9 Latihan sebagai Olahraga Sehat untuk Diet

9 Latihan sebagai Olahraga Sehat untuk Diet – Apakah anda berpikiran bahwa melakukan diet itu cukup susah atau justru cenderung mudah? Ketahuilah bahwa menurunkan berat badan tidak sesederhana yang dipikirkan oleh orang-orang, terutama bagi mereka yang enggan dan tidak serius dalam menjalankannya. Berbeda sebaliknya, jika diet dilakukan oleh orang yang memiliki komitmen dan keseriusan dalam mencapai bentuk badan yang ideal.

Namun meski dianggap sangat sederhana dan mudah dilakukan, nyatanya tidak semua orang bisa tetap konsisten untuk meraih hasil akhirnya. Tak jarang pula, mereka berhenti di tengah jalan saat sedang dalam tahapan diet. Seperti halnya ketika anda mengikuti latihan olahraga yang telah direncanakan sebelumnya dalam memaksimalkan program diet. Justru rencana tersebut hanya tinggal harapan yang hampir tidak bisa terwujud.

Alasan tidak mampu serius dalam olahraga ini bermacam macam, misalnya saja tidak memiliki banyak waktu luang, munculnya rasa malas, serta bingung memilih olahraga yang tepat. Padahal anda bisa berolahraga sendiri di rumah dengan berbagai jenis pilihan latihan. Mulai dari olahraga senam, olahraga permainan, gerakan fisik, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa rekomendasi jenis olahraga sehat untuk diet yang dapat anda lakukan.

olahraga sehat untuk diet
olahraga sehat untuk diet

Jenis Latihan Olahraga Sehat untuk Diet

Bola kasti

Cukup bermodalkan bola kasti atau bola softball, anda sudah bisa melakukan olahraga sehat untuk diet. Latihan lempar tangkap ini sangat pas dimainkan bersama orang terdekat sambil bercengkerama, sekaligus mampu menurunkan berat badan anda. Sebagai penunjang kenyamanan, anda bisa mengenakan seragam dan peralatan khusus. Misalnya saja seperti sepatu dan sarung tangan khusus untuk menangkap bola, supaya gerakan anda jadi lebih maksimal. Hanya dengan berlari-larian sambil bermain, tetapi olahraga ini mempu membakar minimal 180 kalori per jam. 

Bola Basket

Bola basket sering kali dimainkan dalam grup olahraga sebagai salah satu permainan. Namun terkadang, basket juga dijadikan olahraga sehat untuk diet yang seru untuk dilakukan dalam penurunan berat badan. Setidaknya anda perlu bermain basket selama 30 menit dengan gerakan yang maksimal untuk pembakaran kalori lebih baik. Anda bisa melakukannya dengan menghadapi pemain lain, sehingga dapat menghasilkan pembakaran kalori hingga 2 x lipat.

Namun Anda pun dapat memainkannya sendirian dengan melakukan beberapa gerakan. Di antaranya menembak sendiri, berlarian, kejar bola, dan kembali lagi untuk menembak, supaya mengoptimalkan pembakaran kalori. Sebaiknya hindari latihan yang semakin melambat meski anda bermain sendirian. Karena hal ini akan mengurangi pembakaran kalori, sehingga lebih baik jika anda bergerak lebih cepat dalam olahraga sehat untuk diet.

Futsal

Futsal menjadi salah satu olahraga sehat yang mampu mengoptimalkan berbagai gerakan setiap bagian tubuh, sehingga mampu membakar kalori dengan lebih banyak. Melakukan futsal selama 1 jam 3 x seminggu, kalori yang terbakar kurang lebih sebanyak 6600 dalam 1 bulan jika gerakannya maksimal. Bermain futsal dapat menggerakkan serat otot dalam tubuh secara berulang, sehingga mampu menstimulasi pertumbuhan otot. Semakin banyak massa otot yang dimiliki, tentu metabolisme tubuh akan lebih tinggi dan pembakaran lemak jadi lebih banyak.

Hula hoop

Permainan ini pastinya jadi primadona bagi kaum hawa karena bermanfaat sebagai salah satu olahraga sehat untuk diet. Manfaat melakukan hula hoop secara rutin yaitu mampu mengencangkan otot bagian pinggang dan membakar 415 kalori per jam. Bagi pemula, sebaiknya pilihlah hula hoop yang memiliki diameter lebih besar supaya laju putarannya sedikit lambat. Kondisi ini akan memberikan waktu penyesuaian tubuh dalam memutar hula hoop.

Jika sudah lebih ahli dan bisa beradaptasi dengan putaran, anda bisa menggunakan hula hoop yang diameternya lebih kecil. Biar makin seru, anda bisa bermain hula hoop dengan diiringi musik yang menyenangkan dan memberikan semangat. Jangan takut mencoba variasi gerakan lain dalam hula hoop. Seperti halnya memutar hula hoop menggunakan perut dan punggung, atau pun memutar hula hoop di tangan dan bahu anda. 

Bola Voli

Melakukan permainan bola voli dapat meningkatkan pembakaran lemak, sehingga dapat dijadikan olahraga sehat untuk diet. Anda bisa bermain bola voli minimal 3 kali dalam 1 minggu agar lebih cepat dalam menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga permainan bola voli juga mampu mengencangkan tubuh bagian atas seperti otot lengan, dan juga otot bahu. Bukan itu saja, tetapi bermain bola voli juga bisa mengencangkan otot otot tubuh bagian bawah.

Bersepeda

Jenis olahraga selanjutnya yang memiliki manfaat dalam penurunan berat badan adalah aktifitas bersepeda. Jika aktifitas ini dilakukan secara rutin, tentu penurunan berat badan akan lebih efektif akibat pembakaran kalori yang lebih banyak. Anda bisa latihan dengan serius selama 30 menit agar bisa membakar kalori sebanyak 300 hingga 500 kalori setiap sesinya. Saat bersepeda, tubuh membutuhkan banyak energi untuk proses metabolisme, sehingga mempengaruhi pembakaran kalori yang makin banyak pula.

Badminton

Badminton adalah salah satu jenis permainan kardio yang efektif membakar kalori dengan cukup tinggi, sehingga sering dijadikan olahraga sehat untuk diet. Latihan kardio ini dapat membantu menurunkan berat badan, serta membakar lemak yang menumpuk pada tubuh. Bagi anda yang rutin berolahraga badminton, tentu akan mampu meminimalisir resiko obesitas. Resiko ini bisa terjadi akibat meningkatnya jumlah kolesterol jahat dan justru menurunkan kolesterol baik.

Aerobik

Gerakan senam aerobik adalah latihan yang penuh semangat dan mengombinasikan gerakan gerakan lincah di dalamnya. Gerakan ini mampu meningkatkan detak jantung dan membuat seluruh bagian tubuh ikut bergerak. Gerakan ini tentu saja bisa mengurangi penumpukan lemak menjadi lebih cepat terbakar, sehingga berat lebih ideal. Senam aerobik juga cukup mudah dipraktekkan oleh siapa pun di mana pun, tanpa harus pergi ke studio senam ataupun menggunakan bantuan instruktur ahli. Bahkan anda pun bisa berlatih sendiri di rumah hanya melalui bantuan video tutorial aerobik dan memberikan iringan musik sat latihan.

Baca artikel lain disini

Senam salsa

Olahraga sehat untuk diet selanjutnya yaitu latihan dengan gerakan tarian yang dinamakan senam salsa. Senam ini dikembangkan dari gerakan tarian salsa yang berasal dari Spanyol, sehingga mempunyai gerakan yang energik, bersemangat, dan seksi. Ketika latihan senam salsa, tubuh anda akan banyak melibatkan goyangan pinggul dan dada. Gerakan ini sangat cocok dipilih oleh anda yang ingin menurunkan berat badan, sekaligus membentuk tubuh yang proporsional. Senam salsa bisa dilakukan dengan berpasangan atau sendirian dengan iringan musik yang bersemangat.

Itulah tadi 9 jenis latihan olahraga sehat untuk diet yang bisa menurunkan berat badan anda dengan cukup efektif. Dengan melakukan latihan tersebut, tentu aktifitas olahraga jadi tidak lagi membosankan dan justru makin menyenangkan. Anda pun bisa lebih rajin dan konsisten dalam melakukan latihan, demi meningkatkan pembakaran kalori dan penurunan lemak. Maka dari itu, lakukan latihan secara teratur dan segera dapatkan bentuk tubuh ideal anda!

About Aziza Linda Verra

Check Also

Manfaat ketumbar untuk diet

Ketahui 4 Manfaat Ketumbar Untuk Diet, Badan Langsing dan Sehat

sumbersehat – Manfaat ketumbar untuk diet belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Namun belakangan hal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *