Ini Dia 8 Tanaman Herbal Penambah Stamina, Bisa Anda Coba!

Tanaman Herbal Penambah Stamina – Tubuh yang sehat tentunya memiliki stamina yang kuat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Stamina tubuh yang baik dapat menangkal penyakit seperti flu, batuk, pilek. Tak hanya itu saja, stamina tubuh juga dapat meningkatkan daya imun sehingga Anda tidak mudah sakit.

Salah satu cara meningkatkan stamina tubuh adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Hal ini dapat Anda lakukan setiap hari dengan melakukan olahraga ringan selama 15 menit. Selain itu Anda juga dapat mengatur pola makan yang bergizi dan juga seimbang. Sehingga Anda dapat mempertahankan stamina tubuh untuk menghindarkan dari berbagai macam penyakit.

Selain olahraga dan menjaga pola makan Anda, ada salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Yaitu dengan membuat berbagai macam ramuan menggunakan tanaman herbal penambah stamina. Dengan mengkonsumsi ramuan herbal untuk menambahkan stamina Anda, maka sistem kekebalan tubuh Anda nantinya tidak mudah untuk terserang penyakit.

8  Tanaman Herbal Penambah Stamina Tubuh

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman herbal memiliki banyak khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit saja, namun tanaman herbal juga dapat meningkatkan stamina bagi tubuh Anda.

Ada beberapa macam jenis tanaman herbal yang dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh. Berikut ini beberapa macam tanaman herbal penambah stamina yang bisa Anda coba rasakan khasiat dan manfaatnya.

1. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini sudah dikenal sejak lama memiliki banyak khasiat yang terkandung di dalam kunyit. Selain dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti keputihan, panas dalam dan lain sebagainya. Ternyata kunyit juga dapat dijadikan salah satu tanaman yang bagus untuk meningkat sistem kekebalan tubuh.

Kandungan yang terdapat dalam kunyit adalah kurkumin dan juga minyak atsiri yang mampu meningkatkan stamina. Ada cara termudah untuk mengolah kunyit selain dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan, Anda juga dapat mengolah kunyit sebagai jamu untuk meningkatkan stamina Anda.

Pertama Anda perlu mencuci kunyit hingga bersih. kemudian Anda dapat memblender ataupun memarut kunyit tersebut, saring dan pisahkan ampas dan juga air dari kunyit tersebut. Setelah itu Anda dapat merebus air perasan dari kunyit tersebut. Setelah selesai direbus Anda dapat menambahkan sedikit gula ataupun madu untuk menambah cita rasa manis.

2. Bunga Rosela

Masyarakat sudah mengenal bunga rosela sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Manfaat dari bunga rosela adalah dapat menetralkan racun, mengurangi panas dalam, menurunkan kolesterol dan tentunya juga dapat meningkat sistem kekebalan dalam tubuh Anda. Bahkan dapat dikatakan juga bunga rosela merupakan salah satu tanaman herbal penambah stamina tubuh.

Dalam bunga rosela terdapat kandungan seperti kalsium, omega 3 , vitamin C, protein dan lain sebagainya. Anda dapat mengolah bunga rosela sebagai teh untuk meningkatkan stamina Anda. Caranya adalah dengan mengeringkan terlebih dahulu bunga rosela tersebut.

Kemudian cuci hingga bersih, setelah itu Anda dapat merebusnya. Tunggu hingga air rebusan sudah mencapai setengahnya, setelah itu Anda dapat mengkonsumsi teh dari bunga rosela tersebut.

Anda dapat mengkonsumsi teh dari bunga rosela secara rutin setiap hari, agar daya tahan tubuh Anda dapat terpelihara sehingga Anda tidak mudah untuk terserang penyakit. Konsumsi teh menggunakan bunga rosela secara terus menerus tidak menimbulkan efek sampig apapun.

3. Mengkudu

Manfaat yang didapatkan dari buah mengkudu adalah mampu mengatasi penyakit seperti tumor, kanker, hipertensi, asam urat dan lain sebagainya. Karena manfaatnya yang sangat banyak, mengkudu tersebut banyak dicari oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Kandungan yang terdapat pada mengkudu adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh ubuh seperti protein, mineral dan juga vitamin yang tentunya mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Saat ini sudah banyak obat herbal dari ekstrak dari mengkudu yang mudah Anda temukan disekitar Anda.

4. Gingseng

Gingseng memang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman herbal yang mampu menjaga dan memelihara stamina tubuh. Bahkan banyak dari atlet yang mengkonsumsi gingseng untuk mempertahankan staminanya.

Terdapat berbagai macam kandungan dalam gingseng, diantaranya adalah minyak atsiri, asam lemak, fitosterol dan lain sebagainya. Selain berguna untuk menambah stamina tubuh, gingseng juga dapat menormalkan tekanan darah, mengatasi kelelahan dan juga dapat mengurangi stres. Anda dapat mengkonsumsi gingseng setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari ancaman penyakit.

5. Ketumbar

Ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang juga dapat memelihara stamina tubuh. Selan itu ketumbar juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti mengurangi demam, menghilangkan sakit kepala, dan juga dapat meningkatkan daya ingat memori.

Selain itu ketumbar memiliki kandungan sebagai anti mikroba dan juga anti jamur yang dapat berguna sebagai detoksifikasi tubuh yang dapat mengeluarkan racun dan juga zat berbahaya dari dalam tubuh.

Untuk mengolah ketumbar, cara termudahnya adalah mencampurkan ketunbar sebagai bahan penyedap pada masakan yang akan Anda konsumsi setiap hari.

6. Jahe

Jahe terkenal khasiatnya untuk menghangatkan tubuh sehingga sering digunakan oleh masyarakat. Selain itu jahe juga dapat menyembuhkan penyakit seperti batuk, pilek, dan juga sakit tenggorokan. Jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, dapat dikatakan bahwa Jahe juga merupakan salah satu tanaman herbal penambah stamina yang bisa Anda coba.

Cara mengolah jahe sangat mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu mencuci hingga bersih jahe tersebut, setelah itu Anda dapat memotong kecil-kecil, kemudian rebus. Setelah air rebusan tersebut mendidih dan sudah berkurang setengahnya,

Anda dapat meniriskan air rebusan tersebut. Air rebusan jahe tersebut dapat Anda konsumsi selagi masih hangat. Anda juga dapat meminum air rebusan jahe setiap hari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

7. Rosemary

Daun rosmary ternyata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Karena di dalam rosemary terdapat kandungan antioksidan, antiseptik dan juga antiinflamasi yang mampu untuk mengurangi peradangan. Selain itu rosemary juga dapat menyembuhkan berbagai masalah seperti sakit gigi, sakit gusi hingga radang tenggorokan.

Cara mudah untuk mnegolah rosemary sebagai obat herbal adalah dengan mengolahnya sebagai salah satu bumbu masakan yang biasa Anda konsumsi setiap hari, ataupun menjadikan daun rosemary menjadi teh yang dapat meningkatkan stamina tubuh Anda.

8. Temulawak

Tanaman herbal penambah stamina berikutnya adalah temulawak. Temulak terkenal dengan salah satu obat herbal untuk menambah nafsu makan. Namun ternyata temulawak juga dapat mengobati penyakit lain seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan maag, sembelit, rematik dan juga sariawan.

Karena kandungan seperti protein, minyak atsiri dan juga karbohidrat yang ada pada temulawak ini dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Anda dapat mengolah temulawak sebagai jamu dengan mencampurkan bahan lain seperti jahe, kayu manis dan juga cengkeh.

Ulasan diatas merupakan beberapa tanaman herbal penambah stamina yang dapat Anda coba di rumah. Selain tanaman yang dibutuhkan mudah untuk didapatkan, cara pengolahannya juga sangat mudah. Anda dapat mengkonsumsi ramuan herbal setiap hari tanpa khawatir akan efek sampinngnya.

Semoga ulasan ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda di saat pandemi Corona merjalela saat ini. Selamat mencoba!

About Alvindayu

Check Also

manfaat daun suji

10 Manfaat Daun Suji dari Mengatasi Batuk sampai Leukemia

sumbersehat.com - Manfaat daun suji secara umum dipakai masyarakat sebagai pewarna hijau makanan. Warna hijau yang dihasilkan daun suji lebih pekat daripada daun pandan wangi. Hanya saja, daun suji tidak memiliki aroma wangi yan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *