6 Tips Diet Santai dengan Melakukan Puasa Intermiten

Sumbersehat.com – Banyak tips diet santai yang bisa anda lakukan untuk usaha menurunkan berat badan. Salah satunya dengan puasa intermiten. Bagi umat muslim, pasti sudah terbiasa melakukan puasa dan ini sangat bermanfaat dalam upaya diet paling cepat kurus.

Puasa intermiten menurunkan berat badan dengan melibatkan seluruh atau sebagian waktu anda untuk tidak makan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa ada banyak manfaat seperti kesehatan yang lebih baik dan kehilangan lemak ketika melakukan puasa. Berikut ini tips diet santai dengan jenis-jenis puasa intermiten!

Inilah Tips Diet Santai dengan Melakukan Puasa Intermiten

Di bawah ini adalah 6 jenis puasa intermiten yang paling umum digunakan untuk diet paling cepat kurus, diantaranya:

1. Puasa 16 jam

Tips diet santai yang pertama adalah berpuasa 16 jam. Ini berarti Anda harus berpuasa selama 16 jam penuh setiap hari. Dalam upaya diet paling cepat kurus ini, Anda bisa makan selama 8 jam dan sisanya harus berpuasa. Itulah sebabnya orang menyebutnya metode 16:8 atau diet Leangains.

Baca juga : 4 Cara Diet Sehat dan Murah dengan Teh Oolong yang Mudah Dilakukan

Jika Anda pria, maka waktu berpuasa selama 16 jam setiap hari dan 14 jam untuk wanita. Sebuah hasil penelitian pada tikus menunjukkan bahwa puasa seperti ini mampu melindungi tubuh dari beberapa gangguan. Gangguan tersebut sepert diabetes, peradangan, penyakit hati, dan obesitas.

2. Puasa 12 Jam

Metode puasa intermiten ini cocok untuk setiap orang yang sehat. Tips diet santai dengan berpuasa 12 jam ini memiliki aturan yang sangat sederhana untuk diikuti. Dimana, seseorang harus berpuasa selama 12 jam setiap hari dan bisa makan selama 12 jam.

Studi penelitian mengatakan bahwa puasa antara 10 dan 16 jam dapat mengakibatkan tubuh mengubah simpanan lemaknya menjadi energi. Energi khusus ini kemudian melepaskan keton ke dalam aliran darah. Itu berarti bisa membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan bisa menjadi diet paling cepat kurus.

3. Puasa 5: 2

Pada puasa intermiten 5:2 ini adalah puasa kalori. Dimana, anda harus membatasi asupan kalori dengan perbandingan 5 hari makan biasa dan 2 hari membatasi jumlah asupan kalori. Pembatasan ini 500 kalori untuk wanita dan 600 kalori untuk wanita setiap 2 hari setiap minggu. Banyak yang mengatakan, jika itu diet paling cepat kurus.

Tips diet santai dengan puasa 5:2, Misalnya, Senin sampai Kamis, Anda biasanya makan. Kemudian, pada hari Kamis, Anda mengonsumsi 2 makanan kecil sekitar 250 kalori untuk wanita, dan 300 untuk pria. Begitu pula di hari jum’at hanya konsumsi asupan 250 – 300 kalori saja.

4. Puasa Intermiten 24 Jam, Seminggu Sekali

Metode puasa intermiten 24 jam ini, seseorang dapat menikmati minuman dan teh bebas kalori. Berpuasa sepenuhnya untuk satu atau dua hari setiap minggu, bisa menjadi diet paling cepat kurus. Jadi, selama 24 jam, anda tidak makan, tapi masih bisa minum minuman tanpa kalori.

Untuk waktunya, bisa berpuasa dari sarapan sampai sarapan hari berikutnya, atau makan siang sampai makan siang pada hari berikutnya. Selama berpuasa 24 jam, Anda masih dapat minum teh, air, atau minuman bebas kalori lainnya. Untuk menghindari efek samping, Anda harus menerapkan pola makan rutin pada hari-hari tidak puasa.

5. Melewatkan Makanan di Awal untuk Menurunkan Berat Badan

Cara diet paling cepat kurus dengan puasa intermiten berikutnya adalah tidak makan di awal hari anda. Jika anda memilih metode ini, langkahnya cukup mudah dan tidak perlu rencana khusus. Cukup melewatkan makan dari waktu ke waktu dan itu mungkin menjadi tepat saat Anda tidak lapar.

Baca juga : 7 Tips Diet Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu 30 Hari

Misalnya, jika Anda tidak merasa lapar, maka, lewati sarapan dan makan siang. Lalu, saat malamnya, makanlah makanan sehat. Meskipun tanpa trik khusus, tips diet santai dengan puasa seperti ini bisa memberikan efek buruk, terutama bila anda mempunyai maag.

6. Puasa Hari Alternatif

Anda akan menemukan beberapa variasi program puasa alternatif yang melibatkan puasa intermiten setiap hari. Bagi kebanyakan orang, puasa alternatif mengacu pada tidak mengonsumsi makanan padat saat puasa. Dengan melakukan tips diet santai ini, diperkirakan berhasil membakar hingga 500 kalori.

Selama istirahat dari puasa, Anda dapat memilih makan apa pun yang Anda inginkan. Studi menunjukkan bahwa puasa intermiten ini adalah efektif untuk kesehatan jantung dan penurunan berat badan. Baik bagi Anda yang sehat atau kelebihan berat badan. Ini merupakan jenis puasa intermiten yang cukup intens.

Oleh karena itu, mungkin tidak sesuai untuk pemula atau seseorang dengan kondisi kesehatan atau penyakit kronis. Ada baiknya, jika anda berkonsultasi kepada dokter jika memiliki penyakit tertentu sebelum melakukan metode diet paling cepat kurus ini.

Itulah tips diet santai dengan melakukan puasa intermiten. Jika anda kurang cocok dengan metode diet ini, bisa memilih metode diet lainnya di Sumber Sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *