Ketahui 6 Terapi Sakit Kepala yang Dapat Dilakukan di Rumah

By

Sumbersehat.com – Terapi sakit kepala bisa anda lakukan sendiri atau pun meminta bantuan orang lain. Untuk terapi yang tepat, anda harus tahu dulu jenis terapi yang tepat baik itu pada sakit kepala ringan maupun berat. Sakit ini muncul secara tiba-tiba dengan kepala berdenyut pada sebagian kepala maupun keseluruhan kepala.

Pengobatan yang bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat yang dibeli di warung atau apotek. Namun, ada cara lain dengan menggunakan terapi sakit kepala yang bisa dilakukan sendiri maupun orang lain di rumah, berikut caranya!

Inilah Terapi Sakit Kepala yang Bisa Dilakukan Sendiri

Ada beberapa langkah untuk terapi migrain dan sakit kepala untuk meredakan dan menyembuhkan sakit yang anda derita, diantaranya:

Pijat Area Antara Jari Telunjuk dan Ibu Jari

Titik-titik pijatan pada bagian tubuh tertentu diketahui dapat meringankan rasa sakit kepala dan memperbaiki peredaran aliran darah. Misalnya dengan mencubit area antara jari telunjuk dan ibu jari secara berlawanan selama 10 detik.

Baca juga : 6 Makanan Penyebab Perut Kembung yang Belum Diketahui Banyak Orang

Cubit-cubit dengan jari tangan lain, lakukan dengan gerakan memutar selama beberapa lama sampai sakit reda. Cobalah lakukan terapi sakit kepala ini saat anda mengalaminya. Jika cara ini efektif meredakan nyeri anda, maka bisa melakukannya saat sakit kepala lagi.

Memijat pada Lekukan Hidung pada Pertemuan Dua Alis

Area lekukan hidung diantara dua alis ditekan ke atas dengan kuat menggunakan jari telunjuk selama 10 detik. Anda juga bisa mencubit area ini dengan ibu jari dan jari telunjuk dengan sedikit tekanan. Ulangi beberapa kali terapi migran dan sakit kepala ini hingga rasa sakit mereda.

Pijatan pada Area bahu

Sakit kepala seringkali menyebabkan bahu dan leher terasa kaku. Pijat area tengah bahu dengan gerakan memutar selama satu menit dan ulangi beberapa kali. Anda bisa gunakan aromaterapi yang memberikan rasa tenang seperti lavender dan papermint.

Teteskan minyak essensial itu pada tangan, pijat dengan lembut dan berikan tekanan yang sesuai kebutuhan Anda. Lakukan terapi sakit kepala ini dengan berbaring agar posisi tubuh Anda semakin rileks.

Pijat Area Mata

Pijat area di antara dua mata dengan lembut dan sedikit tekanan menggunakan jari selama satu menit. Ulangi beberapa kali hingga sakit kepala berkurang. Agar lebih rileks, teteskan minyak esensial satu tetes pada jari dan oleskan saat memijat.

Pemijatan terapi migrain ataupun sakit kepala ini biasa dilakukan untuk mengurangi sakit kepala yang disebabkan mata kelelahan. Jadi, saat anda merasa pusing karena mata lelah, bisa menggunakan pijatan ini untuk meredakannya.

Terapi Suhu Air Panas

Berikutnya, terapi sakit kepala dapat disebabkan oleh otot yang menegang. Untuk itu, kendurkan otot dengan mandi air hangat dan berendam pada buth tub atau dengan bak dengan mengguyurkan dengan gayung. Lebih mudahnya, kompres dahi menggunakan handuk yang telah direndam air panas.

Baca juga : Ketahui 17 Jenis Minyak Esensial dan Manfaatnya Masing-Masing

Anda juga bisa memanfaatkan botol yang diisi dengan air panas yang selanjutnya ditempelkan pada kepala atau dahi. Penting untuk melapisi kulit dengan kain tipis seperti handuk agar jaringan kulit tidak rusak jika bersentuhan langsung dengan air panas. Langkah ini juga bisa digunakan untuk terapi migrain atau sakit kepala sebelah.

 Menggunakan Bahan Alami

Bahan alami yang sering diguankan untuk meredakan sakit kepala adalah jahe. Selain itu, jahe juga memberikan rasa hangat pada tubuh dan memiliki efek menenangkan sehingga sakit kepala semakin cepat pergi. Caranya mudah dengan menyeduh bubuk jahe sebanyak setengah sendok teh dengan satu gelas air hangat.

Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam seduhan jahe agar rasa semakin enak. Mengonsumsi jahe bisa menjadi terapi sakit kepala yang cukup efektif. Karena, selain meredakan sakit kepala juga bisa meredakan sakit flu dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Terapi sakit kepala di atas sangat mudah dijalankan di rumah. Anda bisa lakukan secara mandiri atau minta bantuan orang lain atau terapis profesional saat pijat. Mengingat penyebab sakit kepala beragam, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami sakit kepala berkepanjangan. 

Dapatkan info tentang penyakit dan kesehatan lainnya dengan tetap mengikuti Sumber Sehat. Jangan abaikan kesehatan anda, mulai jaga pola hidup sekarang juga.

Tinggalkan komentar