Jalani 8 Tips Diet Saat Lebaran Idul Adha Ini! Makan Banyak, Berat Tetap

By

Sumbersehat.com – Lebaran idul adha identik dengan beragam olahan menu daging, baik daging sapi, kambing maupun kerbau yang diolah dalam beragam resep menggoda dan menerbitkan selera makan. Namun, bagi yang sedang diet, ini tentu cobaan agar tidak khilaf. Sehingga butuh tips diet saat lebaran idul adha agar tetap terkontrol makanya.

Tips-tips berikut ini sangat mudah, sehingga cocok dan bisa dilakukan oleh pelaku diet yang sedang berjuang menjaga angka timbangan tidak bergerak ke kanan. Mengingat, rendang dan kawan-kawannya berpotensi menghabiskan nasi berpiring-piring serta santan yummy yang membuat lidah terus nambah dan nambah lagi.

tips diet saat lebaran idul adha

Tips Diet Saat Lebaran Idul Adha Untuk Makan Tenang Diet Lancar

Ada beberapa langkah yang wajib Anda lakukan jika ingin tetap langsing walau makan besar di hari raya. Adapun langkah-langkah tersebut adalah:

Ubah mindset

Hal pertama yang harus dilakukan untuk program tips diet saat lebaran idul adha adalah mengubah pola pikir atau mindset. Dahsyatnya mindset menjadikan seseorang menjadi semangat tidaknya dalam melakukan hal tersebut.

Dengan adanya mindset yang benar maka seseorang akan mudah dalam menjalani harinya, termasuk alasan mengapa penting melakukan diet sehat. Untuk mengubah mindset sehat, maka dapat ditekankan tujuan diet adalah menjaga pola makan dan pola hidup sehat setiap hari untuk kebaikan bersama.

Tentu akan banyak manfaat jika teratur dilakukan setiap hari program tips diet saat lebaran idul adha 2020 ini meski sedang tidak dalam masa lebaran idul adha.

Rajin Bergerak

Anda bisa menurunkan kalori meski sedang menjalankan diet, karena baik diet hari biasa maupun diet saat program tips diet saat lebaran idul adha. Karena dengan aktif bergerak saat melakukan aktivitas sehari-hari. Kalori pun bisa terbakar dan tidak menumpuk di bawah kulit.

Misalnya dengan kegiatan menyapu, mengepel, dan membersihkan rumah setiap hari. Atau pergilah berbelanja dengan jalan kaki apabila tempatnya tidak begitu jauh. Mengajak anak bermain sepanjang hari juga dapat membantu tubuh Anda bergerak setiap saat meski program diet.

Apabila Anda harus menuju lantai atas di suatu gedung, memanfaatkan tangga daripada naik lift atau eskalator, sehingga bisa tetap membakar kalori. Mudah sekali bukan? Ya memang tips diet mudah saat lebaran idul adha ini bisa dilakukan banyak orang tanpa riwayat kesehatan serius.

Pola Makan Agar Tips Diet Saat Lebaran Idul Adha Berjalan Lancar

Adapun pola makan saat hari raya idul adha yang harus anda lakukan adalah:

Minum Air Putih

Tips diet saat lebaran idul adha bisa cepat terlihat hasilnya jika rajin meminum air putih. Telah lama diketahui khasiat air putih dalam menyehatkan tubuh. Air putih juga mampu melancarkan proses metabolisme tubuh. Sehingga, lemak dan racun di tubuh dibuang melalui air kencing, keringat dan kotoran.

Cara  tips diet cepat saat lebaran idul adha dapat dimulai dengan minum air putih minimal 2 liter setiap hari atau minimal 8 gelas sehari. Minum 3 gelas ketika lapar pada jam 9 pagi dan 3 sore. Karena, pada jam tersebut sebenarnya tubuh bukan memberikan sinyal lapar, melainkan sinyal haus.

Buah dan Sayur

Buah dan sayur kaya akan serat. Memakan buah dan sayur setiap hari membantu melancarkan proses pencernaan. Sehingga, kotoran tak akan sempat menumpuk di tubuh dan membuat perut buncit. Memakan buah dan sayur, baik dilakukan sebelum makan ketika menjalani program tips diet saat lebaran idul adha.

Buah dan sayur yang mudah dicerna dalam tubuh akan membuat makanan di atasnya ikut tercerna dengan zat dari sayur dan buah tersebut. Sehingga, makanan yang dimakan akan mudah tercerna seperti buah dan sayur. Adapun buah dan sayur yang baik dikonsumsi saat diet adalah buah dan sayur berkalori rendah.

Minum Air Jeruk Lemon

Lemon merupakan senyawa peluntur lemak yang sangat efektif. Selain itu, lemon juga dapat menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga tidak heran jika resep tips diet saat lebaran idul adha ini disarankan untuk konsumsi air lemon.

Caranya yaitu dengan melarutkan perasan 2 buah lemon dengan segelas air hangat. Diminum pagi sebelum makan. Bagi penderita maag, tidak perlu khawatir penyakitnya akan kambuh. Karena, air lemon dengan air hangat serta madu, tidak memicu asam lambung naik.

Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Ada kecenderungan makan sambil diburu waktu membuat makanan tidak terkunyah dengan baik dan tidak lembut saat masuk ke lambung. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan kelebihan berat badan. Mengunyah makanan secara perlahan membantu otak merespon sinyal dari lambung bahwa lambung telah terisi penuh.

Sangat tepat dilakukan bila sedang melakukan tips diet saat lebaran idul adha, karena dapat menekan nafsu makan. Selain itu, hal tersebut meminimalisir masuknya gas ke dalam lambung yang menyebabkan perut kembung.

Makan Dalam Piring Kecil

Piring ukuran kecil ternyata membantu mensugesti pikiran untuk tidak mengambil makanan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, tips diet saat lebaran idul adha selanjutnya adalah gunakan piring kecil saat mengambil makanan yang tidak baik untuk tubuh.

Sebaliknya agar tips diet mudah saat lebaran idul adha tetap konsisten, gunakan piring besar untuk mengambil makanan yang bermanfaat untuk tubuh. Khususnya, makanan yang dapat membantu program diet seperti buah, sayur, dan makanan yang mengandung protein.

Minum Teh Hijau

Teh hijau bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh. Hal ini tentu sangat berkhasiat bagi yang sedang melaksanakan tips diet saat lebaran idul adha. Karena, metabolisme tubuh yang baik sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

Sehingga dapat dipastikan bagi yang mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan berat badannya dengan cepat. Tak hanya berat badan yang berkurang, ternyata teh ini juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan diabetes dan kanker.

Meminum Jus Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe Vera tanaman sejuta manfaat. Selain untuk kecantikan dan kesehatan rambut ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk tips diet sehat saat lebaran idul adha.

Lidah buaya dapat di jus dan dikonsumsi untuk membantu melancarkan program tips diet saat lebaran idul adha. Lidah buaya yang kaya akan serat membantu melancarkan pencernaan. Jangan khawatir akan rasanya yang tidak enak. Ada cara untuk mengolahnya menjadi jus yang sangat nikmat.

Yaitu dengan mengambil dagingnya dan mencuci kemudian merebus lidah buaya dengan air garam. Setelah itu cuci kembali dan rebus kembali. Blender dengan perasan jeruk nipis dan campuran buah, atau tambahkan madu.

Jangan Makan Sambil Melakukan Kegiatan yang Lain

Saat sedang makan untuk tips diet saat lebaran idul adha, fokuslah pada makanan. Jangan melakukan kegiatan lain seperti menonton televisi, membuka gawai, atau bermain game.

Kegiatan makan yang dibarengi dengan kegiatan lain akan menyebabkan  kehilangan fokus dan anda tidak tahu sudah seberapa banyak makanan yang telah disantap. Hal ini bisa berefek dengan meningkatnya porsi makanan yang dimakan pada saat itu, juga peningkatan porsi makan pada sesi makan yang berikutnya.

Demikian ulasan mengenai tips diet saat lebaran idul adha, agar dapat tetap makan dengan tenang bersama keluarga. Mengingat momen lebaran idul adha adalah momen berkumpul dengan keluarga sembari menikmati santapan lezat dari resep warisan leluhur dan kearifan budaya lokal. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar