yang akan lebih lezat disantap jika diberi taburan bumbu kacang ditambah tahu telur. Masukkan menu tahu ke dalam diet sehat ibu menyusui. Karena tahu kaya akan kalsium yang manfaatnya baik untuk tulang. Sedangkan manfaat sayuran dan telur sudah dijelaskan di atas.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

 

Pepes tahu dan sayur asam

Sudah diketahui kalau tahu banyak nutrisinya yang baik untuk ibu menyusui karena kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Konsumsi tahu setiap hari agar ASI yang diberikan bayi lebih banyak mengandung kalsium. Karena manfaatnya banyak, masukkan diet sehat ibu menyusui.Untuk sayur asam sendiri yang berisi berbagai macam sayuran yang baik manfaatnya untuk kualitas dan kuantitas ASI.

Itulah beberapa contoh menu makanan diet sehat ibu menyusui. Ada berbagai macam menu yang bisa dipadu padankan, asalkan di dalam menu tersebut mengandung karbohidrat, protein, dan zat-zat lainnya. Untuk karbohidrat tidak melulu memakai nasi, jika bosan ganti dengan beras merah atau kentang. Dan jangan sampai lupa rutin konsumsi buah-buahan. Selamat mencoba.

About Aziza Linda Verra

Check Also

pengertian gaya hidup sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat. Seiring dengan trend akan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *