7 Tanaman Herbal untuk Jantung Bengkak Alami, Simak Yuk!

Tanaman Herbal Jantung Bengkak – Bagi sebagian orang, penyakit jantung bengkak mungkin masih asing. Penyakit jantung bengkak merupakan terjadinya pembengkakan di jantung yang ukurannya melebihi dari jantung normal pada umumnya. Jantung bengkak atau dalam istilah kedokteran disebut dengan cardiomegaly adalah salah satu penyakit yang berbahaya.

Penyakit dengan jantung bengkak terjadi karena aliran darah yang menuju jantung mengalami penyumbatan, sehingga jantung tidak dapat oksigen dan darah yang mencukupi. Karena jantung sulit mendapatkan oksigen dan darah yang mencukupi, maka jantung akan memompa abnormal dan menjadi lemah.

Untuk mengatasi penyakit jantung bengkak, Anda dapat membuat ramuan tradisional menggunakan tanaman herbal untuk jantung bengkak. Mengobati penyakit dengan berbagai macam tanaman herbal tentunya dapat menyembuhkan penyakit, apabila dikonsumsi secara rutin.

7 Macam Tanaman Herbal Untuk Jantung Bengkak

Untuk Anda yang menderita penyakit jantung bengkak, tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alternatif secara alami dengan menggunakan tanaman herbal. Ada beberapa tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut jenis tanaman obat herbal yang dapat membantu mengatasi penyakit jantung bengkak:

1. Bawang Putih

Siapa sangka bawah putih termasuk ke dalam salah satu tanaman herbal untuk jantung bengkak yang bisa Anda coba. Salah satu bumbu dapur ini memang dikenal memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bawang putih merupakan salah satu tanaman yang kaya akan anti oksidan, kalsium, zat besi, minyak atsiri, vitamin A, vitamin C dan lain sebagainya.

Untuk membuat ramuan dari bawang putih adalah dengan cara mengupas bawang putih kurang lebih 3 buah, kemudian cuci hingga bersih, setelah itu Anda dapat memblender atau memarut bawang putih tersebut. Setelah itu Anda dapat menambahkan madu agar mendapatkan rasa yang manis, dan ramuan dari bawang putih siapuntuk Anda minum. Minumlah ramuan tersebut setidaknya 2 kali dalam sehari.

Anda juga dapat mengkonsumsi bawang putih menggunakan cara lain, seperti menambahkannya ke dalam makanan yang biasa Anda konsumsi sehari-hari, namun dengan manambahkan bawang putih lebih banyak dari biasanya.

2. Kulit Manggis

Kulit manggis memang sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu tanaman tradisonal yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, tidak terkecuali dengan penyakit jantung bengkak. Di dalam kulit manggis terdapat senyawa xanthone sebagai anti oksidan yang mampu meluaskan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah yang tentunya sangat dibutuhkan bagi penderita jantung bengkak.

Selain itu juga terdapat zat lain yang terkandung dalam kulit manggis yang berperan untuk melawan radikal bebas secara efektif, sehingga jantung yang mengalami pembengkakan dapat normal kembali. Anda dapat mengolah kulit manggis dengan cara di jus ataupun Anda juga dapat membeli kulit manggis yang sudah di ekstrak menjadi obat herbal yang siap untuk dikonsumsi

3. Temu Giring

Temu Giring juga merupakan salah satu tanaman herbal untuk jantung bengkak yang bisa Anda coba. Masyarakat jawa membuat ramuan dari temu giring untuk menyembuhkan penyakit jantung bengkak. Pada tanaman temu giring ini yang digunakan sebagi obat herbal tradisonal adalah bagian rimpangnya.

Karena di dalam rimpang temu giring ini memiliki banyak senyawa yang baik bagi kesehatan, seperti flavonoid, amilum, minyak atsiri dan masih banyak lagi senyawa yang dapat membantu proses penyembuhan.

Adapun cara membuat ramuan herbal menggunakan temu giring adalah dengan cara cuci hingga bersih temu giring, setelah itu potong secara kecil-kecil, kemudian Anda dapat merebusnya. Apabila air rebusan sudah sepertiga dari air sebelumnya, tiriskan terlebih dahulu. Setelah selesai Anda dapat langsung meminumnya ataupun mencampurnya dengan madu. Minum ramuan tersebut secara rutin.

4. Mahkota Dewa

Tanaman mahkota dewa saat ini sering dicari oleh masyarakat, karena kandungan yang terdapat pada tanaman mahota dewa ini memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan. Bahkan banyak dari masyarakat yang mencari tanaman tersebut untuk dijadikan sebagi tanaman hias ataupun tanaman obat di sekitar rumah.

Tanaman ini dijadikan salah satu obat herbal untuk menyembuhkan penyakit jantung bengkak. Karena dalam tanaman mahkota dewa terdapat kandungan zat aktif yaitu alkaloid, saponin dan juga flavid yang dapat menyembuhkan penyakit jantung bengkak.

Cara paling mudah membuat ramuan dari tanaman herbal untuk jantung bengkak dari mahkota dewa adalah dengan menjadikannya sebagai teh dari tanaman herbal untuk jantung bengkak. Yaitu caranya Anda dapat mengambil tanmana mahkota dewa yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian cuci hingga bersih, setelah itu Anda dapat langsung merebusnya.

Setelah air rebusan tinggal setengah dari air sebelumnya, Anda dapat meniriskannya. Setelah itu Anda dapat meminum air rebusan dari mahkota dewa tersebut 3 kali dalam satu hari.

5. Anggur

Buah anggur merupakan salah satu buah yang juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Di dalam buah anggur terdapat senyawa yang memiliki peran aktif untuk mencegah terbentuknya sel kanker dalam tubuh. Tidak hanya buahnya saja yang mengandung banyak manfaat.

Biji dari buah anggur juga mampu mengatasi penyakit jantung bengkak. Jadi, dapat dikatakan bahwa anggur merupakan salah satu tanaman herbal untuk jantung bengkak yang juga bisa dicoba untuk alternatif pengobatan.

Sebagian besar masyarakat mengkhawatirkan apabila memakan buah anggur beserta bijinya dapat mengakibatkan usus buntu. Akan tetapi biji anggur tidak dapat menyebabkan seseorang mengalami usus buntu apabila memakannya. Karena biji anggur memiliki tekstur yang tidak terlalu keras seperti biji cabai, sehingga biji anggur aman apabila dimakan.

6. Apel, Jeruk Dan Pisang

Pada penderita jantung bengkak disarankan untuk tidak mengkonsumsi garam yang melebihi dari 1500 mg per harinya. Meminimalisir konsumsi garam bertujuan untuk mengendalikan gejala penyakit lainnya yang dapat menjadikan bertambah parahnya penyakit jantung yang telah Anda alami.

Oleh sebab itu sangat diperlukan bagi Anda untuk mulai mengontrol garam pada setiap makanan yang akan Anda konsumsi. Adapun buah-buahan selain menyehatkan, juga memiliki tingkat kadar garam yang rendah, dan hal tersebut sangat cocok bagi Anda yang memiliki penyakit jantung bengkak.

Buah yang dapat Anda konsumsi adalah buah apel, jeruk dan juga pisang. Ketiga buah tersebut memiliki kadar garam yang rendah. Yaitu sekitar 1 mg pada masing-masing buah apel, jeruk dan pisang pada ukuran sedang.

7. Nasi dan kacang-kacangan

Selain buah yang mengandung sedikit garam, ada juga nasi dan kacang-kacangan yang dapat Anda konsumsi karena mengandung sedikit garam. Dalam satu porsi nasi terdapat sekitar 4 mg garam, sehingga Anda dapat mengkonsumsi nasi seperti biasanya. Namun alangkah baiknya untuk tetap mengontrol jumlah porsi nasi yang akan Anda konsumsi sehingga Anda tidak mengkonsumsi garam secara berlebih.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan saat mengolah bahan masakan yang akan Anda konsumsi. Anda harus meneliti terlebih dahulu dan memastikan bahwa masakan yang Anda buat rendah garam. Anda juga dapat menghindari makanan instan atau makanan kaleng, karena makanan tersebut mengandung garam yang relatif tinggi.

Itulah sedikit ulasan mengenai tanaman herbal untuk jantung bengkak. Pastikan Anda mengatur segala bentuk pola makan Anda, agar penyakit jantung yang Anda derita tidak bertambah parah. Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda dan semoga bermanfaat.

About Alvindayu

Check Also

manfaat lidah buaya untuk wanita

6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wanita dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

sumbersehat.com - Manfaat lidah buaya untuk wanita tidak main-main. Wanita secara alaminya memang ingin selalu tampil cantik dan mulus. Tidak hanya di depan suami bagi yang sudah menikah. Kecantikan alami yang selalu dikejar dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *