Tidak Perlu Gunakan Obat Asam Urat, Lakukan Cara Ini Untuk Sembuh

Tidak Perlu Gunakan Obat Asam Urat, Lakukan Cara Ini Untuk Sembuh. Kondisi tubuh di atas usia 30 tahun masih rentan terserang asam urat yang mana disebabkan beberapa faktor. Selain dari konsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, ternyata asam urat bisa terjadi karena faktor keturunan. Oleh sebab itu penggunaan obat khusus asam urat mulai dihindari karena memberi efek buruk jangka panjang jika dikonsumsi tanpa anjuran dan resep dari dokter.

Seringkali kita menjumpai gangguan asam urat ini terjadi pada usia muda. Pergeseran gaya hidup seperti tidak mengatur pola makan lebih baik membuat asam urat semakin banyak muncul di usia muda. Karena itulah konsumsi obat khusus asam urat sendiri harus bisa dilakukan secara rutin agar tidak memberi efek buruk pada beberapa organ tubuh Anda.

obat asam urat
obat asam urat

Selama ini penggunaan obat asam urat sebenarnya tidak terlalu memberi efek baik jika dikonsumsi jangka panjang. Meskipun sudah menggunakan resep dari dokter, tentu saja konsumsi obat jangka panjang bisa mengganggu kesehatan. Sehingga butuh beberapa cara lain agar penderita asam urat bisa cepat sembuh, setidaknya tidak ada gangguan asam urat yang kambuh.

Cara Sembuh Selain Gunakan Obat Asam Urat

Mengurangi Makanan Berlemak

Masih ada kaitan antara menu makanan dengan kandungan lemak tinggi dan kadar purin tinggi. Oleh sebab itu ada daftar makanan yang harusnya Anda hindari diantaranya jeroan, hati ayam, kemudian otak, hingga daging bebek, dan juga kerang ataupun ikan sarden. Cukup banyak pantangan dari konsumsi makanan berlemak untuk penderita asam urat. Sehingga dari pengaturan konsumsi makanan sebaiknya dicermati agar tidak mengalami gangguan asam urat yang belum bisa dikontrol.

Makanan berlemak tinggi rata-rata mengandung purin

cukup besar. Sehingga penggunaan obat asam urat saat ini masih belum terlalu diminati karena adanya dampak buruk jangka panjang. Penanganan pasien asam urat yang sudah cukup berat harus menggunakan obat untuk bisa menetralkan kadar asam urat yang seharusnya bisa dikurangi dengan mengatur pola makan.

Mengurangi Konsumsi Minuman Mengandung Purin

Tidak hanya fokus pada pencegahan mengkonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi. Akan tetapi sebisa mungkin Anda harus mengkonsumsi minuman yang mengandung purin tinggi. Beberapa bentuk minuman dengan kandungan purin tinggi diantaranya kopi, bir, kemudian alkohol. Untuk itulah bagi Anda yang masih sering konsumsi minuman dengan kadar purin tinggi hendaknya mulai mengatur dan membatasi agar tidak mengalami masalah seperti gangguan asam urat.

Hingga sekarang konsumsi obat asam urat tentu memberi efek kurang baik ke banyak pihak. Sehingga ada beberapa hal baru membuat konsep dari pengembangan konsumsi obat khusus asam urat bisa dihentikan sementara waktu kemudian mencari cara lain yang nantinya disajikan untuk memperbaiki kualitas gaya hidup penderita asam urat.

Konsumsi Buah dan Sayuran Untuk Turunkan Kadar Asam Urat

Masih cukup penting dalam mendapatkan standar hidup lebih sehat dengan cara mengkonsumsi buah dan sayuran dengan kadar purin rendah. Tujuannya untuk mengurangi kadar purin di dalam tubuh, kemudian bisa menstabilkan kondisi tubuh sehingga tidak lagi mengalami gangguan asam urat terlalu sering. Terkadang beberapa masyarakat dengan usia rentan masih kurang fokus pada merubah gaya hidup sehatnya. Sehingga dari konsumsi buah dan sayuran dengan tujuan turunkan kadar asam urat adalah cara terbaik.

Memilih obat asam urat di pasaran sudah pasti melihat komposisi dan juga dosisnya. Selama ini konsumsi dari obat khusus asam urat masih kurang dimaksimalkan. Sehingga Anda pun perlu mencoba untuk beralih ke metode sederhana dan mudah yakni konsumsi buah ceri, dan stroberi. Sedangkan untuk menu sayurannya bisa konsumsi seledri, bayam, tomat, hingga wortel agar kadar asam urat di dalam tubuh tidak berlebihan.

Menambah Asupan Omega 3

Jika selama ini Anda tidak memperhatikan konsumsi omega 3 mulai sekarang perlu adanya penambahan untuk mencegah terjadinya asam urat berlebihan. Karena itulah dengan konsumsi omega 3 dan omega 6 dari minyak ikan pastinya membantu peradangan karena sifatnya adalah antiinflamasi. Jadi sekarang Anda bisa memperhitungkan bagaimana jatah konsumsi dari omega 3 yang sebenarnya mudah dilakukan dengan menyediakan menu hidangan bertema ikan.

Selama ini minyak ikan atau dikenal dengan nama fish oil masih bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul. Jika Anda tidak ingin membeli obat asam urat sebaiknya konsumsi omega 3 dalam bentuk olahan ikan seperti tuna dan lainnya untuk mengurangi peradangan sendi termasuk peradangan akibat asam urat. Karena asam urat ini menyerang bagian persendian. Sehingga dari kadar asam urat berlebihan justru sering mengalami rasa sakit di bagian persendian jemari dan beberapa sendi lainnya.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih ternyata berperan penting untuk mencegah terjadinya asam urat. Sehingga dari beberapa kondisi tertentu pastinya konsumsi air putih bisa dalam kadar 8 sampai 10 gelas per hari. Selain untuk mengurangi kadar purin di dalam tubuh, tentu saja dari fungsi konsumsi air putih tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperlancar pembuangan asam urat melalui ginjal. Dari sinilah organ ginjal harus dalam keadaan prima. Maka dari itu konsumsi air putih adalah cara tepat.

Konsep penanganan sekaligus pencegahan asam urat tidak perlu menggunakan obat. Karena di dalam kandungan kima obat asam urat tidak selalu memberi manfaat positif ke pengguna. Dengan memulai cara-cara sederhana inilah Anda bisa menggunakan konsumsi air putih secara berkala dan rutin setidaknya 8-10 gelas per hari agar tidak mengalami dehidrasi dan kondisi ginjal dalam keadaan prima untuk mengeluarkan purin.

Membatasi Makanan Manis Seperti Gula dan Susu

Gula dan susu sebaiknya tidak perlu dikonsumsi dalam kadar tinggi oleh penderita asam urat. Untuk itulah Anda perlu mencoba untuk melakukan pembatasan ataupun mengurangi konsumsi gula dan susu. Sehingga dari dampaknya bisa lebih baik pada kondisi tubuh yang tidak memiliki kadar purin berlebih. Jika selama ini Anda masih mengkonsumsi makanan seperti gula, telur dan susu sebaiknya hentikan dan ganti dengan menu makanan lain. Dari kombinasi menu makanan sehat bisa jadi solusi ataupun Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan menu makanan terbaik untuk penderita asam urat.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Rata-rata gangguan asam urat bisa terjadi karena kesalahan konsumsi makanan. Menggunakan obat asam urat justru bisa beri efek jangka panjang bila tidak dikonsumsi sesuai aturan dokter. Untuk itulah sejak awal mengkonsumsi obat akan ada pendampingan dari gaya hidup serta konsumsi makanan dan minuman lebih diatur secara ketat.

Kondisi parah dari sebuah asam urat harus segera mendapat penanganan serius. Karena itu di dalam obat asam urat inilah harus ada pendampingan lebih detail agar tidak fokus pada penggunaan obat secara menyeluruh, sampai akhirnya Anda bisa menggunakan banyak cara agar tidak mengalami gangguan asam urat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

cara menjaga kesehatan tenggorokan

Simak, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan tenggorokan menjadi ramai diperbincangkan terlebih saat pandemi menyerang. Masyarakat kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *