11 Khasiat Daun Sirih Merah Yang Termasuk Dalam Macam-Macam Tumbuhan Herbal

11 Khasiat Daun Sirih Merah Yang Termasuk Dalam Macam-Macam Tumbuhan Herbal. Siapa sih yang tak kenal dengan daun sirih ini. Daun yang dikenal sebagai salah satu tradisi yang dilestarikan nenek moyang kita. Daun sirih yang diyakini bisa menjadi penyedap di mulut yang bisa menghilangkan bau tak sedap. Bahkan ada banyak masyarakat yang menganggap jika daun sirih ini bisa memperkuat akar pada gigi manusia.

Daun sirih salah satu tanaman asli Indonesia yang proses pertumbuhannya dengan cara merambat pada batang pohon lain disekitarnya. Sebagai salah satu budaya dan tradisi, daun sirih serta buahnya biasa dikunyah dengan campuran bahan gambir, pinang, tembakau serta kapur. Akan tetapi mengunyah sirih dikaitkan dengan salah satu penyakit, yaitu kanker mulut serta pembentukan squamous cell carcinoma yang sifatnya malignan. Pada kapurnya terkandung suatu zat yang bisa membuat pengerutan gusi yang akan membuat gigi tanggal. Meskipun daun sirih sendiri mengandung antiseptik untuk mencegah gigi berlubang.

Tanaman sirih digunakan sebagai salah satu tanaman obat dan mempunyai peran penting dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun melayu. Di Negara Indonesia, tanaman sirih merupakan salah satu flora khas dari provinsi Kepulauan Riau. Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi upacara makan sirih saat upacara penyambutan tamu serta sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit. Meskipun demikian tanaman sirih sering dijumpai di seluruh wilayah Indonesia, dimanfaatkan atau hanya sekedar tanaman hias. Ada beberapa macam-macam tumbuhan herbal yang bisa didapatkan salah satunya dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun sirih, diantaranya.

macam-macam tumbuhan herbal
macam-macam tumbuhan herbal

Manfaat Daun Sirih Merah dalam Macam-Macam Tumbuhan Herbal

Mampu mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat yang pertama dari air rebusan daun sirih merah ini yaitu mampu mengatasi rasa tidak nyaman pada perut. Caranya sangat mudah, cukup minum air rebusan daun sirih. Dengan meminum air rebusan ini akan membantu perut menyerap mineral serta berbagai nutrisi yang berasal dari makanan. Tidak hanya itu, anda bisa mengoleskan minyak yang berasal dari daun sirih pada perut anda. Dengan begitu akan membuat perut anda terasa lebih nyaman.

Mampu mengobati asam urat

Ini merupakan salah satu manfaat daun sirih merah yang merupakan macam-macam tumbuhan herbal. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang bisa menyebabkan seseorang merasakan nyeri pada persendian ketika menggerakkan berbagai bagian tubuh. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih dan kapur sirih secara rutin akan membantu mengobati penyakit asam urat anda. Maka dari itu rajin dan rutin konsumsi daun sirih. Semua itu dilakukan untuk menjaga kesehatan sendi anda.

Mampu mengatasi masalah keputihan

Ini merupakan salah satu hal yang wajar dan sering dialami wanita. Memang keputihan merupakan hal yang wajar. Akan tetapi ada suatu kondisi tertentu dimana keputihan dikatakan bukan hal yang wajar. Keputihan yang mengganggu merupakan permasalahan pada organ intim wanita yang mengeluarkan cairan berwarna putih. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih merah secara bisa menghilangkan cairan putih.

Mampu menurunkan depresi

Manfaat daun sirih merah selanjutnya yaitu mampu menurunkan depresi. Hal ini diungkapkan jika khasiat daun sirih merah yang termasuk dalam macam-macam tumbuhan herbal berguna untuk mengendalikan gejala depresi. Saat mengunyah atau saat meminum air rebusan daun sirih merah, akan membuat otak memproduksi lebih banyak hormone bernama serotonin. Dengan banyaknya hormon ini akan membuat seseorang lebih bahagia. Untuk anda yang sedang depresi, coba konsumsi daun sirih ini baik itu dikunyah atau dengan air rebusannya.

Mampu meredakan batuk

Ini merupakan salah satu khasiat daun sirih yang sampai saat masih dipercaya adalah kemampuannya dalam mengatasi batuk. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirih untuk mengatasi batuk anda. Di dalamnya terkandung vitamin b, vitamin c dan alkaloid guna mengatasi peradangan yang menyebabkan batuk. Hanya dengan 5 lembar daun sirih merah dan rebus dengan air sebanyak 300 ml selama 15 hingga 20 menit. Anda bisa meminum air rebusan daun sirih ini sebanyak satu gelas dalam sehari.

Mampu mengobati penyakit jantung

Ini merupakan salah satu manfaat dari macam-macam tumbuhan herbal daun sirih yang luar biasa. Jantung merupakan salah organ vital yang penting guna menjaga keseimbangan sistem dalam tubuh. Apabila kesehatan organ jantung akan terjadi berbagai masalah kesehatan. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih setiap hari guna mengobati segala jenis penyakit jantung. Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirih masalah penyakit jantung anda akan terobati.

Mampu mengurangi bau badan

Percaya atau tidak jika daun sirih merah ini bisa mengurangi bau badan. Pada daun sirih merah terkandung suatu zat yang bisa mengurangi bau badan. Zat tersebut bernama estradiol serta klavikula. Dengan dua kandungan tersebut akan mengatur produksi hormone pada kelenjar keringat. Guna memperoleh manfaat pada daun sirih merah, anda dapat mengkonsumsi air rebusannya dengan rutin.

Mampu mengurangi bau tak sedap pada mulut

Anda punya masalah dengan bau mulut? Gunakan macam-macam tumbuhan herbal yang satu ini untuk mengatasi masalah anda. Karena dalam daun sirih merah ini terkandung senyawa yang bisa mengatasi masalah bau mulut. Senyawa tersebut adalaj capitol dan eugenol. Hanya dengan berkumur menggunakan air rebusannya.

Mampu menurunkan berat bedan

Anda punya berat badan yang tidak ideal dan ingin diet? Akan tetapi anda takut untuk mengkonsumsi obat diet yang beredar di pasaran. Anda bisa menggunakan daun sirih baik itu yang merah atau hijau. Karena pada daun sirih bisa meningkatkan sistem metabolism dan sekresi pencernaan pada tubuh. Hal tersebut sangan penting guna menurunkan berat badan.

Mampu mengobati penyakit pneumonia

Macam-macam tumbuhan herbal ini bisa mengobati penyakit. Salah satunya yaitu penyakit pneumonia. Daun sirih merah bisa anda gunakan sebagai obat alternatif untuk penyakit tersebut. Hanya dengan merebus sekitar 5 sampai 7 lembar daun sirih merah. Harus anda ketahui untuk meminumnya secara teratur.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Mampu mengobati tumor bersifat ringan

Khasiat selanjutnya dari daun sirih merah yaitu bisa mengobati tumor yang sifatnya ringan. Ingat ya, yang sifatnya ringan. Pada daun sirih merah mengandung zat antioksidan, flavonoid serta terpenoid. Ketiga kandungan tersebut bisa mengatasi tumor ringan yang berada di tubuh dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, sel darah putih akan semakin mudah untuk menghancurkan zat karsinogenik yang bisa memicu tumor.

Setelah selesai membaca pembahasan diatas, pasti anda lebih mengetahui tentang khasiat dari macam-macam tumbuhan herbal yang satu ini. Memang dauin sirih merah memiliki segudang khasiat yang berguna untuk anda. Akan tetapi sebeleum mengkonsumsi daun sirih merah, anda lebih baik melakukan konsultasi terlebih dahulu

About Ibnu Khamill

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *