Diet Sehat Pasca Bersalin? Siapa Takut. Yuk, Simak Tips Diet Sehat Ibu Menyusui di Sini.

Diet Sehat Pasca Bersalin? Siapa Takut. Yuk, Simak Tips Diet Sehat Ibu Menyusui di Sini. Melahirkan biasanya menjadi momen bahagia bagi suatu keluarga. Tak terkecuali bagi sang ibu. Namun setelahnya, salah satu momok yang cukup menakutkan bagi kaum hawa adalah, berat badan yang tak kembali normal pasca melahirkan. Bagi wanita yang peduli pada bentuk tubuh ideal, tentu hal ini sangat mengganggu. Segala macam cara dilakukan agar bentuk tubuh menjadi ideal kembali.

Namun tahukah, Moms, jika tak semua diet ramah untuk bagi ibu menyusui? Tapi bukan berarti, moms, tidak bisa memiliki tubuh indah saat menyusui. Moms dapat melakukan diet sehat khsus untuk ibu menyusui. Diet ini tentu bermanfaat menurunkan berat badan pasca melahirkan, namun tidak perlu khawatir akan berimbas pada sang buah hati. Seringkali wanita menjadi tidak sabar ketika memutuskan untuk menurunkan berat badan pasca bersalin. Padahal, idealnya pada masa-masa itu, wanita yang menyusui akan membutuhkan lebih banyak energi saat menyusui bayinya.

diet sehat ibu menyusui
diet sehat ibu menyusui

Sebelum memulai diet sehat untuk ibu menyusui perhatikan hal-hal fundamnetalnya. Umumnya, setiap ibu menyusui akan membutuhkan banyak kalori per harinya. Ibu menyusui akan memerlukan tambahan kalori sekitar 400-500 kalori dibandingkan dengan wanita lainnya yang tidak sedang menyusui. Tapi, setiap wanita yang menyusui tentu memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda,  hal ini berdasarkan pada:

  1. Frekuensi bayi saat menyusu.
  2. Intensitas olahraga
  3. Sistem metabolisme tubuh
  4. Berat badan

Berikut ini, menu diet sehat ibu menyusui yang dapat menjadi alternatif pilihan diet pasca melahirkan.

Beras merah

Nasi menjadi makanan pokok yang sulit ditinggalkan oleh orang Indonesia. Namun, Moms yang sedang melakukan diet sehat ibu menyusui dapat mengganti nasinya dengan beras merah. Beras jenis ini dipercaya dapat mencukupi kalori yang diperlukan oleh tubuh sekaligus dapat mendukung produksi ASI yang berkualitas baik.

Buah-buahan

Pada diet ibu menyusui pastikan untuk memasukkan buah-buahan atau jus yang dikonsumsi rutin dua kali sehari dalam menu harian. Moms dapat memilih buah seperti jeruk yang dapat menjadi sumber vitamin C. Atau alternatif pilihan buah lainnya, Moms dapat memilih buah blueberry yang mengandung banyak vitamin dan mineral, untuk masuk dalam menu diet sehat harian.

Sayuran hijau

Pada sayuran hijau, terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi dan kalsium di dalamnya yang sangat baik bagi ibu menyusui dan bayinya. Selain itu, sayuran hijau dikenal juga kaya akan kandungan antioksidan dan juga rendah kalori. Hal ini tentu saja sangat baik bagi ibu dan bayi sebagai menu untuk kesehatan jantung dan juga menurunkan berat badan.

Selain ketiga menu itu, Moms, juga dapat menyantap roti gandum ketika lapar dan mengonsumsi susu rendah lemak, telur serta kacang-kacangan. Semua menu tersebut merupakan bahan pangan yang sangat baik bagi ibu menyusui dan juga dapat mengontrol berat badan. Pastikan, meski moms, menjalani diet sehat ibu menyusui, Moms juga harus sabar dan perlahan. Hindari menurunkan berat badan secara cepat dan instan demi memenuhi nutrisi sang buah hati.

Nah, jika di atas telah dibahas menu-menu yang dapat dijadikan alternatif diet sehat ibu menyusui, maka di bawah ini, adalah tips untuk diet sehat ibu menyusui:

Memperhatikan porsi makan.

Meski Moms, dianjurkan agar banyak mengonsumsi makanan sehat, namun tetap perlu memperhatikan jumlah dan porsi makannya juga. Saat Moms memutuskan untuk melakukan diet sehat agar mengembalikan bentuk tubuh, Moms sebaiknya mengurangi porsinya setiap kali akan makan. Tapi yang perlu diingat adalah, dikurangi di sini adalah porsinya, bukan jenis makanannya. Sedangkan untuk porsi makan, Moms tetap harus makan makanan sehat yang beragam.

Perbanyak minum air putih

Cara diet sehat ibu menyusui yang selanjutnya adalah, Moms diwajibkan untuk perbanyak minum air putih setiap harinya. Hal ini berfungsi untuk menekan nafsu makan yang tinggi pada ibu menyusui, juga dapat membuat tubuh Moms tetap bugar. Karna menyusui bukanlah sebuah perkara mudah, wanita menyusui umumnya akan merasa sangat lelah jika tidak mencukupi kebutuhan energi serta cairan dalam tubuhnya.

Seringlah menyusui bayi anda.

Moms, apabila bayi Moms sering menyusu, itu merupakan keadaan yang normal dan sangat baik untuk perkembangannya. Moms juga perlu tahu bahwa aktivitas menyusui merupakan kegiatan yang cukup ampuh untuk membakar kalori. Jadi, semakin sering Moms menyusui sesuai permintaan bayi, maka secara tidak langsung Moms telah membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Berolahraga mungkin memang lebih banyak menurunkan berat badan. Di samping itu, tubuh telah dirancang untuk mengetahui bahwa meski sebagian lemak dalam tubuh hilang,  tubuh masih perlu memproduksi susu setiap waktu. Itulah mengapa aktivitas menyusui sesuai permintaan bayi, atau Moms dapat menyusui lebih sering sama pentingnya dengan kegiatan berolahraga demi menjalankan program diet sehat ibu menyusui.

Tidur yang cukup

Salah satu hal terpenting cara diet sehat ibu menyusui adalah dengan memperhatikan kualitas tidur yang cukup bagi ibu menyusui. Istirahat yang cukup sama pentingnya dengan cara lain untuk menurunkan berat badan pasca hamil seperti olahraga. Namun, tidur yang cukup acapkali menjadi sulit saat Moms menyusui bayi yang baru lahir. Meski begitu, masalah pentingnya tidur ini juga penting untuk diperhatikan. Sebab saat Moms tidur atau beristirahat yang cukup, tubuh Moms memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri serta kembali pada kondisi yang lebih sehat.

Pastikan untuk menghindari penurunan berat badan yang instan.

Sekarang ini, banyak sekali kita temui tren diet di luar sana, sangat sulit menahan diri untuk tidak tegoda, bukan? Tetapi Moms juga harus mengingat hal yang paling terpenting, yakni produksi ASI. Banyak sekali dari tren diet yang beredar, memiliki efek buruk pada pasokan ASI, padahal menyusui harus menjadi prioritas utama setiap wanita untuk kebaikan bayinya. Jadi patuhi diet sehat ibu menyusui sebagaimana aturannya ya.

Seperti yang telah kita bahas di atas, sebaiknya Moms menghindari penurunan berat badan instan pada diet sehat ini. Karena jika Moms menurunkan berat badan terlalu cepat dan instan, maka persediaan ASI bisa berkurang, oleh sebab itu, demi kebaikan Moms dan si buah hati, Moms harus berhati-hati apabila dihadapkan dengan pilihan diet yang cepat dan instan. Minsdet yang harus ditanamkan adalah, perlahan tapi pasti, tubuh ideal akan kembali pada waktunya.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Berkonsultasi dengan ahli gizi.

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting dalam diet sehat ibu menyusui adalah, berkonsultasilah dengan ahli gizi jika ingin menurunkan berat badan ketika menyusui. Langkah ini merupakan pilihan yang sangat bijaksana. Moms juga harus menentukan tujuan menghubungi ahli gizi. Jika tujuannya Moms berkonsultasi adalah diet sehat ibu menyusui, maka ahli gizi akan mengingatkan bahwa Moms makan untuk dua orang. Ahli gizi akan mengarahkan diet sehat yang akan Moms jalani tanpa mengganggu aktivitas menyusui.

Moms dan si kecil dapat bekerja sama, simbiosis mutualisme membangun rencana khusus menjalani penurunan berat badan. Jadi jangan ragu untuk mencari bantuan tenaga profesional untuk mendapatkan panduan diet sehat ibu menyusui yang Moms butuhkan. Nah, itulah langkah-langkah yang perlu Moms pertimbangkan ketika akan menjalani diet sehat ala ibu menyusui tersebut.

 

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *