13 Tips Agar Lahiran Normal Paling Penting Diperhatikan

Kehadiran buah hati tentu merupakan dambaan setiap keluarga. Beberapa mungkin mengalami kesulitan mendapatkan anak. Beberapa lainnya nampak sangat biasa dan diberi kemudahan. Siapapun tidak dapat memprediksikannya. Termasuk ketika memilih proses lahiran, apakah normal atau harus operasi. Bicara masalah lahiran normal, apalagi anak pertama anda harus tahu nih 13 tips agar lahiran normal.

Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman saat istri melahirkan mulai dari anak pertama hingga anak ke dua. Alhamdulillah semuanya lahir dengan normal, lancar dan sehat. Mau tahu apa saja tips yang saya gunakan? berikut adalah uraiannya, yuk baca.

1. Rutin Berolahraga

Meski dalam kondisi hamil, pastikan Anda tidak lupa untuk tetap bergerak. Dalam hal ini, olahraga ringan sangat di anjurkan. Beberapa pakar mengatakan senam dan yoga sangat baik untuk ibu hamil. Ketika mendekati hari lahiran, maka perbanyak jalan santai atau bergerak.

Dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur, maka otot-otot pada rahim akan terjaga dengan baik. Sehingga ketika proses lahiran akan lebih siap. Rahim ibu akan terlatih dengan baik dan tidak akan ada banyak masalah saat persalinan dilakukan.

2. Tidak Stres

Ibu hamil memang memiliki suasana hati yang dapat berubah dengan cepat. Tentu ini sangat mempengaruhi kondisi janin. Hormon wanita yang tengah hamil akan sangat labil, hal ini akan memicu amarahnya. Jadi jangan heran jika wanita yang tengah hamil  akan mudah sekali emosi.

Pastikan Anda tetap dalam kondisi bahagia dan tidak stres agar proses bersalin dengan cara normal dapat berjalan dengan lancar. Salah satu tips agar lahiran normal yang dapat anda gunakan adalah dengan membuat pikiran selalu tetap rileks dan santai.

3. Mengepel Rumah

Untuk memudahkan proses lahiran maka mengepel rumah bisa jadi solusi yang paling mudah. Pada saat mengepel rumah, jangan gunakan alat pel. Lakukanlah secara manual. Tips agar lahiran normal berikut ini tidak hanya memudahkan lahiran tapi juga membantu mengatur posisi bayi menjelang persalinan.

Ini mungkin terlihat sangat sepele sekali, namun percaya atau tidak hal ini sangatlah berpengaruh besar apa proses persalinan nantinya. Posisi bayi pada saat wanita pel akan memposisikan bayi dengan baik sehingga akan membantu mempermudah proses lahiran nantinya.

4. Makan Makanan yang Bergizi

Pastikan Anda mencukupi nutrisi diri sendiri. Sebab pada proses bersalin nantinya, Anda akan mengeluarkan banyak tenaga. Tidak hanya itu, makanan yang bergizi juga merupakan asupan terbaik untuk anak di dalam kandungan.

Asupan nutrisi yang cukup dapat meningkatkan kualitas ibu hamil dan janinnya. Selain itu, asupan nutrisi dan gizi yang cukup dapat meningkatkan stamina ibu hamil yang akan sangat membantu ketika proses lahiran.

5. Latihan Pernapasan Saat Melahirkan

Ketika melahirkan normal, maka tidak hanya tenaga saja yang harus kuat. Nafas pun harus bisa Anda kendalikan. Dalam melahirkan, bidan akan memberikan pengarahan bagaimana cara mengambil nafas dengan baik di tengah-tengah rasa sakit kontraksi. Anda bisa mulai dari melakukan jalan santai atau berenang. Keduanya cukup baik untuk melatih pernapasan.

Lakukan hal ini secara  rutin setiap hari beberapa bulan menjelang persalinan.  Anda bisa melakukan dengan berjalan santai keliling rumah ataupun belajar Yoga kehamilan. Namun jangan asal, lakukan dengan bimbingan ahlinya.

6. Berendam Dengan Air Panas

Tips agar lahiran normal selanjutnya adalah bisa dengan meluangkan waktu untuk berendam. Tapi, air untuk berendam bagi ibu hamil wajib diperhatikan. Sebaiknya ibu hamil bisa berendam dengan menggunakan air panas atau yang hangat. Ini akan sangat membantu melancarkan persalinan.

Air panas yang digunakan cukup hangat kuku atau lebih panas sedikit dari itu. Namun jangan berlebihan Cukup lakukan selama 15 hingga 30 menit saja setiap harinya. Apabila dilakukan dengan rutin maka cara ini bisa bisa sangat membantu.

7. Banyak Minum Air Putih

Tidak mudah melewati masa kontraksi dan menantikan moment lahiran normal. Melahirkan tentu bukan perkara yang mudah. Ada berbagai kondisi yang bisa saja timbul. Mulai dari kelelahan, dehidrasi atau bisa jadi yang lainnya.

Persiapan konsumsi air putih dan mencukupi kebutuhan cairan adalah salah satu cara sederhana yang akan sangat membantu pada saat proses lahiran.

8. Jangan Dengar Omongan Mengerikan

Setiap ibu pasti punya pengalaman melahirkannya masing-masing. Setidaknya, Anda mampu memilah mana yang bisa dijadikan pelajaran dan mana yang tidak. Upayakan untuk tidak stress dari berbagai masukan tidak baik atau saran yang menyimpang. Fokuslah pada proses lahiran bayi saja.

Anda bersama dengan suami harus menciptakan suasana yang memang menyenangkan dengan proses persalinan nantinya. Ciptakanlah suasana hati yang bagus dan nyaman saat menuju proses persalinan.

9. Jangan Merokok dan Miras

Tips agar lahiran normal selanjutnya adalah hinfari miras dan rokok. Kita tahu bahwa merokok dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Bahkan beberapa tampilan rokok pun menjelaskan bagaimana bahaya yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu pastikan Anda tidak merokok atau miras di saat mendekati lahiran.

10. Bersama Sahabat

Menjelang bersalin tentu akan ada banyak  perasaan yang Anda rasakan. Hal ini jika tidak diluapkan akan menjadi boomerang pada diri sendiri. Setidaknya dengan sharing bersama sahabat dapat membuat Anda jauh lebih tenang.

11. Bekali Diri Dengan Ilmu

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Termasuk belajar perihal cara melahirkan secara normal. Memang bukan hal yang mudah. Tapi, Anda wajib coba. Salah satu contoh yang bisa Anda lakukan adalah belajar parenting.

12. Rutin Ikut Posyandu Ibu Hamil

Tips agar lahiran normal berikutnya adalah posyandu. Istilah posyandu mungkin kerap disematkan pada anak-anak saja. Kenyataannya, program posyandu dimulai sejak seorang ibu hamil. Setiap periode kehamilannya akan terus di pantau. Mulai dari berat badan, tekanan darah dan berbagai tindakan agar dapat memantau perkembangan kesehatan ibu hamil.

Dengan ikut posyandu, maka ibu hamil akan dengan baik mendapatkan informasi penting terkait perkembangan janin dan proses lahiran nantinya.

13. Periksakan Diri Ke Dokter

Pada masa-masa mendekati proses bersalin, ada baiknya Anda rutin memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa posisi bayi dalam kondisi aman. Kalaupun tidak, maka ada waktu untuk mengupayakan agar posisi bayi bisa memungkinkan untuk melahirkan secara normal.

Lakukan proses pemeriksaan ini secara berkala. Hal ini akan membantu anda untuk mengetahui semua hal tentang proses persalinan nantinya dan apa saja hal yang boleh dan tidak oleh dilakukan pada saat proses pra persalinan itu dilakukan. Sehingga anda dan suami tidak khawatir lagi.

Dengan mengetahui beberapa tips agar lahiran normal diatas, Anda pasti berpikir bahwa melahirkan bukan perkara yang mudah, itu memang tepat. Namun, bukan suatu hal yang harus ditakuti karena itu bisa disiasati. Disatu sisi, mungkin banyak orang yang mungkin saja tidak dapat melupakan betapa sakitnya saat melahirkan seorang anak.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

Olahraga sehat untuk wanita

1 Tips Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Dapat Diterapkan Dimana Saja

1 Tips Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Dapat Diterapkan Dimana Saja. Suasana kota yang begitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *