2 Prioritas Tentang Pola Gaya Hidup Sehat

2 Prioritas Tentang Pola Gaya Hidup Sehat merupakan bentuk kriteria tertentu terhadap hidup sehat. Menerapkan hidup sehat tidak sulit sepanjang komponen-komponen tertentu bisa dikendalikan dengan cerdas. Kontrol bukan hanya terletak pada menu makanan saja melainkan juga terhadap sikap, perilaku, perbuatan, dan tanggung jawab. Semuanya itu memiliki hubungan satu sama lain.

Kontrol terhadap emosi, ego, stress juga tak kalah penting dalam kesehatan karena tidak sedikit orang mengidap darah tinggi bukan karena faktor garam yang dikonsumsinya melainkan luapan emosi yang meledak, tingkat stress yang tinggi, dan egoisme yang luar biasa. Perspektif menu makanan yang merujuk pada 4 Sehat 5 Sempurna minim menuai masalah tapi aspek perbuatan dan perilaku menyumbang masalah kesehatan terganggu.

pola gaya hidup sehat
pola gaya hidup sehat

Prioritas Gaya Hidup Sehat Berdasarkan Pola Hidup

Terapkan pola gaya hidup sehat pada semua aspek. Jaga pola makan supaya kadar kolesterol rendah, kadar gula tidak terlalu tinggi, dan asam urat berada pada batas normal. Penyakit berbahaya lain pun bisa muncul apabila tidak rutin melakukan medical check up pada rumah sakit. Pola tidur juga harus dijaga supaya tidak terlalu sering tidur malam. Lakukan rutinitas olahraga seminggu 3x supaya tubuh menghasilkan kalori pembakaran.

Pola gaya hidup yang sehat pada setiap orang berbeda-beda tergantung selera, kemampuan, dan kebutuhan. Apabila ragu dan tanda tanya, maka dipersilahkan berkonsultasi Gizi atau Umum untuk meminta pendapat. Yang jadi masalah bukan pada menu makanan sebagai pola hidup sehat yang berbeda-beda melainkan bagaimana mematuhi instruksi dokter dengan menjauhi larangannya? Bagaimana menerapkan hidup sehat dengan menyesuaikan pola perbuatan?

Pola Tidur Malam

Istirahatlah selama 8 jam per hari, tidak kurang dan tidak lebih. Menjaga pola tidur yang sehat diawali pukul 21.00 malam sampai dengan pukul 05.00 pagi. Menjaga pola tidur bukan hanya masalah istirahat saja tapi membiarkan seluruh organ tubuh berproses membuang zat tak berguna ke feses dan saluran kecing plus mengalirkan oksigen ke dalam saluran darah. Komitmen pola gaya hidup sehat menjadi jawaban untuk bisa hidup cerdas dan positif.

Hindari begadang terlalu sering karena tidak hanya menganggu kinerja metabolisme tubuh tapi juga bisa memperpendek umur. Cobalah menghitung durasi istirahat malam per hari selama 30 hari untuk mengetahui waktu istirahat malam yang berkurang atau berlebih. Apabila durasi istirahat malam berkurang, maka bisa rehat malam lebih awal tapi apabila durasi istirahat malam berlebih, maka bisa rehat malam tepat waktu.

Pola Olahraga Sehat

Olahraga secara teratur 2x – 3x per minggu selama 30 menit sampai 1 Jam membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Olahraga menjaga kadar gula stabil, tingkat kolesterol normal, dan asam urat sehat. Olahraga juga bisa membakar dan mematikan sel kanker dan sel tumor karena menghasilkan tubuh panas dan keringat. Lakukan olahraga positif supaya pola gaya hidup sehat terjaga baik.

Mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga merupakan salah satu cara Pemerintah untuk menyehatkan rakyatnya. Lakukan pemanasan ringan sebelum memulai dan sesudah mengakhiri olahraga. Apabila olahraga sudah selesai dilakukan sepenuhnya, rutinlah mengkonsumsi air hangat supaya kinerja organ tubuh maksimal. Olahraga bersama dengan keluarga merupakan hal yang menyenangkan.

Pola Menu Makanan

Menjaga pola makan bersifat penting karena dari makanan yang dikonsumsi bisa berakibat positif dan bisa berakibat negatif. Dikatakan positif apabila mengkonsumsi makanan 4 Sehat 5 Sempurna secara teratur. Dikatakan negatif apabila mengkonsumsi makanan siap saji secara berlebihan. Produk makanan siap saji bisa diubah menjadi produk sehat dan jangka panjang yang dikonsumsi apabila mengikuti pola gaya hidup sehat.

Sebelum sarapan pagi, makan siang, dan makan malam hendaknya senantiasi diawali dengan doa sebagai tanda ucapan syukur. Semua produk makanan apapun bentuknya yang dikonsumsi akan menyehatkan apabila dimakan secukupnya. Ingat moto : “ Berhentilah Makan Sebelum Kenyang “. Mengkonsumsi makanan yang berlebihan juga tidak bagus buat tubuh dalam karena bisa mengundang penyakit lainnya dan berujung pada kematian.

Prioritas Gaya Hidup Sehat Berdasarkan Pola Perilaku

Perilaku hidup positif dan negatif juga menentukan hidup sehat individu. Dikatakan Perilaku hidup positif apabila berpikir tenang, mengelola stress dengan cermat, menekan ego, menekan marah, dan selalu berdoa kepada Tuhan YME. Hidup positif seperti ini merupakan salah satu bagian dari pola gaya hidup sehat. Patut dicermati bahwa manusia hidup bukan oleh makanan saja tapi juga ditemani perbuatan dan perilaku.

Dikatakan Perilaku hidup negatif apabila berpikir tidak tenang, tidak bisa mengelola stress, tidak bisa menekan ego, marah yang meluap-luap, dan tidak pernah dekat kepada Tuhan YME. Hidup negatif seperti ini tidak sejalan dan bertentangan dengan Pola Gaya Hidup Sehat. Hidup negatif seperti ini bisa mengundang penyakit tertentu meskipun menu makanan yang dikonsumsi berkategori 4 Sehat 5 Sempurna.

Emosi Tinggi

Kendalikan emosi dengan membiasakan diri untuk tidak mudah tersinggung, berpikir cerdas dan positif, plus menikmati hidup dengan rekreasi. Harus diakui adanya friksi atau selisih paham dengan lawan bicara yang berbeda pendapat sehingga meningkatkan emosi. Emosi harus tetap ada karena sejalan dengan ego tapi sulit menurunkan tingkat emosi berpotensi merugikan diri sendiri dan tidak sejalan dengan pola gaya hidup sehat.

Emosi tinggi tidak perlu dibawa hidup setiap hari dan dibawa sepanjang hayat. Kalau pun masalah tertentu tidak bisa diselesaikan secara baik, setidaknya berpikirlah tenang dengan kepala dingin, dan lepaskan emosi tinggi. Emosi tinggi yang terus-menerus berpotensi meningkatkan tekanan darah tinggi padahal tingkat konsumsi garam rendah atau tidak ada sama sekali.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Banyak Pikiran

Mengalami kasus tertentu memang harus dipikirkan dan dicari solusinya. Yang bermasalah apabila semua kasus dipikirkan tanpa dibagikan atau disebarkan ke orang lain yang bisa membantunya. Sama halnya dengan rejeki, rejeki juga harus dibagikan atau disebarkan ke orang lain supaya tidak rumit menanganinya. Banyak pikiran bisa menganggu jam istirahat dan durasinya dan tidak senada dengan pola gaya hidup sehat.

Terlalu banyak pikiran juga bisa menganggu metabolisme tubuh dan mengundang penyakit. Rehatkan pikiran secara cerdas dengan menjalankan rekreasi ke luar kota atau setidaknya menikmati pemandangan dan angin sejuk di lokasi ancol. Mintakan orang lain untuk membantu dalam menangani kasus tertentu dan bayarlah sesuai kemampuannya sehingga beban pikiran menjadi lebih ringan dan sehat. Tak perlu pergi konsultasi kesehatan ke dokter untuk menangani banyak pikiran, cukup rehat dan nikmati.

Ulasan ini ditinjau berdasarkan pengalaman penulis dan ditulis dalam artikel pola gaya hidup sehat. Para sobat dan sahabat hendaknya menyikapi dan menyadari bahwa hidup ini singkat tapi harus bermakna buat masyarakat. Ke depankan model persuasif dalam merangkul sehingga perselisihan dapat diminimalkan. Nikmati hidup dengan pola makan sehat dan pola perilaku cerdas dan cermat. Kiranya artikel ini bermanfaat, salam literasi.

About Ibnu Khamill

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *