Sedang Hamil? Ini 8 Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil

Sedang Hamil? Ini 8 Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil – Meskipun dalam keadaan hamil olahraga tetap penting dilakukan. Akan tetapi, olahraga berat tidak disarankan untuk ibu hamil karena memiliki beberapa efek samping yang cukup berbahaya untuk janin. Sehingga, sebaiknya hindari olahraga berat saat hamil.

Ada beberapa macam olahraga ringan yang bisa dilakukan dalam masa kehamilan. Olahraga ini aman untuk kandungan dan janinnya. Sehingga sangat disarankan untuk mempersiapkan berat badan yang semakin naik dengan bertambahnya usia kehamilan serta kesiapan dalam melahirkan. Selain itu, olahraga juga dapat memperbaiki suasana hati dan membantu menjaga kualitas tidur yang baik.

olahraga sehat untuk ibu hamil
olahraga sehat untuk ibu hamil

Olahraga sehat untuk ibu hamil

Apa saja sih olahraga sehat untuk ibu hamil? Sebelum berolahraga, cari tahu dulu apa saja olahraga yang bisa diterapkan oleh ibu hamil. Mengingat bahaya olahraga berat bagi ibu hamil cukup besar. Tidak perlu khawatir, banyak kok olahraga ringan yang bisa dijadikan acuan dalam  menjaga kesehatan tubuh bagi kamu yang sedang hamil. Nah, meskipun sering mengalami morning sickness, tetap harus olaharaga ya. Agar bayi dan juga ibunya sehat. Untuk mengetahui lebih lanjut jangan berhenti bacanya, lanjutkan sampai selesai.

Olahraga renang

Renang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk untuk anak-anak atau pun orang dewasa melainkan juga sangat bagus untuk ibu hamil. Dengan berenang dapat meregangkan otot-otot yang kaku menjadi rileks kembali. Kenyamanan dan ketenangan juga dapat diciptakan oleh air dalam kolam. Lagi pula, renang bukan olahraga yang berat sehingga aman dilakukan. Akan tetapi, jangan lupa. Ibu hamil tidak boleh kelelahan, alangkah baiknya segera berhenti jika kamu sudah merasa lelah.

Hal lain yang harus diperhatikan oleh ibu hamil sebelum melakukan olahraga ini yaitu melakukan pemanasann. Kegiatan ini dilakukan untuk menghindari kram saat berenang di dalam kolam. Olahraga sehat untuk ibu hamil ini dapat kamu lakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu. Dengan durasi yang cukup pendek, sekitar 20-30 menit per sesi. Tidak sulit, kan? Jadi bagi kamu ibu hamil silakan dipraktikan agar kamu selalu bugar dalam masa kehamilan.

Jalan kaki

Wah, ternyata jalan kaki juga bagus untuk ibu hamil. Jalan kaki merupakan olahraga yang sangat ringan. Mengapa demikian? Karena olahraga ini tidak membutuhkan tenaga yang banyak. Cukup dengan berjalan kaki di depan rumah atau lapangan yang dekat dengan tempat tinggal saja. Dengan ini kamu sudah menjaga kesehatan janin lho. Mudah sekali, bukan? Tapi ingat, setiap olahraga tidak baik jika dilakukan secara berlebihan. Berolahraga sebentar tetapi rutin. itu yang  dianjurkan.

Yoga

Untuk mengurangi ketegangan saat hamil kamu bisa melakukan yoga. Olahraga ini cukup mudah dipelajari dan tentunya dapat dilakukan dirumah. Jadi, tidak sulit untuk menerapkannya saat hamil.  Bagi kamu yang sedang hamil olahraga sehat untuk ibu hamil ini dapat membangun kekuatan dan keseimbangan tubuh. Selain itu manfaatnya dapat melenturkan otot serta menjaga tekanan darah tetap stabil saat proses persalinan.

Akan tetapi dalam yoga ada beberapa gerakan yang harus kamu hindari untuk menjaga kemananan janin dalam kandungan. Gerakan tersebut adalah gerakan memutar perut, bikram dan bertumpu pada kepala. Nah, ketiga gerakan ini sebaiknya tidak dilakukan supaya bayi dalam kandungan tidak bermasalah. Kamu bisa melakukan olahraga ini 30 menit saja dan hanya satu kali dalam seminggu.

Bersepeda

Bila saat hamil merasa malas, sebaiknya kamu coba Olahraga sehat untuk ibu hamil yang satu ini. Tidak dipungkiri olahraga yang paling menyenangkan adalah bersepeda. Dengan keluar rumah dapat memandang alam sekitar membuat pikiran fresh dan menyegarkan kembali otak. Apa lagi melakukannya bersama orang terdekat, yaitu suami. Pastinya sangat menyenangkan. Tentunya jika suami libur kerja ya.

Olahraga bersepeda ini menekankan pada gerakan kaki dan tangan. Sehingga akan memperkuat otot- otot kaki dan tangan. Namun, jika tidak ingin keluar rumah, kamu tetap bisa melakukan olahraga bersepeda. Olahraga sepeda statis. Kamu hanya mengayuh sepeda statis, tidak perlu jauh-jauh pergi. Durasinya juga sebaiknya dibatasi ya. Karena kesehatan ibu dan janin sangat penting untuk menghadapi masa persalinan.

Berlari

Berlari juga dapat menjadi solusi olahraga sehat untuk ibu hamil. Olahraga ini murah meriah dan mudah. Hanya bermodalkan kemauan kamu bisa mendapatkan tubuh sehat dan bugar selama masa kehamilan. Saat berlari tangan akan ikut mengayun sehingga tidak hanya kaki yang kuat tetapi tubuh bagian atas juga akan kuat. Dalam menjalani masa kehamilan dengan melakukan olahraga ini juga dapat meningkatkan stamina tubuhmu.

Dalam olahraga ini Biasanya pemula akan merasa kepayahan, oleh sebab itu jika pertama kali lakukanlah sebentar saja.  Bisa 10- 15 menit. Namun, dalam masa kehamilan kesehatan dan kekuatan kandungan perlu diperhatikan. Jadi, sebelum kamu menjalankan olahraga berlari sebaiknya berkonsultasi terhadap dokter. Karena tidak semua kandungan ibu hamil kuat apalagi untuk lari. Akan lebih bagus jika kamu berlari pendek dengan santai.

Olahraga pilates

Pilates merupakan olahraga sehat untuk ibu hamil. Melakukan olahraga ini di awal masa kehamilan sangat meguntungkan, karena gerakan-gerkannya dapat membantu mengatasi punggung bagian bawah yang nyeri, tulang ekor yang nyeri dan mampu mengatasi masalah keseimbangan tubuh. Dengan berbagai alat bantu yang ada dapat memperbaiki otot-otot melalui serangkaian gerakan tertentu.

Jika kamu memiliki alatnya sendiri bisa melakukan olahraga ini di rumah. Akan tetapi, jika tidak, kamu dapat mengunjungi tempat fitness atau gym. Ditempat tersebut akan dipandu langsung oleh petugasnya. Sehingga akan lebih mudah. Hal yang sebaiknya dihindari adalah gerakan memutar perut dan pinggang, karena ini akan berdampak pada keberadaan janin dalam kandungan. Salah satu dampaknya akan mengalami diastasis recti.

Senam aerobik

Agar peredaran darah lancar saat menjalani kehamilan, kamu dapat melakukan senam aerobik. Olahraga sehat untuk ibu hamil senam aerobik sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kestabilan tekanan darah. Manfaat lainnya adalah melalui olahraga ini kadar oksigen dalam tumbuh dapat meningkat, melatih kekuatan tangan dan kaki, belajar mengatur pernapasan, serta membakar kalori. Akan tetapi, gerakan menghentak atau melompat sebaiknya dijauhi, untuk menjaga keamanan bayi.

Perhatikan artikel lainnya disini

Olahraga stretching

Olahraga terakhir yang bisa dilakukan dalam masa kehamilan adalah olahraga stretching. Olahraga ini juga tergolong olahraga murah meriah dan mudah. Sebab bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tidak membutuhkan biaya. Sebagai salah satu alternatif olahraga untuk ibu hamil stretching bisa dilakukan sesuai kemaun kamu. Gerakan-gerakan stretching juga dianjurkan untuk dilakukan pada permulaan berbagai macam olahraga agar terhindar dari  kram otot.

Ibu hamil tak perlu takut lagi untuk berolahraga, ya! Diatas sudah dipaparkan beberapa olahraga sehat untuk ibu hamil. Dibutuhkan konsistensi dalam melakukannya agar tubuh ibu dan janin dalam kandungan sehat serta kuat. Lantas, tunggu apalagi? Yuk berolahraga untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari virus. Selamat mencoba, semoga ibu dan janin sehat dan selamat sampai proses persalinan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

Manfaat pola hidup sehat

Ikuti 5 Manfaat Pola Hidup Sehat, Pastikan Tubuh Sehat Ideal

sumbersehat – Manfaat pola hidup sehat menjadikan tubuh siap untuk beraktivitas dengan maksimal. Memiliki tubuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.