Ikuti 8 Tips Diet Saat Idul Adha Agar Bobot Tubuh Tetap Ideal 

Sumbersehat.com – Mengetahui tips diet saat Idul Adha itu perlu karena saat momen ini, Anda akan menikmati makanan yang sangat menggugah selera. Itu bisa membuat bobot bertambah drastis dan juga sakit seperti hipertensi dan lainnya. Adanya daging kambing dan sapi yang begitu banyak, bisa membuat anda gelap mata saat makan.

Oleh karena itu, Anda harus bisa mengontrol pola makan saat hari raya ini. Namun, masih banyak orang yang belum tahu mengenai mengatur pola makan saat hari raya Qurban tiba. Bagi yang belum tahu, simak tips diet saat Idul Adha agar berat badan tetap terjaga!

tips diet saat Idul Adha

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Tips Diet Saat Hari Raya Idul Adha Lancar

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan lakukkan saat diet sehat hari raya qurban, berikut penjelasannya:

Niatkan dan Pola PIkir

Sebagian orang tidak dapat mengontrol kesehatan pada Idul Adha. Melahap daging qurban sepuasnya. Belum lagi makanan bersantan sebagai pendamping olahan daging. Berapa banyak kalori, kolesterol, dan lemak yang masuk ke dalam tubuh pada hari raya. Karenanya perhatikan tips diet saat Idul Adha ini.

Sebenarnya daging qurban bukanlah daging yang berbahaya bagi kesehatan. Namun kebanyakan orang mengkonsumsinya secara berlebih. Kandungan protein serta nutrisi penting pada daging sapi baik untuk kesehatan. Tips diet saat hari raya Idul Adha agar berat badan tetap terjaga ini diperlukan oleh banyak orang.

Cukup banyak tips diet saat Idul Adha. Asalkan taat pada yang telah dianjurkan, maka berat badan yang ideal tetap dapat terjaga. Tidak sulit juga mempraktekannya. Luruskan niat dan pikirkan kesehatan setelah hari raya qurban berakhir. Niscaya tidak akan berat melaksanakannya.

Selanjutnya akan dipaparkan tips diet saat Idul Adha agar berat badan tetap terjaga. Yang pertama tentu saja niat yang kuat. Usahakan untuk memberitahukan pada keluarga bahwa anda berniat menjaga kesehatan dan berat badan saat hari raya. Minta mereka mengingatkan bila melihat terjadi pelanggaran atas niat di awal.

Air Putih

Tips diet saat Idul Adha yang juga selalu menjadi andalan dalam diet apa pun adalah meminum air putih. Menjaga asupan cairan tubuh dengan air putih menjamin bahwa tidak akan terlalu banyak kalori dan gula yang mampir ke dalam tubuh. Biasanya minuman selain air putih yang disediakan pada Idul Adha banyak zat-zat berbahaya.

Olahraga

Untuk tips diet saat hari raya Idul Adha agar berat badan tetap terjaga yang berikutnya adalah dengan tetap melakukan aktivitas fisik. Ya biasanya momen liburan menjadi sarana istirahat dan bermalas-malasan dengan alasan berlibur. Sayangnya justru hal ini sangat mengganggu metabolisme dan menumpuk kalori karena proses pembakaran terhambat.

Buah dan Sayur

Tips diet saat Idul Adha yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Kandungan karbohidrat dan serat mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Usahakan sebelum berhari raya, sarapan terlebih dahulu dan bekali diri dengan buah dan sayur agar tidak mudah tergoda oleh olahan daging dan santan saat Idul Adha.

Cek Timbangan

Langkah selanjutnya tips diet saat Idul Adha agar berat badan tetap terjaga ialah dengan cara mempersenjatai diri dengan timbangan. Iya dengan menggunakan timbangan bisa menjadi salah satu solusi yang cukup ampuh. Banyak pelaku diet yang berhasil melewati diet karena rajin mengontrol bobot tubuh dengan alat satu ini.

Olah Daging Dengan Baik

Tips diet saat Idul Adha yang juga perlu diperhatikan adalah cara mengolah daging qurban. Menurut penelitian ternyata daging kambing justru kandungan lemak baiknya sangat bagus bagi tubuh. Sayangnya proses pengolahannya ketika hari raya banyak yang menyimpang. Maka yang muncul adalah efek yang kurang baik bagi tubuh.

Tips diet saat hari raya Idul Adha agar berat badan tetap terjaga terkait pengolahan daging qurban yaitu proses pengolahan santan. Santan mentah pada dasarnya menyehatkan karena mengandung berbagai vitamin, magnesium, kalsium, fosfor, selenium, zat besi. Namun, lemak jahat dihasilkan oleh santan saat terjadi proses pemanasan (dimasak).

Asam lemak yang baik pada santan berubah menjadi lemak jenuh. Lemak jenuh inilah yang nantinya akan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Resikonya penyumbatan pembuluh darah dan akan merambat kemana-mana. Begitulah tips diet saat Idul Adha terkait pengolahan santan.

Bangun Awal

Perhatikan tips diet saat Idul Adha agar berat badan tetap terjaga berikut ini yaitu dengan cara bangun lebih awal. Ya dengan bangun lebih awal, anda seperti memiliki otoritas sendiri untuk menjaga program diet. Bangun lebih awal memberikan kesempatan untuk menyiapkan makanan untuk program diet yang sedang dijalankan.

Bandingkan jika bangun belakangan, yang ada hanya bisa pasrah dengan makanan yang sudah disediakan. Untuk memasak sendiri rasanya sulit karena hari raya biasanya merupakan hari yang sibuk dengan berbagai kegiatan silaturahim. Jadi ini adalah tips diet saat Idul Adha yang dapat dilakukan dengan cukup mudah.

Tips diet saat hari raya qurban agar berat badan tetap terjaga yaitu isi dengan kesibukan yang membuat lupa lezatnya hidangan. Dengan adanya kesibukan yang menyegarkan otak, maka bayang-bayang lezatnya makanan akan terhapus. Coba saja bila terus-terusan diam di rumah, yang terjadi bolak-balik menyantap hidangan yang tersedia.

No Excuse

Yang patut mendapat perhatian dalam tips diet saat Idul Adha adalah tidak melakukan excuse. Maksudnya adalah memberi pemakluman perihal makan enak. Ah tidak apa toh hanya setahun sekali. Well, it’s a big no. Pemakluman ini justru berbahaya bagi program diet. Hal ini akan menjadi kebiasaan buruk dan membuat program diet gagal.

Bagaimana menurut anda, apakah tips diet saat hari raya qurban agar berat badan tetap terjaga mudah dilakukan? Dapatkah membantu anda mempertahankan berat badan ideal? Atau mungkin anda memang sedang dalam rangka menurunkan bobot tubuh anda saat ini? Tips-tips di atas bisa diterapkan sesuai dengan keadaan tubuh anda.

Semoga beberapa tips diet saat Idul Adha yang telah disebutkan dapat menjadi pedoman bagi anda. Baik yang sedang melaksanakan diet atau mungkin merencanakannya. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya konsultasikan kepada dokter langganan anda. Dengan demikian hasil yang didapat dapat lebih optimal.

Dengan kehadiran dokter saat melakukan tips diet saat hari raya qurban  agar berat badan tetap terjaga, akan lebih mudah bagi anda mengukur tingkat keberhasilan program diet yang sedang diusahakan. Namun hal terpenting dari semuanya ya tentu saja kembali pada diri sendiri.

Tips diet saat Idul Adha yang paling utama adalah niat. Selain itu tidak giat dan disiplin dalam melaksanakan program diet. Seringkali yang membuat program diet mengalami kegagalan adalah kebiasaan diri yang sering memberi pemakluman. Jangan coba-coba memberi pemakluman meskipun hanya sekali.

Tips diet saat Idul Adha agar berat badan tetap terjaga yaitu jangan lupakan peran keluarga yang paling dekat. Mereka yang paling berperan menyukseskan program diet selain diri anda. Sebentar lagi lebaran Idul Adha. Selamat merayakan hari raya Idul Adha dan melewatinya dengan tubuh sehat.

Bila anda merasa tips diet saat Idul Adha ini bermanfaat, maka jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Sehingga lebih banyak orang yang mendapatkan manfaatnya. Semoga kasus obesitas di Indonesia tidak melonjak tajam seperti yang diperkirakan oleh para ahli kesehatan di seluruh dunia. Indonesia sehat bebas obesitas.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *