Tips Aman Diet Sehat Ibu Menyusui

Tips aman diet sehat ibu menyusui. Banyak kaum ibu yang mengeluhkan perubahan tubuhnya setelah melahirkan. Kaget karena tubuh berubah menjadi lebih melebar dan membuat para ibu mengelus dada. Apakah Anda mengalaminya? Seringkali ibu yang mengalaminya ingin segera mengembalikan bentuk tubuhnya seperti keadaan semula.

Untuk dapat mengembalikan tubuh ke berat ideal bagi ibu menyusui harus hati-hati, tidak boleh sembarangan. Sebab mengingat ada bayi yang sedang menyusui. Melakukan diet secara kilat dapat memengaruhi produksi ASI Anda. Apalagi diet dengan mengonsumsi obat penurun berat badan. Hal ini sangat tidak dianjurkan bagi ibu yang sedang menyusui. Beberapa langkah dibawah ini dapat membantu Anda dalam program menurunkan berat badan.

diet sehat ibu menyusui
diet sehat ibu menyusui

Langkah-Langkah Diet Untuk Ibu Menyusui

Rajin Memberi Asi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam diet ini ialah dengan memberikan ASI eksklusif kepada si kecil. Memberikan ASI sesering mungkin kepada bayi, akan membuat produksi ASI lancar sehingga zat yang terkandung dalam ASI termasuk lemak ditransfer ke bayi. Cara ini efektif dalam melakukan diet sehat ibu menyusui. Jika dilakukan secara intens dapat menurunkan berat badan secara alami sebesar 0,6 sampai 0,8 kilogram setiap bulannya.

Makan Secara Teratur

Jangan berpikir bahwa diet harus mengurangi makan atau menunda-nunda makan. Apalagi bagi ibu yang menyusui, hal ini salah besar. Karena tindakan seperti itu akan mengurangi kualitas produksi ASI Anda. Diet yang tepat bagi ibu menyusui yaitu dengan mengatur pola makan. Anda harus memilih makanan yang mengandung gizi yang seimbang, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Selama Anda menjalankan diet sehat ibu menyusui, hindari mengonsumsi makanan cepat saji ataupun yang banyak mengandung MSG. Konsumsi makan-makanan yang sehat seperti sayuran serta buah-buahan. Ganti isi piring Anda dengan makanan sehat dan makanlah secara teratur. Makanan sehat tidak hanya membantu Anda untuk menurunkan berat badan tetapi juga baik untuk si kecil.

Pilihlah Makanan Sehat

Selain menerapkan pola makan secara teratur, Anda harus melengkapi diet dengan mengonsumsi makan-makanan yang sehat.  Ada banyak pilihan makanan sehat untuk ibu menyusui yang ingin diet.  Dengan banyaknya jenis makanan sehat, ibu menyusui tidak akan merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Di antara jenis makanan sehat yang bisa Anda pilih, yaitu beras merah, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, buah-buahan, Kacang dan biji-bijian, ikan salmon, roti gandum, telur, sayur-sayuran dan sereal. Selain memerhatikan jenis makanan, Anda juga harus memerhatikan cara penyajiannya, yaitu sebaiknya dengan cara direbus. Sebab, makanan yang direbus akan mengurangi jumlah kalori yang terdapat pada minyak.

Mengatur Porsi Makan

Porsi makan yang tepat untuk diet sehat ibu menyusui yaitu dengan porsi makan yang kecil namun sering. Tidak perlu porsi yang besar tapi untuk sekali makan. Karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas produksi ASI Anda. Selain itu, jangan menurunkan asupan makanan Anda secara tiba-tiba. Tetapi lakukanlah secara pertahap.

Melakukan Olahraga

Selama menyusui, Anda dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga. Rutin berolahraga akan membantu mengencangkan otot-otot yang mengendur pada tubuh pasca melahirkan. Selain itu olahraga juga akan membuat massa tulang Anda lebih padat. Tidak perlu olahraga yang berat-berat, cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging minimal tiga kali dalam seminggu. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam program mendapatkan berat badan yang ideal.

Pilihan Menu Makanan untuk Diet Sehat Ibu Menyusui

Asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu menyusui akan mempengaruhi kualitas ASI. Kunci utama diet sehat ibu menyusui ialah mengonsumsi makanan yang bervariasi dan juga kaya akan protein. Selain mengonsumsi makanan sehat pilihan, usahakan selama melakukan diet sehat untuk mengonsumsi air putih secara cukup. Agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan dan juga akan berpengaruh menjaga kadar ASI dalam tubuh. Berikut ini menu makanan pilihan untuk diet bagi ibu menyusui.

  • Lima porsi sayur dan buah setiap hari. Baik itu buah segar, buah beku, maupun produk buah-buahan yang telah dikeringkan.
  • Karbohidrat dasar, seperti mie, roti, nasi, gandum, dan pasta dalam porsi secukupnya.
  • Konsumsi makanan mengandung serat yang banyak, seperti buah-buahan, beragam jenis sayuran, dan produk dengan bahan dasar gandum utuh.
  • Konsumsi protein, seperti daging tanpa lemak, telur, ikan, unggas dan kacang-kacangan.
  • Konsumsi kalsium dari susu dan produk olahan susu, seperti yogurt dan keju.
  • Konsumsi ikan, setidaknya dua porsi dalam satu minggu dengan satu porsi makanan yang mengandung kaya akan minyak ikan.

Selain memerhatikan jenis makanan yang harus dikonsumsi, Anda juga harus menghindari beberapa jenis makanan. Banyak jenis makanan yang memicu naiknya berat badan. Secara tidak sadar barangkali kita sering mengonsumsinya. Bila Anda ingin melakukan diet, sebaiknya mulai sekarang tinggalkan kebiasaan mengonsumsi jenis makanan tersebut. Di antaranya yaitu makanan mengandung kadar gula yang tinggi.

Makanan yang tinggi kadar gulanya seringkali tidak dapat membantu memenuhi kandungan nutrisi bagi ibu menyusui. Selain itu juga mengakibatkan bertambahnya berat badan. Anda bisa mengganti makanan manis untuk dikonsumsi, seperti biskuit, kue dan coklat dengan camilan yang sehat, seperti biji bunga matahari, dan biji labu dengan kismis. Sebagai upaya diet sehat ibu menyusui, Anda juga harus menghindari jenis makanan goreng-gorengan. Selain tidak sehat, goreng-gorengan banyak mengandung lemak.

Mengonsumsi ikan salmon dan sarden juga bisa menjadi pilihan tepat sebagai sumber protein untuk tumbuh kembang si kecil saat Anda menyusui. Apabila setelah menerima ASI si kecil terlihat gelisah, perhatikan jenis makanan yang telah Anda konsumsi. Apakah Anda mengonsumsi makanan pedas, berpotensi menyebabkan alergi atau lain sebagainya. Konsultasikan pada dokter atau bidan apabila hal tersebut terjadi secara berulang. Pastikan Anda mencatat jenis makanan apa saja yang menyebabkan anak Anda menangis atau gelisah saat menyusu setiap kali Anda usai makan makanan tertentu.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Takaran Berat Badan yang Dibolehkan Bagi Ibu Menyusui

Boleh saja bagi ibu menyusui untuk menurunkan berat badan yang meningkat selama hamil. Namun, ada takaran penurunan berat badan yang dibolehkan. Penurunan sekitar 0,5 sampai 1 kilogram setiap minggunya tergolong aman bagi produksi ASI. Melakukan pola makan sehat serta olahraga dengan intensitas sedang, akan dapat membuat berat badan ibu menyusui turun rata-rata 0,5 kilogram dalam satu minggu. Kedua hal tersebut efektif dalam diet sehat ibu menyusui dibandingkan melakukan diet rendah kalori dalam masa ibu menyusui.

Demikianlah tipsserta langkah-langkah dalam diet sehat ibu menyusui. Dengan cara-cara tersebut, berat badan Anda akan turun secara bertahap dalam waktu satu tahun. Hindari melakukan penurunan berat badan secara tiba-tiba dan jumlah asupan kalori. Karena hal tersebut akan dapat berdampak terhadap produksi ASI Anda. Lakukanlah diet secara aman dan sehat tanpa menggunakan obat-obatan yang tidak aman bagi ibu menyusui.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *