Tanaman Herbal Obat Asam Urat Alami di Sekitar Kita

By

Tanaman herbal obat asam urat alami di sekitar kita. Asam urat adalah penyakit yang kini sering dikeluhkan oleh banyak orang. Tidak hanya orang-orang tua, namun juga anak muda yang mengeluhkan penyakit tersebut. Penyakit asam urat ditandai dengan munculnya rasa nyeri yang tiba-tiba dan berulang-ulang pada sendi. Tidak jarang, karena asam urat yang dapat muncul kapan saja, kita tidak sempat menyiapkan obat untuk mengatasi keluhan tersebut. Beruntungnya, ada banyak obat-obatan herbal yang tumbuh di sekitar kita dan dapat digunakan sebagai obat asam urat.

Nah, sebelum mengetahui apa saja tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat asam urat, ada baiknya jika terlebih dahulu mengetahui apa sih sebenarnya yang membuat munculnya penyakit asam urat? Secara biologis, penyakit asam urat muncul karena ketidakmapuan ginjal mengeluarkan asam urat. Zat yang harus tidak berguna bagi tubuh itu harus dikeluarkan, karena jika tidak, justru akan memberikan dampak yang tidak baik. Ketidakmampuan ginjal membuang asam urat tersebut membuat asam urat dalam tubuh menumpuk pada sendi-sendi kita.

obat asam urat
obat asam urat

Ada beberapa alasan yang membuat kita memiliki untuk mengonsumsi obat herbal, selain karena tidak sempat pergi ke apotek, biasanya obat herbal dipilih karena murah dan mudah dijangkau keberadaannya, bahkan tidak sedikit dari kita yang memilih untuk menanam dan membuat obat herbal sendiri. Maka dari itu, berikut adalah tanaman herbal obat asam urat alami yang dapat ditemukan di sekitar kita.

Yuk Simak Tobat Asam Urat Herbal Yang Bisa Kamu Konsumsi

Kunyit

Tanaman kunyit, atau yang biasa dikenal dengan sebutan kunir oleh masyarakat Jawa ini adalah tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat asam urat. Tanaman berkhasiat tinggi yang memiliki nama latin Curcuma Longa Linn ini selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masak, maupun pewarna alami, tanman ini dipercaya dapat meredakan nyeri-nyeri sendi. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan peradangan akibat asam urat.

Jadi, sama sekali tidak rugi jika kita menanam tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan umbinya ini. Sebab selain dapat digunakan sebagai jamu yang dapat menyembuhkan nyri akibat asam urat, kunyit juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami.Sehingga jika kapan waktu asam urat kambuh dan tidak memiliki simpanan obat nyeri asam urat, kunyit dapat digunakan sebagai alternatif obat asam urat alami yang dapat dipetik dari halaman rumah kita.

Sambiloto

Tanaman herbal obat asam urat alai berikutnya adalah sambiloto. Ya, tanaman yang terkenal karena rasanya yang pahit ini ternyata adalah tanaman yang multimanfaat. Sambiloto atau yang dalam bahasa latin disebut dengan Andographis paniculata ini dapat mengobati beberapa keluhan penyakit sekaligus, salah satunya adalah asam urat.

Tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan hampir seluruh bagian tanamannya ini mengandung berbagai senyawa penting yang diketahui dapat menangkal penyakit asam urat yakni senyawa plavonoid, kalium, natriuum (Na), hingga kalsium yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karenanya, menanam tanaman yang biasa tumbuh liar di pekarangan rumah atau kebun-kebun ini akan memberikan manfaat untuk kita, terlebih untuk dimanfaatkan sebagai tanaman herbal obat asam urat.

Ketumpang air

Tanaman herbal berikutnya yang dapat digunakan sebagai obat asam urat adalah ketumpang air. Ketumpang air atau yang biasa dikenal dengan sebutan daun sirih cina tersebut adalah tanaman yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diredakan dengan meminum rebusan daun dan batang ketumpang air ini adalah penyakit asam urat.

Tanaman ketumpang air ini memilki kandungan senyawa yang baik untuk tubuh, di antaranya adalah oksalat, tanin, minyak atsiri, dan kandungan-kandungan yang baik untuk tubuh lainnya. Dengan menanam sendiri tanaman ketumpang air di rumah, maka kita akan lebih mudah untuk memanfaatkannya, terutama jika sewaktu-waktu asam urat kambu, kita dapat langsung memetik, merebus lalu meminum air rebusannya.

Jahe Merah

Tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat asam urat berikutnya ini adalah tanaman yang pastinya sudah tidak asing lagi penampakannya bagi kita. Ya, jahe merah. Tanaman yang memiliki nama Latin Zingiber Officinale ini adalah tanaman yang banyak multimanfaat. Selain sebagai bumbu dapur, wedhang yang dibuat dari umbi dari tanaman ini adalah minuman yang paling dicari ketika kita sedang masuk angin maupun ketika kita mabuk kendaraan. Karenanya, banyak kedai-kedai pinggir jalan yang menyediakan menu minuman wedhang jahe.

Akan tetapi tidak hanya itu, jahe merah ternyata juga sangat efektif digunakan untuk mengobati asam urat. Tanaman yang jika direbus memberikan aroma dan rasa hangat tersebut yang dikonsumsi setiap hari akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga. Karenya, sama dengan menanam tanaman-tanaman herbal lainnya, menanam jahe merah tidak ada ruginya sama sekali. Hal ini karena dengan menanamnya sendiri, kita dapat sewaktu-waktu menggunakannya sebagai obat jamu, atau wedhang.

Daun Salam

Tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat asam urat alami berikutnya adalah daun salam. Ya, tanaman yang daunnya biasa dimanfaatkan sebagai penyedap rasa alami pada masakan ini ternyata memiliki segudang manfaat lainnya. Salah satu manfaat tersebut adalah mampu secara efektif digunakan sebagai obat asam urat. Hal ini dikarenakan daun salam memiliki berbagai kandungan senyawa yang baik untuk tubuh, di antara senyawa-senyawa tersebut adalah tanin dan flavonoid yang mampu menyehatkan ginjal dan darah

Segudang manfaat daun salam tersebut, akan secara maksimal kita dapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Pengonsumsian daun salam pada umumnya dilakukan dengan merebusnya terlebih dahulu. Setelah air rebusan daun salam dingin, air tersebut bisa langsung diminum.

Daun seledri

Tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat asam urat alami berikutnya adalah seledri. Tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan ini rupanya berkhasiat untuk meredakan nyeri akibat asam urat yagn tidak dapat dikeluarkan secara sempurna oleh ginjal. Hal ini karena daun seledri mengandung berbagai senyawa folate dan potasium serta berbagai vitamin yang baik untuk tubuh yakni vitamin C, vitamin K, dan vitamin B6.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Sudah sejak lama tanaman ini digunakan sebagai obat. Bahkan, memanfaatkan daun seledri sebagai obat pun menjadi populer lagi dan sempat menjadi tren gaya hidup sehat beberapa waktu lalu karena banyak orang mengonsumsi jus daun seledri. Menimbang berbagai manfaat yang diperoleh dengan mengonsumsi obat dari daun seledri, akan sangat memudahkan lagi jika kita menanamnya sendiri di rumah. Sehingga ketika suatu waktu membutuhkannya bisa langsung memetik daun seledri sendiri. Pun menanamnya juga tidak sulit, karena tanaman ini dapat ditanam di media tanah, pot, bahkan dengan media air (hidroponik)

Demikian pemaparan mengenai tanaman-tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat asam urat alami. Selain murah, minim efek samping, dan mudah didapatkan, tanaman-tanaman herbal tersebut juga dapat menambah asri rumah kita jika menanamnya sendiri di rumah. Jadi, menimbang berbagai manfaat yang ditawarkan oleh tanaman-tanaman herbal di atas, tanaman mana yang hendak kita tanam sekarang?

Tinggalkan komentar