Terapi untuk Skoliosis yang Wajib Diketahui Oleh Penderita

Sumbersehat.com – Terapi untuk skoliosis bisa menjadi solusi kesembuhan bagi penderita, sehingga harus diketahui penderita. Skoliosis merupakan suatu keadaan dimana melengkungnya tulang belakang seseorang yang membentuk seperti huruf C. Penyakit atau kelainan ini seringkali ditemukan atau dirasakan oleh anak-anak yang berada dalam masa sebelum pubertas 10-15 tahu.

Perkembangan dari skoliosis ini dapat bermula dari yang ringan hingga tingkat berat, khususnya pada seorang wanita yang mengalami pertambahan usia. Jika ternyata kondisi skoliosis ini semakin hari semakin parah, maka hal tersebut dapat memicu gangguan jantung, paru-paru, dan kelemahan pada tungkai lainnya. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui terapi untuk skoliosis.

terapi untuk skoliosisGejala Skoliosis

Sebelum membahas tentang terapi untuk skoliosis, ada baiknya jika mengulas dulu tentang gejala penyakit skoliosis. Perlu diketahui bahwa ada beberapa gejala yang timbul jika Anda mengalami skoliosis. Gejala tersebut adalah tubuh Anda akan condong hanya pada satu sisi, salah satu bahu yang Anda miliki akan tampak lebih tinggi, tinggi pinggang tampak tidak merata, dan ada beberapa tulang belikat yang menonjol.

Inilah Macam-macam Terapi untuk Skoliosis

Pada saat sudah mengalami gejala-gejala skoliosis, Anda harus segera melakukan terapi. Terapi untuk skoliosis ini terbagi menjadi dua, yaitu terapi skoliosis pada anak dan terapi skoliosis pada orang dewasa, berikut penjelasannya:

Terapi Skoliosis untuk Anak

Diantara cara terapi untuk skoliosis pada anak-anak adalah dengan melakukan kunjungan rutin pada dokter terlebih dahulu. Hal ini karena dokter akan memeriksanya dengan foto Rontgen sebagai upaya untuk memantau apakah skoliosisnya termasuk ke dalam tingkat berat atau ringan. Jika masih tergolong ringan, maka anak-anak cukup berkunjung rutin ke dokter.

Tetapi jika skoliosisnya terlihat parah, maka anak-anak disarankan untuk memakai penyangga tulang belakang. Penyangga yang digunakan biasanya terbuat dari plastik dan diletakkan di  area tulang rusuk, bawah lengan, dan punggung atau pinggul di bagian bawah. Hal ini membuatnya tidak mudah terlihat karena menyesuaikan dengan bentuk tubuh anak.

Terapi Skoliosis Dewasa

Sedangkan, jika skoliosis tersebut dialami oleh orang dewasa, maka terapi yang harus dilakukannya adalah sebagai berikut:

   1. Pemasangan gips atau casting

Hal ini dilakukan bagi pasien skoliosis infantil. Gips ini akan direkatkan pada tubuh secara terus menerus agar penyembuhan dapat dilakukan dalam waktu yang dekat.

   2. Brace

 

 

Selanjutnya adalah dengan menggunakan brace. Penggunan ini dilakukan apabila derajat skoliosis nya berada pada derajat sedang dan tulang yang dimiliki oleh penderita masih berkembang. Dengan menggunakan alat yang satu ini, penderita akan diberikan pencegahan dari melengkungnya tulang bagian belakang, meskipun tidak dapat memperbaiki kelainan tulang belakang yang sudah terjadi sebelumnya.

   3. Metode Schrot

Terapi untuk skoliosis juga dapat dilakukan dengan terapi fisik menggunakan metode schroth jika skoliosisnya berada pada taraf ringan. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kelengkungan yang terjadi dalam tulang belakang. Latihan yang dilakukan pada metode ini adalah berfokus pada:

  • Pengembalian keratan postur tubuh
  • Pelatihan pernapasan menuju arah sisi tubuh yang konkaf (cekung)
  • Pelatihan kesadaran yang ditujukan untuk postur tubuh.

Operasi Skoliosis

Jika kasusnya ternyata lebih berat dari yang sebelumnya, maka perlu adanya tindakan operasi yang dibutuhkan. Hal ini perlu dilakukan karena khawatir terjadi perburukan yang lebih cepat. Operasi ini dilakukan dengan tujuan menyembuhkan skoliosis melalui fusi tulang. Hal ini dapat dengan baik menyembuhkan skoliosis.

Operasi yang dilakukan pada penderita skoliosis ini dapat berupa:

  • Operasi penggabungan tulang

Pada pelaksanaan operasi ini, dua atau beberapa ruas tulang belakang disatukan sehingga nantinya akan membentuk satu tulang.

  • Operasi disektomi

Pada pelaksanaannya, operasi ini akan mengangkat salah satu dari bantalan ataupun yang ada pada tulang belakang.

  • Operasi laminektomi

Pada proses operasi laminektomi, beberapa bagian dari tulang belakang yang melengkung akan dilakukan proses pengangkatan.

Ketiga jenis operasi di atas biasanya sering dilakukan dalam penyembuhan skoliosis yang terjadi pada para penderita.  Jika penderita melakukan operasi tulang belakang, maka mereka harus siap menghadapi risiko yang mungkin menimbulkan komplikasi.

Di atas merupakan pembahasan mengenai terapi untuk skoliosis. Terdapat dua macam, yaitu untuk anak-anak dan untuk orang dewasa. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan para penderitanya dapat mengobati skoliosis yang terjadi kepada mereka.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *