Tanaman Herbal Untuk Asam Lambung Yang Mudah Didapatkan

By

Tanaman Herbal Untuk Asam Lambung – Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. Penyakit yang diawali dengan gejala seperti mual, mulas dan juga kembung ini perlu anda obati dengan cepat agar tidak kambuh lagi dilain waktu. Anda dapat menyembuhkan penyakit ini menggunakan obat yang ada di apotek ataupun toko.

Namun apabila anda terlalu sering mengkonsumsi obat yang berbahan kimia, lama kelamaan akan tidak baik untuk kesehatan anda dan juga dapat menimbulkan penyakit asam lambung anda semakin parah. Oleh sebab itu, cara termudah menyembuhkannya tanpa menyebabkan efek samping apabila dikonsumsi secara rutin adalah menggunakan tanaman herbal untuk asam lambung.

Asam lambung pada awalnya disebabkan oleh asupan makanan yang kurang baik seperti mengkonsumsi makanan dengan kadar asam yang terlalu tinggi, maupun ketidak teraturan dalam menjaga pola makan, selain itu stress dan juga sering merokok mampu memicu produksi asam lambung secara berlebihan.

Tanaman Herbal Untuk Asam Lambung

Apabila anda menderita penyakit asam lambung, maka segera anda periksa ke dokter sebelum mendapatkan penyait asam lambung yang lebih parah. Selain itu ada beberapa macam tanaman herbal untuk asam lambung yang mampu menyembuhkan penyakit asam lambung anda.

Tanaman herbal ini mudah untuk didapatkan, salin itu juga dapat anda temui di sekitar anda. Menggunakan tanaman herbal sebagai obat lambung merupakan cara alternatif menyembuhkan berbagai macam penyakit tanpa menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi setiap hari. Berikut macam-macam tanaman herbal untuk asam lambung yang ampuh mengobatinya.

1. Mentimun

Siapa sangka tanaman mentimun mampu untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Sifat yang dingin pada tanaman mentimun sangat ampuh untuk meredakan asam lambung yang berlebih. Anda dapat langsung memakan mentimun tersebut setelah dicuci bersih, dengan memotong 2 irisan mentimun salama setiap 2 jam.

Anda dapat memakan mentimun secara langsung saat asam lambung yang anda miliki sedang kambuh. Selain dapat dimakan secara langsung, anda juga dapat menggunakan mentimun sebagai lalapan ataupun salad dengan menambahkan bahan lain. Dengan cara tersbut cukup ampuh untuk mengobati asam lambung anda.

2. Kencur

Kencur merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai bahan penyedap masakan. Selain itu, kencur cukup ampuh sebagai obat untuk meredakan asam lambung yang berlebih. Dalam keadaan yang darurat saat anda mengalami asam lambung yang kambuh, anda dapat mengunyah kencur secara langsung.

Caranya adalah dengan mencuci bersih kecur tersebut, kemudian kupas dan langsung dapat anda kunyah bersama dengan garam. Setelah anda mengunyah dan dirasa sudah cukup halus, maka anda dapat menelan kencur tersebut dan minum menggunakan air hangat.

Adapula cara mudah lainnya dengan merebus kencur dengan air, setelah itu tiriskan, kemudian minum air rebusan dari kencur tersebut. Anda dapat meminum air rebusan kencur tersebut saat dalam keadaan hangat.

Baca Juga: 6 Obat Asam Lambung Alami Yang Mudah Dan Murah

3. Kacang Hijau

Ternyata kacang hijau merupakan salah satu tanaman herbal untuk asam lambung yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Manfaat dari kacang hijau adalah untuk menetralkan kadar asam lambung yang berlebih, selain itu juga mampu untuk menebalkan lapisan lambung.

Cara yang mudah untuk mengkonsumsi kacang hijau adalah dengan membuatnya sebagai bubur kacang hijau, dan anda dapat mengolah menjadi bubur kacang hijau akan tetapi  anda tidak memerlukan menambahkan santan. Anda dapat mengkonsumsi bubur kacang hijau tersebut  secara rutin pada saat pagi dan sore untuk menyembuhkan asam lambung.

4. Cincau

Tanaman herbal untuk asam lamung yang berlebih selanjutnya adalah daun cincau. Anda dapat membuatnya dengan cara ambil satu genggam daun cincau kemudian cucui hingga bersih lalu anda dapat meremasnya bersama dengan air yang sudah masak. Setelah itu anda dapat menyaring air remasan tersebut, lalu tambahkan sedikit kapur sirih agar dapat dengan mudah untuk menggumpal.

Setelah itu anda dapat memakan cincau tersebut bersama dengan air gula ataupun sirup, lebih baiknya anda dapat meminumnya menggunakan air hangat. Anda dapat memakan cincau tersebut 3 kali dalam sehari.

6. Pisang Raja

Buah  pisang raja juga mampu menyembuhkan asam lambung yang anda derita. Buah pisang raja mampu melindungi selaput lendir lambung dari asam yang berlebih, karena buah pisnag tersebut mengandung anti luka pada lambung.

Anda dapat memakan buah pisang raja secara langsung, ataupun menggunakan cara lain yaitu dengan memilih pisang yang sudah tuaakan tetapi masih belum matang. Setelah itu anda dapat memotongnya secara tipis lalu jemur dengan cara diangin-anginkan.

Setelah pisag sudah mengering, anda dapat membender ataupun menumbuknya hingga menyerupai tepung. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara cukup campurkan 2 sendok bubuk pisang tersebut dngan madu asli, kemudian anda dapat memnumnya pada pagi dan malam hari.

7. Jahe

Jahe merupakan obat herbal yang dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, jahe juga dapat dijadikan sebagai obat untuk asam lambung. Pada saat anda mengalami gejala asam lambung seperti kembung dan juga rasa mual, maka anda dapat meminum air rebusan dari jahe yang hangat agar kembung dan nyeri pada lambung anda berkurang.

Cara membuat air rebusan jahe sangat mudah yaitu seperti membuat obat herbal pada umumnya. Dengan cara anda hanya perlu memotong jahe dengan ukuran kecil-kecil, kemudian rebus dengan air. Setelah itu anda dapat meniriskan jahe tersebut dan meminum air dari rebusan jahe selagi air masih hangat.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal untuk asam lambung dan jugakaya akan manfaatnya yang beragam. Selain manfaatnya terkenal dalam bidang kecantikan, lidah buaya juga aya akan manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya dapat menyembuhkan asam lambung.

Cara mengolah lidah buaya sebagai obat herbal untuk asam lambung adalah dengan cara petik lidah buaya yang sudah cukup tua, kemudian anda dapat mengambil daging buahnya. Setelah itu cuci hingga bersih, lalu blender dengan memberikan sedikit air. Anda dapat meminumnya minimal satu kali dalam sehari.

9. Meniran

Tanaman meniran sudah dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang kaya akan manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah mampu mengontrol kadar asam lambung secara alami. Cara mengolah tanaman meniran untuk dijadikan obat sangatlah mudah.

Anda hanya perlu merebus tanaman meniran hingga air rebusan tersebut tinggal setengahnya. Setelah itu, anda dapat menambahkan air rebusan tersebut dengan sedikit madu ataupun sirup. Minum air rebusan tersebut setiap hari secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Daftar Obat Asam Lambung Lebih Alami dan Aman Dikonsumsi

itulah sedikit ulasan mengenai tanaman herbal untuk asam lambung. Saat anda mengkonsumsi tanaman herbal sebagai obat, maka anda perlu mengkonsumsi obat tersebut secara rutin agar asam lambung yang anda derita dapat dengan cepat untuk sembuh. Karena obat yang bersifat herbal perlu dikonsumsi secara rutin. Semoga ulasan diatas dapat membantu anda dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar