Kenali 10 Manfaat Senam sebagai Olahraga Sehat di Dalam Rumah yang Baik untuk Tubuh

Kenali 10 Manfaat Senam sebagai Olahraga Sehat di Dalam Rumah yang Baik untuk Tubuh – Senam merupakan olahraga yang melibatkan gerakan yang penuh perfoma dan membutuhkan kekuatan kecepatan dan gerakan fisik yang teratur. Dengan melakukan gerakan senam secara rutin secara tidak lagsung memberikan pengaruh besar pada tubuh. Senam mudah dilakukan dirumah karena tidak merupakan olahraga yang sifatnya fleksibel untuk dilakukan. Selain itu banyak yang menyukai senam karena dianggap olahraga yang murah dan dapat dilakukan kapan saja tanpa membutuhkan alat khusus.

olahraga sehat di dalam rumah
olahraga sehat di dalam rumah

Manfaat Senam sebagai Olahraga Sehat di Rumah

Senam bisa dilakukan secara individu maupun kelompok. Gerakan senam yang bervariasi menjadikan banyak orang menyukai olahraga satu ini. Terlebih jika ingin melakukan di rumah sendiri pun dapat dilakukan kapanpun selagi sengang. Olahraga senam kini banyak ditemukan di media sosial. Jadi tak perlu ragu lagi untuk menjadikan olahraga senam sebagai kegiatan rutin akhir pekan. Selain itu senam dapat dilakukan dari berbagai kalangan baik muda maupun tua, namun untuk gerakan dapat disesuaikan berdasarkan tingkatan umur. Banyak sekali manfaat dari senam jika rutin melakukan olahraga sehat ini dan berikut beberapa manfaatnya untuk tubuh.

Menjaga berat badan

Menjaga berat badan akan terasa ringan dengan rutin melakukan senam. Untuk orang yang memiliki kelebihan berat badan dapat melakukan gerakan senam dengan rutin, diiringi pola hidup sehat. Hasilnya akan dengan mudah menurunkan berat badan menjadi ideal. Selain itu dengan melakukan gerakan senam secara rutin, akan menjaga berat badan tubuh tetap ideal tanpa takut akan naik kembali. Hal inilah yang menjadikan banyak wanita menyukai senam sebagai olahraga sehat di dalam rumah, karena praktis untuk dilakukan kapan pun.

Baik untuk kesehatan jantung

Olahraga senam menjadikan jantung lebih sehat dan kuat untuk memompa darah lebih efisien ke dalam tubuh. Manfaat lainnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh dan menggantinya menjadi kolesterol baik. Banyak dokter yang menyarankan pada pasiennya untuk melakukan olahraga ringan dengan senam di rumah. Dengan pola hidup sehat maka kesehatan jantung akan terjaga dengan baik. Untuk lansia gerakan senam dapat dipilih sesuai dengan umurnya yang sekiranya gerakan ringan untuk dilakukan. Jika kita ketahui kini banyak gerakan sehat untuk senam bersama sebagai upaya untuk menjaga jantung di usia senja.

Memperkuat daya tahan tubuh

Senam dapat memperkuat tahan tubuh, karena dapat memperkuat imunitas yang ada di dalam tubuh agar tetap sehat. Dengan imunitas yang kuat maka berbagai virus atau bakteri tidak akan mudah berhasil masuk yang merupakan penyebab timbulnya berbagai penyakit. Hal itu didapatkan dengan mudah yakni olahraga sehat di dalam rumah dengan melakukan gerakan senam secara rutin. Selain senam yang tak kalah penting juga menjaga hidup sehat dan pola makan bergizi dan baik.

Menurunkan tekanan darah

Melakukan olahraga senam sebagai wujud melatih kinerja jantung, yang mana manfaatnya akan terasa pula pada kadar tekanan darah yang menurun. Pada saat tekanan darah menurun, maka gejala hipertensi juga dapat terkontrol dengan baik. Karena cikal bakal tekanan darah naik dikarenakan kinerja jantung yang kurang stabil. Untuk itu penting melakukan olahraga senam secara rutin guna menjaga tekanan darah tetap stabil. Hidup akan terasa sehat setiap hari. Olahraga senam dapat menyesuaikan sesuai dengan kemampuan diri sendiri, karena senam adalah olahraga yang fleksibel.

Mengontrol kadar gula darah

Untuk penderita diabetes, senam adalah gerakan olahraga yang cocok. Olahraga senam secara rutin, maka secara tidak langsung dapat mengatur kadar insulin di dalam tubuh. Hal ini menjadikan kadar gula dapat terkontrol dengan baik. Diabetes adalah penyakit yang mengharuskan pasiennya untuk menjaga pola hidup sehat. Selain menjaga pola makan, melakukan olahraga sehat di dalam rumah seperti senam juga tidak kalah penting. Untuk menambah semangat agar rutin olahraga senam dapat dengan cara mencari kawan. Melakukan olahraga bersama-sama tentu akan terasa lebih menyenangkan dibanding sendirian.

Menjadikan tidur nyenyak

Tubuh setelah melakukan senam akan terasa lelah, karena rasa lelah menjadikan tidur semakin nyenyak. Namun idealnya jangan melakukan senam 2 jam sebelum tidur. Biarkan waktu sejenak untuk tubuh istirahat setelah aktifitas senam untuk sekedar menormalkan tubuh kembali menjadi sedia kala. Secara tidak langsung tidur akan berkualitas, karena tubuh telah mengeluarkan zat-zat yang kurang bagus untuk tubuh dengan olahraga senam. Tentukan jadwal senam secara berkala dan dapat dilakukan berpindah-pindah rumah agar terasa suasana baru.

Kerja otak lebih maksimal

Melakukan olahraga sehat di dalam rumah seperti senam secara tidak langsung akan berpengaruh pada sistem kerja otak. Tubuh yang sehat menjadikan otak dapat bekerja lebih maksimal. Untuk itu penting agar tubuh tetap stamina salah satu caranya dengan rutin melakukan olahraga seperti senam. Apabila kerja otak maksimal secara tidak langsung juga akan berpengaruh pada pekerjaan yang dilakukan. Segala sesuatu ada hukum sebab dan akibat dari setiap yang dikerjakan.

Meningkatkan suasana hati

Melakukan gerakan senam secara rutin secara tidak langsung dapat membantu mengembalikan suasana hati menjadi lebih tenang dalam bersikap. Senam dapat membantu meringankan gejala depresi dan mengurangi ketegangan karena gangguan kecemasan. Senam menjadikan lebih rileks dalam menjalani hari. Alur dalam senam seperti pemanasan, gerakan inti dan terakhir sebelum penutup adalah gerakan pendinginan membantu mengatur suasana hati. Suasana hati yang baik akan menghasilkan hormon kebahagiaan dan berdampak pada tubuh yang sehat.

Mengencangkan otot

Mengencangkan otot kini tak perlu khawatir lagi harus pergi ke tempat fitness. Rutin melakukan olahraga sehat di dalam rumah seperti senam juga mampu mengencangkan otot. Otot yang mulai kendor karena usia atau karena pasca melahirkan dapat kencang seperti semula apabila rutin melakukan olahraga senam. Dalam olahraga senam mampu mengencangkan otot bagian perut, tangan, kaki dan otot bagian manapun yang diinginkan. Setiap olahraga senam memiliki titik fokus untuk mengencangkan otot bagian tertentu yang diinginkan.

Baca artikel lain disini

Menjaga stamina tubuh

Menjaga stamina tubuh agar tetap selalu sehat adalah tujuan dari olahraga senam. Betapa tubuh yang sehat menjadikan suatu kenikmatan bagi pemiliknya. Untuk itu penting melakukan olahraga senam guna menjaga stamina tubuh untuk selalu fit di segala musim. Menjaga stamina tubuh harus dilakukan secara rutin dan harus dengan kesadaran diri sendiri. Olahraga teratur, pola makan sehat, tidur cukup, menjaga pikiran positif adalah wujud menjaga stamina tubuh yang harus dilakukan setiap hari.

Demikian manfaat senam sebagai olahraga sehat di dalam rumah yang harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Olahraga dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, untuk itu harus mulai mengagendakan disela kesibukan yang padat. Dengan rutin melakukan senam banyak sekali manfaat yang akan didapatkan seperti yang telah dijabarkan di atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah semangat untuk rutin olahraga senam. Jika bukan diri sendiri yang menjaga, tentu hasilnya akan sia-sia.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *