8 Tanaman Herbal Untuk Asam Urat Yang Cocok Ditanam Di Rumah

Tanaman Herbal Untuk Asam Urat – Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia adalah asam urat. Asam urat merupakan sebuah penyakit yang pada umumnya ditandai dengan gejala nyeri, pembengkakan dan juga muncul rasa panas pada bagian persendian. Bagian tubuh yang menjadi titik persendian yang rawan terkena asam urat adalah sendi lutut, pergelangan kaki, jari tangan dan juga jari kaki. Apabila asam urat semakin parah maka penderita asam urat tidak dapat menggerakkan persendiannya.

Namun terdapat tanaman herbal untuk asam urat yang banyak anda temui disekitar anda. Tanaman tersebut secara ampuh dapat mengurangi rasa sakit nyeri akibat asam urat. Ada berbagai jenis tanaman herbal yang dapat menyembuhkan asam urat, mulai dari yang jarang anda temui maupun yang mudah anda jumpai disekeliling anda.

Tanaman tertentu yang terkadang tumbuh liar di sekitar anda juga dapat dijadikan sebagai obat. Anda juga dapat menanam atau membudidayakan tanaman tersebut agar anda tidak perlu repot lagi untuk membelinya di pasar.

Jenis Tanaman Herbal Untuk Asam Urat

Tanaman yang cocok untuk ditanam dirumah biasanya merupakan jenis tanaman yang mudah untuk dirawat tanpa perlu perlakuan yang khusus. Salah satunya adalah anda dapat menanam tanaman herbal untuk asam urat di rumah anda.

 Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang mudah dirawat, tidak memerlukan biaya yang mahal dan tentunya anda tidak perlu khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan, karena pada dasarnya tanaman herbal tidak memiliki efek samping. Berikut jenis tanaman herbal untuk asam urat yang bisa Anda coba tanam dirumah dan coba mengkonsumsinya.

1. Sambiloto

Tanaman yang sering anda jumpai tentunya adalah sambiloto, tanaman tersebut mampu mengurangi rasa nyeri pada penderita asam urat. Tanaman dengan nama latin Andrographis Paniculata ini sangat populer di Indonesia.

Tidak hanya daunnya saja yang dapat dimanfaatkan sebaai tanaman herbal, namun semua bagian dari tanaman sambiloto ini dapat dijadikan sebagai tanaman herbal untuk asam urat dan juga berbagai macam penyakit. Tanaman sambiloto mengandung senyawa alkane, natrium, keton dan juga flavonoid yang mampu menangkal penyakit asam urat.

Cara membuat obat herbal dengan sambiloto adalah merebus segenggam daun sambiloto dengan dua gelas air, kemudian saatair rebusan sudah mulai berkurang sepertiga dari jumlah sebelumnya maka anda perlu menyaring air dan tiriskan. Minm air rebusan tersebut sehari satu kali secara rutin.

2. Kunyit

Siapa sangka bumbu dapur seperti kunyit mampu untuk mengobati penyakit asam urat anda. Kunyit atau kunir ini merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara yang memang dari zaman dahulu sudah dikenal sebagai tanaman obat ataupun dapat dijadikan sebagai jamu dan bahan masakan.

Kunyit merupakan salah satu tanaman yang mampu menyembuhkan asam urat karena didalamnya mengandung zat sebagai anti inflamasi sehingga mampu menyembuhkan peradangan yang diakibatkan oleh asam urat.

4. Kumis Kucing

Tanaman selanjutnya yang mampu menyembuhkan asam urat adalah tanaman kumis kucing. Kandungan yang terdapat pada tanaman kumis kucing merupakan senyawa yang penting dan dapat menyembuhkan nyeri akibat asam urat dan dapat menangkalnya. Diantaranya adalah kalium, minyak atsiri, dan juga zat orthosiphonin.

Untuk membuat air rebusan dari kumis kucing adalah dengan mengambil 10 gram tanaman kumis kucing, lalu anda dapat merebusnya, kemudian tiriskan dan anda dapat meminum air rebusan dari kumis kucing tersebut. Anda dapat meminum air rebusan dari kumis kucing tersebut secara rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Jahe Merah

Jahe merah sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman obat tradisonal yang mampu mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang dikenal sangat efektif dapat dihilangkan menggunakan jahe merah adalah penyait asam urat.

Pengobatan menggunakan tanaman herbal dikenal tidak menimbulkan efek samping apapun pada saat dikonsumsi setiap hari. Jahe merah juga terkenal sebagai salah satu tanaman obat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit dan juga dapat dijadikan sebagai penambah stamina.

Cara mudah mengkonsumsi jahe merah adalah dengan meminum air rebusannya. Yaitu cukup dengan iris kecil-kecil jahe merah tersebut, kemudian tambahkan air, rebus hingga mendidih, setelah itu anda dapat meniriskannya. Anda dapat meminum air rebusan dari jahe merah tersebut setiap hari.

6. Seledri

Seledri merupakan salah satu tanaman herbal asam urat yang juga seringkali dijadikan pelengkap masakan. Selain itu, seledri yang kaya akan manfaatnya ini dapat menyembuhkan dari berbagai macam penyait tidak terkecuali dengan penyakit asam urat.

Kandungan yang terdapat pada tanaman seledri adalah zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin C, glikosida dan lain sebagainya. Kandungan glikosida dalam seledri mampu dijadikan sebagai obat asam urat yang alami dan juga berbagai macam masalah sendi lainnya.

Untuk mengkonsumsi seledri, anda dapat jadikan seledri sebagai jus ataupun lalapan. Selain itu anda juga dapat membuat air rebusan dari seledri yang mudah untuk anda buat di rumah.

7. Daun Sirih Cina

Nama lain yang sering digunakan oleh masyaraat dalam menyebut daun sirih cina adalah ketumpang air. Keduanya merupakan tanaman yang sama dan memiliki manfaat sebagai obat dari tanaman herbal untuk penyakit asam urat.

Dalam tanaman daun sirih cina, kaya akan minyak atsiri, oksalat dan tanin yang mampu mengobati berbagai macam penyakit. Masyarakat biasanya mengolah daun dan batangnya untuk dijadikan sebagai obat herbal.

Untuk mengolah tanaman herbal untuk asam urat dari daun sirih cina, cara termudahnya adalah dengan meminum air rebusan dari tanaman tersebut. Anda dapat meminum air rebusan dari daun sirih cina setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk menyembuhkan penyakit asam urat.

8. Daun Salam

Daun salam pada umumnya dapat ditemukan sebagai salah satu bahan untuk meyedapkan masakan. Selain itu daun salam dapat dijadikan sebagai obat herbal asam urat karena kandungan dari daun salam yang kaya akan anti oksidan. Selain itu juga terdapat senyawa pathenolide sebagai anti inflamasi yang ampuh untuk menyembuhkan peradangan.

Anda dapat mengolah daun salam dengan cara ambil 7 lembar daun salam yang sudah berwarna hijau tua, kemudian potong dan remas daun salam, kemudian anda dapat merebusnya menggunakan 3 gelas air putih. Rebuslah sampai airnya berkurang sepertiga dari sebelumnya. dan meminum air rebusan tersebut sebagai obat herbal untuk menyembuhkan asam urat.

Minumlah air rebusan dari daun salam tersebut sehari satu kali secara rutin agar penyakit asam urat perlahan akan menghilang. Meminum air rebusan secara rutin merupakan faktor penting untuk menghilangkan berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Essential Oil dan Tanaman Herbal yang Bisa Dijadikan Obat Asam Urat

Sedikit ulasan diatas semoga dapat membantu anda untuk menyembuhkan asam urat. Tanaman herbal untuk asam urat yang sudah diulas merupakan tanaman yang mudah untuk anda jumpai dan temukan di sekita anda. Cara perawatannya pun cukup mudah dan tentunya tidak memakan biaya yang mahal. Semoga ulasan diatas bermanfaat, selamat mencoba.

About Alvindayu

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *