8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Lakukan Olahraga Sehat di Pagi Hari yang Harus Anda Ketahui

8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Lakukan Olahraga Sehat di Pagi Hari yang Harus Anda Ketahui. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat. Di antara berbagai jenis olahraga yang menjadi kegemaran banyak orang adalah jogging, jalan santai, dan bersepeda. Selain menyehatkan, olahraga-olahraga tersebut dapat dilakukan sembari bersenang-senang.

Sejatinya olahraga baik dilakukan kapan saja, namun waktu yang paling tepat untuk berolahraga adalah pagi atau sore hari. Sebab melakukan olahraga di siang hari yang terik dapat membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Karena itulah, tidak disarankan melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak cairan tubuh ini. Sebaliknya anda dapat memilih untuk berolahraga di pagi atau sore hari.

Olahraga sehat di pagi hari
Olahraga sehat di pagi hari

Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Lakukan Olahraga Sehat di Pagi Hari

Olahraga sehat di pagi hari memang aktivitas yang memberikan banyak manfaat pada tubuh. Akan tetapi, aktivitas ini justru dapat membahayakan tubuh jika dilakukan dengan tidak bear. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan ketika anda melakukan olahraga sehat ini.

Kenakan pakaian dan perlengkapan pendukung

Hal yang wajib anda perhatikan pertama kali adalah pemilihan pakaian yang anda kenakan. Hal ini karena sebaiknya pakaian yang anda kenakan adalah pakaian yang memudahkan anda bergerak. Sehingga akan lebih baik lagi jika anda memiliki pakaian khusus untuk berolahraga yang memudahkan keringat keluar dari tubuh.

Bukan hanya pakaian, anda juga wajib menyiapkan perlengkapan pendukung olahraga sehat di pagi hari ini, termasuk memeriksa peralatan demi menjamin keselamatannya. Misal ketika anda hendak bersepeda, maka wajib bagi anda untuk memeriksa kondisi ban, rem, dan penunjang keselamatan lainnya seperti helm, pelindung lutut dan juga sikut. Hal ini karena selain untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, anda tetap harus menomor satukan keselamatan.

Awali dengan pemanasan lebih dahulu

Warming up atau pemanasan adalah aktivitas yang wajib anda lakukan sebelum melakukan olahraga. Sebab pemanasan yang dilakukan akan menghindarkan anda dari risiko terjadinya cedera berat dengan persentase capai 95%. Sehingga, meski tampaknya pemanasan hanya dilakukan dengan gerakan-gerakan pelan, aktivitas ini tidak boleh anda tinggalkan.

Pemanasan dapat selama 3 hingga 5 menit yang anda lakukan sebelum lakukan olahraga sehat di pagi hari. Melakukan aktivitas yang sering disepelekan ini dengan benar akan membuat tubuh tidak kaget dengan pergerakan-pergerakan otot maupun sendi ketika berolahraga. Karenanya, anda tidak perlu khawatir akan mengalami keseleo ataupun salah sendi. Sebab gangguan otot ketika berolahraga tersebut sudah diatasi dengan pemanasan.

Pilih tempat dengan kondisi yang mendukung olahraga

Selain memperhatikan kemampuan tubuh untuk melakukan olahraga tertentu, anda wajib memperhatikan kondisi tempat anda akan melakukan olahraga. Sebab olahraga yang pada dasarnya bertujuan untuk mendapatkan memperoleh tubuh sehat justru dapat menjadi sebab lain munculnya masalah kesehatan.

Jika anda hendak melakukan olahraga sehat di pagi hari berupa yoga, misalnya. Yoga yang semula merupakan olahraga yang sangat baik untuk melatih pernapasan akan membahayakan tubuh jika dilakukan di kondisi cuaca yang terlalu panas. Maka dari itu, jika tidak dilakukan di dalam ruangan, pastikan tempat anda berolahraga sejuk dan tidak buat anda cepat dehidrasi.

Lakukan stretching sebelum mulai olahraga

Selain warming up, anda dapat melakukan perenggangan secukupnya untuk melenturkan otot-otot yang kaku sebelum melakukan olahraga. Perenggangan ini umumnya mengutamakan gerakan berpusat pada kaki, tangan, dan leher. Jika tidak hendak melakukan olahraga dengan intensitas sedang atau berat, maka anda cukup melakukan gerakan perenggangan-perenggangan saja.

Di antara jenis olahraga sehat di pagi hari yang bisa anda awali dengan stretching atau perenggangan adalah jogging. Sama seperti warming up, perenggangan ini bertujuan untuk menghindarkan otot tubuh terkejut dengan gerakan-gerakan olahraga yang dilakukan. Sehingga, dengan perenggangan secukupnya sebelum berolahraga akan menghindarkan anda dari risiko terjadinya cedera.

Awali olahraga dengan gerakan pelan

Meski telah melakukan pemanasan maupun perengganggan, ada baiknya jika olahraga yang anda lakukan dengan gerakan pelan lebih dahulu. Otot yang masih kaku, mungkin karena lamanya tidak pernah berolahraga berisiko tinggi mengalami cedera jika langsung melakukan gerakan dengan intensitas tinggi.

Karena itulah, olahraga sehat di pagi hari sebaiknya dilakukan dengan intensitas rendah menuju tinggi untuk cegah tubuh alami cedera. Dengan cara inilah tubuh akan memiliki cukup waktu untuk beradaptasi terhadap alur olahraga yang anda lakukan. Begitu pula dengan lamanya anda berolahraga. Jika di hari pertama anda meluangkan 20 menit untuk berolahraga dan tubuh merasa mampu, anda dapat menambahkannya sedikit demi sedikit.

Sediakan cukup air minum

Tubuh akan mengeluarkan banyak cairan ketika berolahraga, terlebih jika matahari sudah mulai meninggi. Hal inilah yang menjadi sebab mengapa anda disarankan untuk berolahraga di pagi maupun sore hari. Meski begitu, di kedua waktu ini anda juga patut memperhatikan kebutuhan tubuh akan cairan. Langkah yang sangat tepat jika anda meluangkan waktu untuk menyiapkan bekal air minum dari rumah.

Hal ini perlu anda lakukan untuk berjaga-jaga anda terpaksa membeli minuman-minuman yang tidak sehat karena kehausan dan tidak bawa bekal air minum. Alih-alih menjadikan tubuh bugar dengan olahraga sehat di pagi hari, tindakan ini justru berisiko membuat anda mengalami masalah kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, pastikan anda terhindar dari kekurangan cairan tubuh.

Pahami sinyal lelah yang diberikan tubuh

Sangat penting bagi anda untuk mampu mengukur kemampuan diri ketika memilih melakukan  jenis olahraga-olahraga tertentu. Selain itu, anda pun juga wajib untuk paham sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh anda. Sebab pada umumnya, tubuh akan memberikan tanda “lelah” sebagai keharusan anda untuk sejenak mengistirahatkan tubuh.

Jika anda merasakan gejala seperti pandangan yang kabur, detak jantung cepat dan perasaan cemas menandakan anda membutuhkan cairan. Pemahaman atas bahasa-bahasa tubuh ketika olahraga sehat di pagi hari inilah yang harus anda kuasai. Sebab terlalu memaksakan diri melakukan olahraga ketat padahal keadaan tubuh menjawab “tidak mampu” akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh sendiri.

Perhatikan artikel lainnya disini

Lakukan pendinginan setelah berolahraga

Hal yang harus anda perhatikan terakhir adalah pentingnya melakukan pendinginan setelah berolahraga. Pendinginan ini dilakukan untuk mengendurkan kembali otot-otot dan denyut jantung yang terus dipacu ketika sedang melakukan olahraga. Ibarat mesin, pendinginan ini berlaku sebagai fase recovery dan beradaptasi pada keadaan sebelum melakukan olahraga.

Selain itu, pendinginan pasca olahraga sehat di pagi hari akan mengurangi rasa kaku dan nyeri otot yang biasa dialami orang setelah berolahraga. Dengan demikian, aktivitas ini adalah aktivitas yang tidak boleh anda lewatkan setelah lakukan olahraga sehat di pagi hari dengan intensitas tinggi.

Nah, berbagai hal yang harus anda perhatikan sebelum, ketika, dan setelah lakukan olahraga sehat di pagi hari. Meski tampaknya sederhana, berbagai poin tersebut tidak bisa anda sepelekan sebab erat kaitannya dengan keselamatan dan kesehatan tubuh anda.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *