Supaya Manfaat Sayur Dan Buah Bagi Kesehatan Tidak Hilang, Berikut 6 Cara Pengolahannya

Supaya Manfaat Sayur Dan Buah Bagi Kesehatan Tidak Hilang, Berikut 6 Cara Pengolahannya. Mengonsumsi sayur dan buah menjadi langkah tepat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Terlebih untuk saat ini yang kondisinya sedang tidak menentu. Banyak cara untuk mengonsumsi sayur dan buah. Misalnya, kamu bisa memakannya secara langsung tanpa di masak. Namun hanya ada beberapa sayur yang bisa dimakan tanpa diolah.

Atau jika perlu kamu bisa mengolah sayur dan buah menjadi asupan yang lebih menarik dipandang dan tidak monoton. Namun ingat, jangan asal mengolah sayur dan buah. Pasalnya jika salah mengolahnya, kamu sendiri yang akan rugi. Pasalnya kandungan vitamin dan nutrisi dalam sayur bisa berkurang. Bahkan  bisa juga menyebabkan penyakit di kemudian hari.

Manfaat sayur dan buah bagi kesehatan sudah tidak usah ditanyakan lagi. Hal ini karena sudah banyak penelitian yang membuktikan seperti apa khasiat dari dua makanan penting ini. Misalnya bisa mencegah terjadinya kanker, bisa memperlambat penuaan dini, mencegah terjadinya jantung bocor dan masih banyak lainnya.

manfaat sayur dan buah bagi kesehatan
manfaat sayur dan buah bagi kesehatan

Cara Mudah Mengolah Agar Manfaat sayur dan buah bagi kesehatan Tidak Hilang

Seberapa bagus khasiat sayur dan buah jika dikonsumsi dengan langkah yang tidak tepat,  bisa dipastikan tidak akan memberi manfaat sama sekali. Pasalnya nutrisi, gizi dan juga kandungan sehat di sayur dan buah sangatlah sensifit. Bagi yang butuh informasi cara mengolahnya, berikut contohnya:

Mengganti kebiasaan merebus dengan mengukus

Merebus menjadi pilihan terbaik untuk mengolah sayuran bagi sebagian orang. Namun perlu kamu tahu jika langkah ini justru kurang baik. pasalnya bisa melarutkan vitamin dan juga nutrisi yang ada dalam sayur dan buah. Jadi manfaat sayur dan buah bagi kesehatan tidak bisa seoptimal biasanya.

Jadi vitamin A, vitamin B, kalium, vitamin C yang ada dalam sayur bisa larut jika direbus. Semakin lama direbus, maka kandungan nutrisi juga semakin banyak hilang. Jadi mulai sekarang hindari merebus sayur atau buah tertentu. Sebagai gantinya, kamu bisa mengukus sayur dan buah yang akan dikonsumsi. Meskipun masih ada nutrisi dan vitamin yang terlarut, tapi jumlahnya tidak sebanyak saat direbus.

Olah sayuran dengan dipanggang

Mungkin tidak sedikit dari kamu yang belum terlalu familiar jika sayur itu bisa dipanggang. Namun ini menjadi alternatif terbaik supaya kandungan nutrisi dan juga vitamin di sayuran tidak hilang atau terlarut di air. Dengan begitu, manfaat sayur dan buah bagi kesehatan yang kamu konsumsi semakin terjaga dengan baik.

Memanggang dengan menggunakan oven ataupun microwave bisa menjadi pilihan terbaik karena tidak bisa melarutkan nutrisi dan vitamin. Tak hanya itu saja, memanggang sayuran bisa menjaga lemak nabati yang menyehatkan bagi tubuh. Kunci utamanya, kamu harus menjaga temperatur ketika memanggang sayur.

Usahakan memanggang di suhu yang tidak terlalu rendah dan pastikan waktu memanggangnya juga tidak terlalu lama. Penggunaan temperatur yang tinggi ketika memasak bisa menyebabkan sayur atau buah menjadi gosong. Hal ini tentu membuat nutrisi teroksidasi dan menghilangkan rasa asli dari sayur dan buah tersebut. Akhirnya, manfaat sayur dan buah bagi kesehatan  tidak berkurang sedikitpun.

Menumis sayuran

Menumis sayuran atau beberapa buah-buahan banyak yang menyepelekan karena dianggap mudah dan cepat. Namun tetap saja ada hal yang perlu diperhatikan supaya nutrisi di sayuran tidak hilang atau tidak berkurang sedikitpun. Bagi yang menumis sayuran menggunakan minyak goreng, disarankan untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Pasalnya minyak goreng  meningkatkan lemak tak sehat dalam sayuran yang akhirnya justru berbahaya bagi tubuh. Solusi terbaik untuk menumis sayuran adalah dengan menggunakan minyak zaitunb, minyak jagung dan juga minyak safflower. Tujuannya agar nutrisi tetap terjaga dan akhirnya manfaat sayur dan buah bagi kesehatan benar-benar bisa dirasakan oleh tubuh.

Saat menumis sayuran, kamu juga harus memperhatikan api yang digunakan. Memakai api kecil menjadi pilihan terbaik supaya reaksi kimia karena panas tidak berjalan terlalu cepat. Memang membutuhkan waktu yang lama untuk memasak, tapi tetap saja hal ini ampuh untuk menjaga kondisi vitamin dan nutrisi supaya tetap terjaga.

Memperhatikan proses penyimpanan

Proses penyimpanan juga menjadi hal penting agar manfaat sayur dan buah bagi kesehatan tidak hilang atau larut ketika dikonsumsi. Perlu diingat jika sayur dan buah berada di kondisi terbaik jika baru dipetik. Namun tentu saja hal ini akan sulit didapat bagi masyarakat yang hidup di kota. Tidak heran jika banyak yang menyimpannya di kulkas atau penyimpanan lainnya.

Pastikan menyimpan sayur dan buah di kondisi suhu yang ideal. Beberapa buah juga bisa dibekukan sebelum diolah. Contohnya seperti pisang dan juga keluarga berry. Ada baiknya sayur tetap di simpan di kulkas dengan suhu yang tidak terlalu dingin. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan sayuran tanpa menghilangkan khasitnya.

Pertahankan lemak sehat didalamnya

Sayur dan buah adalah dua makanan dengan kandungan lemak baik yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Jangan sampai lemak sehat ini hilang karena tidak bisa melakukan pengolahan yang benar. Contoh lemak sehat yang memberi manfaat sayur dan buah bagi kesehatan tubuh adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K.

Untuk mempertahankan lemak sehat ini, tidak disarankan memasak dengan digoreng. Ada baiknya memakai minyak zaitun jika benar-benar mau digoreng. Minyak zaitun bisa menyerap anti oksidan menjadi lebih baik di setiap bahan makanan. Tak hanya itu, minyak zaitun juga bisa membantu untuk meningkatkan kolesterol baik di tubuh.

Membuatnya menjadi jus

Jus menjadi minuman yang bisa dipilih bagi kamu yang ingin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Cara mengolah makanan ini tentu saja tidak asing karena tentu memberi efek yang bagus untuk tubuh tanpa mengurangi kandungan zat bergizi didalamnya. Dengan langkah seperti ini, manfaat sayur dan buah bagi kesehatan tubuh tidak akan hilang meskipun disimpan di kulkas beberapa hari.

Banyak jenis buah dan sayur yang bisa diolah dengan cara dibuat jus. Bahkan hampir semua buah bisa diolah menjadi jus agar nanti kandungannya tetap maksimal. Contoh buah yang biasanya dijadikan jus seperti buah alpukat, buah apel, buah nanas dan berbagai jenis buah lainnya. Sedangkan untuk sayuran, yang paling umum adalah wortel. Sesuaikan saja dengan keinginan masing-masing.

Perhatikan artikel lainnya disini.

Itu adalah langkah terbaik untuk mengolah sayur dan buah tanpa mengurangi manfaat sayur dan buah bagi kesehatan tubuh. Semoga dengan pembahasan ini, kamu bisa mendapat manfaat terbaik dari dua makanan terbaik ini. Ingat, jika pengolahannya benar, tentu kandungan dan khasiat dari sayur serta buah bisa benar-benar didapat dengan baik.

Begitu pula sebaliknya, jika diolah dengan langkah yang tidak tepat, khasiat dari sayur dan buah bisa hilang begitu saja. Tentu hal ini tidak ingin kamu dapat bukan. Ini saja pembahasan seputar manfaat sayur dan buah bagi kesehatan serta pengolahan terbaiknya. Semoga bermanfaat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *