6 Penyebab Tangan Bengkak dan Gatal Ini Harus Kamu Waspadai

Tangan bengkak dan gatal bisa tiba – tiba terjadi pada seseorang. Kira – kira apa sih penyebab tangan bengkak dan gatal secara bersamaan? Kemudian, penyakit tersebut dinamai apa dan bagaimana mengobatinya?

Cari tahu jawabannya di artikel ini. Setidaknya ada 6 yang menjadi faktor penyebab kenapa tangan kamu bisa terasa gatal dan beberapa cara mengobatinya yang bisa kamu lakukan.

1. Angiodema

Angiodema bisa diartikan sebagai reaksi alergi pada tubuh seseorang dimana reaksi yang dikeluarkan berupa pembengkakan dan rasa gatal pada area tubuh seperti tangan, organ dalam tubuh dan sebagainya.

2. Penyebab Angiodema

Penyebab tangan bengkak dan gatal akibat Angiodema tak hanya satu. Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi sebagai penyebab dari penyakit tersebut. Berikut adalah 6 penyebab Angiodema menyerang pada seseorang.

  • Makanan. Kamu bisa merasakan pembengakakan dan gatal pada tangan karena salah makan. Apalagi jika kamu orangnya sensitive dan sangat pilih – pilih terhadap makanan. Beberapa contoh makanan yang bisa menyebabkan penyakit ini adalah kacang – kacangan, telur, produk susu, hingga makanan laut.
  • Obat – obatan. Maksudnya adalah ketika ada reaksi terhadap pemakaian obat maka beberapa orang akan mengalami pembengkakan disertai rasa gatal. Beberapa macam obat dengan efek samping tersebut adalah penisilin, aspirin, obat penurun tekanan darah, ibuprofen dan masih banyak lagi.
  • Alergi. Ini masih ada hubungannya dengan penyebab tangan bengkak dan gatal pada poin ke 1. Namun, disini akan dijelaskan lebih rinci apa saja faktor alergi yang membuat penyakit ini timbul yaitu makanan, serbuk sari, bulu hewan, sengatan serangga juga udara kotor.
  • Faktor Lingkungan. Lingkungan juga berpengaruh terhadap reaksi ini karena kegiatan sehari – hari manusia pasti berkaitan dengan lingkungan. Faktor lingkungan yang paling berpengaruh adalah suhu terkait panas dan dingin, sinar matahari, kondisi air, stress, udara, tekanan pada kulit dan lainnya.
  • Efek Perawatan medis. Tak hanya pemakaian obat, ternyata efek perawatan medis juga menjadi faktor penyebabnya. Contoh perawatan medis pemicu penyakit ini adalah transfuse darah karena terjadi kelainan pada sistem imun.
  • Genetik. Tentunya yang paling penting adalah faktor genetic atau faktor dari dalam tubuh. Biasanya berkaitan dengan gangguan fungsi pada protein plasma dalam tubuh dimana hal tersebut berfungsi sebagai imun tubuh.

3. Gejala Angiodema

Gejala angioedema juga tak hanya ditunjukkan oleh satu reaksi tubuh saja. Tapi, ada beberapa reaksi tubuh yang mengirimkan sinyal bahwa tubuh si penderita sedang mengalami penyakit angioderma. Beirkut adalah beberapa gejalanya.

  • Terjadi pembengkakan. Pembengkakan ini biasanya terjadi di jaringan bawah kulit pada beberapa bagia tubuh seperti tangan, mata dan bibir. Pembengkakan biasanya hanya bertahan 1 hingga dua hari tapi kondisi lanjut menyebabkan pembengakakan menyebar di beberapa area.
  • Timbul rasa gatal. Rasa gatal juga akan mulai terasa hal tersebut karena penyebab tangan bengkak dan gatal mulai bereaksi pada tubuh si penderita.
  • Gejala yang muncul menyebabkan rasa hangat. Maksudnya adalah jika kamu memegang pembengkakakn tersebut maka area itu terasa hangat dan kadang membuat seluruh tubuh menjadi hangat.
  • Berwarna kemerahan. Warna pembengkakan dan rasa gatal yang timbul tadi membuat kulit si penderita menjadi kemerahan. Bahkan dari jauh pun warna merahnya sudah terlihat.
  • Timbul rasa nyeri. Akan terasa nyeri jika kulit yang terkena penyakit tersebut disentuh baik disengaja maupun tidak disengaja. Kadang – kadang saat tidak disentuh pun menyebabkan kulit terasa ngilu.

4. Cara Mengobati

Jika penyebab tangan bengkak dan gatal pada angioedema tidak bisa dihindari. Maka, satu – satunya jalan keluar adalah mengobatinya agar penyakit tersebut bisa segera pergi. Berikut adalah beberapa cara dalam mengobati angioedema.

  • Menggunakan obat – obatan anti gatal contohnya golongan antihistamin. Golongan antihistamin ini biasa dianjurkan oleh dokter kepada penderita alergi atau gejala pilek maupun flu. Nantinya, antihistamin ini mengurangi kerja histamine sehingga gejala alergi tersebut bisa cepat pergi.
  • Penggunaan anti inflamasi. Anti inflamsi bisa digunakan untuk meredakan pembengkakan dan rasa gatal. Tapi, pada sebagian orang penggunaan anti inflamasi ini malah menyebabkan ruam dan membuat kulit menjadi tambah gatal.
  • Mendapatkan resep obat penurun sistem imun. Ketika kerja sistem imun berlebih bisa juga menyebabkan pembengakakan dan gatal. Jadi, mintalah resep obat penurun sistem imun pada dokter.
  • Kompres. Kompres bisa meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa gatal. Caranya yaitu mengompres menggunakan air dingin atau hangat melalui handuk atau melalui alat kompresnya langsung.
  • Buat jurnal untuk mengetahui alergimu. Penyebab tangan bengkak dan gatal mayoritasnya adalah karena alergi, Tapi, ada banyak orang yang tidak tahu bahwa mereka itu sebenarnya alergi apa. Jadi, dengan membuat jurnal bisa membantu si penderita menemukan jawabannya cara dengan menulis apa saja yang ia makan dan lingkungan apa saja yang dia rasakan.

5. Cara Mencegah

Kamu juga bisa loh mencegah datangnya faktor atau penyebab tangan bengkak dan gatal. Cara pencegahannya ada beberapa dan pastikan kamu memahaminya secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa bentuk pencegahannya.

  • Menjaga kebersihan kulit terutama pada bagian ruam
  • Jangan menggaruk kulit menggunakan kuku panjang dan kotor
  • Sering – sering melakukan cuci tangan agar tanganmu tidak membawa faktor penyebab penyakit ini
  • Hindari pemicu penyakit yang diketahui yaitu seperti penggunaan obat – obatan, makanan, dan faktor lingkungan
  • Ketahui alergimu dan jauhi penyebab alergimu

6. Faktor Risiko

Bahkan tanpa adanya pemicu, ada beberapa orang yang harus mengalami penyakit ini karena memiliki faktor risiko yang tinggi. Berikut adalah beberapa faktor risiko penyebab tangan bengkak dan gata :

  • Pernah mengalami angioedema sebelumnya dan jarak waktunya belum terlalu lama.
  • Memiliki alergi dalam bentuk lain bahkan bukan hanya penyebab angioedema saja
  • Memiliki kelainan genetic, maksudnya penyakit lainnya pemicu angioedema terjadi seperti lupus dan limfoma
  • Riwayat keluarga juga pernah mengalami angioedema.

7. Kapan Harus Ke Dokter?

Sebenarnya gejala dan penyebab tangan bengkak dan gatal mudah diketahui karena biasanya nampak oleh mata telanjang. Tapi, biasanya harus ditunggu selama 2 hari dulu apakah bentuk gejala tersebut hanya alergi biasa yang dengan sednirinya hilang atau merupakan angioedema.

Jika sudah melebihi 2 hari pembengkakan dan rasa gatal tak kunjung hilang bahkan malah menyebar maka segeralah temui dokter dan konsultasi padanya agar diberikan obat atau penanganan secepat mungkin.

8. Diagnosa Dokter

Untuk mendiagnosa pasien bahwa dia menderita angioedema atau tidak maka si dokter harus memeriksanya dengan melihat gejala – gejala yang dirasakan oleh pasien. Jika perlu, dokter juga akan melakukan cukit pada kulit dan menanyakan riwayat obat – obatan dan makanan yang di konsumsi guna mengetahui jenis alergi.

Dokter juga bisa menyarankan untuk menggunakan metode pemeriksaan darah untuk mendiagnosa pasien. Itulah penyebab tangan bengkak dan gatal disertai cara pengobatan dan cara pencegahannya. Sebenarnya reaksi alergi bisa datang pada setiap orang, kita sebagai manusia hanya bisa menghindarinya jika sudah diketahui penyebab alergi tersebut.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *