Sebelum Bunda Memberikan Obat Sakit Gigi Anak Ada 5 Penanganan Pertama Sakit Gigi

Sebelum Bunda Memberikan Obat Sakit Gigi Anak Ada 5 Penanganan Pertama Sakit Gigi. sakit gigi bisa membuat siapapun yang mengalaminya sangat menderita. Hal ini karena sakit gigi biasanya juga menimbulkan berbagai permasalahan lain. Di antaranya adalah gangguan-gangguan pada mulut seperti gusi bengkak dan bau mulut. Bagi orang dewasa, tentunya sakit gigi akan mengganggu berbagai aktivitas yang sedang dikerjakan. Namun efek dari sakit gigi tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja, tapi juga dirasakan oleh anak-anak.

Ada berbagai hal yang menyebabkan sakit gigi, di antaranya ialah karena gigi berlubang, abrasi gigi karena gesekan yang terlalu keras dari sikat maupun kawat gigi, hingga sakit gigi karena tumbuhnya gigi. Masing-masing penyebab tersebut harus ditangani dengan cara yang berbeda. Penangan untuk sakit gigi karena abrasi adalah dengan memilikih menyikat gigi dengan sikat yang lembut, tidak sering mengutik-utiknya dengan tusuk gigi dan memilih kawat gigi tidak terlalu mengikat gigi. Sedangkan untuk sakit gigi berlubang, penanganannya dapat dilakukan dengan menambal enamel gigi, maupun jika sudah dalam keadaan parah dapat dilakukan pencabutan.

obat sakit gigi anak
obat sakit gigi anak

Nah, jika yang mengalami sakit gigi adalah anak-anak, maka tidak dianjurkan untuk melakukan pencabutan gigi. Hal ini karena pencabutan dapat membengaruhi tumbuhnya gigi-gigi lainnya. Oleh karena itu yang dapat terus dilakukan adalah mengupayakan supaya sakit gigi tidak kambuh kembali. Namun jika suatu kali si kecil kambuh, maka yang harus Bunda lakukan adalah memberikan penangan pertama sebelum memberikan obat sakit gigi anak.

Penanganan pertama sebelum memberikan obat sakit gigi anak

Sebisa mungkin, Bunda pastinya akan mencari solusi untuk menyembuhkan sakit gigi anak. Nah, berikut adalah cara mudah yang bisa dilakukan oleh Bunda sebelum memberinya obat-obatan sakit gigi untuk meredakan nyeri yang dirasakannya.

Memanfaatkan Air hangat

Penanganan pertama yang dapat Bunda lakukan sebelum memberikan obat nyeri atau obat sakit gigi anak adalah dengan memanfaatkan air hangat. Ini adalah cara yang turun temurun dilakukan oleh banyak orang karena terbukti efektif dapat meredakan nyeri pada gigi. Caranya tidak sulit, yakni hanya dengan merebus air, dan sekiranya air sudah cukup panas, Bunda matikan kompor dan air tersebut dapat langsung digunakan untuk berkumur.

Cara pengobatan tradisional ini dapat lebih efektif meredakan sakit gigi jika Bunda sekalian melarutkan garam daput pada air hangat tersebut. Hal ini, karena sebagaimana yang sudah banyak diketahui, garam memiliki fungsi sebagangi antiinflamasi dan juga antibakteria. Sehingga dengan berkumur menggunakan air garam, bakteri-bakteri maupun sisa makanan yang menyebabkan sakit gigi dapat dihilangkan dan sakit gigi pada si anak berangsung-angsur akan reda.

Memanfaatkan bawang putih dan bawang merah

Bawang merah dan bawang putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap makanan ini rupanya mengandung berbagai khasiat yang tidak tanggung-tanggung. Ya, dua jenis bawang ini dapat memberikan efek anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat radang sakit gigi. Namun tidak hanya itu, kandungan antiseptik pada bawang mrah dan bawang putih ini juga dapat memberikan membunuh berbagai kuman dan bakteri yang menyebabkan nyeri sakit gigi dan aman digunakan sebagai obat sakit gigi anak yang mudah didapatkan.

Cara memanfaatkan bawang putih dan bawang merah untuk obat sakit gigi anak tidak sulit, yakni hanya dengan menggeprek bawang merah atau pun bawang putih lalu meletakkannya pada bagian gigi yang sakit. Jika sakit gigi pada si anak dikarenakan gigi berlubang, maka bawang yang sudah dihaluskan ini dapat diletakkan pada sela-sela gigi tersebut. Dengan itu, saripati bawang putih akan dapat meredakan nyerinya.

Memanfaatkan kunyit

Penangan pertama yang dapat Bunda lakukan sebelum memberikan obat nyeri atau obat sakit gigi anak berikutnya adalah dengan memanfaatkan kunyit. Kunyit adalah tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang memilih untuk menanamnya di rumah dan menjadikannya sebagai tanaman obat keluarga (TOGA).

Nah, dari berbagai manfaat kunyit yang belum diketahui adalah memanfaatkan kunyit sebagai obat sakit gigi anak. Ya, tanaman yang memiiliki nama Latin Curcuma Longa Linn ini dan biasa digunakan sebagai pewarna alami ini memiliki khasiat untuk meredakan berbagai nyeri, di antaranya ialah nyeri karena sakit gigi. Oleh karenanya, ramuan berbahan kunyit ini dapat digunakan sebagai obat sakit gigi anak alami yang aman dikonsumsi.

Memanfaatkan jahe

Jika tidak ada kunyit di rumah, maka sebagai penanganan pertama jika si anak sakit gigi adalah dengan memanfaatkan jahe. Ramuan jahe ini identik sebagai ramuan yang digunakan sebagai obat antimual yang dikarenakan masuk angin ataupun mabuk kendaraan. Tapi selain itu, efek antiperadangan dari tanaman yang memiliki nama Latin Zingiber Officinale ini nyatanya dapat digunakan untuk mengobati radang atau nyeri dan dapat digunakan untuk obat sakit gigi anak.

Oleh karena itu, jika si kecil sakit gigi, Bunda dapat membuatkan wedhang jahe yang dikonsumsi ketika masih hangat. Dengan dikonsumsi dalam keadaan hangat tersebut juga dapat memberikan perenggangan pada akar gigi yang tegang. Sehingga nyeri sakit gigi si anak akan berangsur-angsur reda dengan sendirinya.

Minum obat pereda nyeri

Jika dengan memberikan penanganan pertama terhadap sakit gigi si anak namun tetap tidak membuahkan hasil yang berarti, maka Bunda dapat memberikan obat pereda nyeri atau obat sakit gigi anak. Namun yang perlu diingat, tidak semua obat nyeri aman dikonsumsi oleh anak-anak, oleh karenanya Bunda perlu memperhatikan sasaran penggunaan obat yang biasa dijual di apotek. Hal ini mengingat efek samping obat yang bisa saja justru membuat si anak semakin rewel dan mengeluhkan sakit yang lainnya.

Nah, di antara obat sakit gigi anak yang dapat diberikan di antaranya ialah Ibuprofen, Paracetamol, dan Dentasol. Ibuprofen dan Parasetamol yang biasa dimanfaatkan sebagai obat nyeri ini dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri sakit gigi. Kedua obat yang termasuk dalam golongan Obat Antiinflamasi Nonteroid (OAINS) ini tersedia dalam berbagai bentuk sediaan, yakni tablet dan sirup. Sehingga jika anak kesulitan atau tidak bisa menelan obat, Bunda dapat memberikan obat ini yang berbentuk sirup dengan berbagai rasa.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Namun berbeda dengan Paracetamol dan Ibuprofen, Dentasol adalah obat sakit gigi anak yang pengaplikasiannya yakni dengan mengoleskannya pada bagian gigi si anak yang sakit. Mengoleskannya ini dapat menggunakan cutton bud, sehingga memungkinkan dapat menjangkau bagian gigi yang paling belakang. Obat ini mengandung antiseptik yang dapat membersihkan dan menghilangkan bakteri dari pembusukan makanan yang biasa tertinggal di sela gigi maupun pada giginya yang berlubang.

Demikian adalah paparan mengenai cara yang dapat bunda lakukan sebagai penanganan pertama sebelum memberikan si anak obat sakit gigi anak. Cara-cara ini dapat berguna sekaligus untuk mengurangi ketergantungan terhadap berbagai obat-obatan. Penangan sakit gigi tersebut tentunya harus tetap dibarengi dengan upaya-upaya merawat kesehatan gigi, salah satunya adalah dengan merawat kebersihan gigi.

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *