4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet – Senam adalah jenis olahraga yang tidak membosankan untuk dilakukan sehari-hari, sehingga ada begitu banyak wanita yang menyukai. Apalagi saat ini sangat banyak variasi senam yang dikembangkan, seiring perkembangannya di dunia olahraga. Salah satu tujuan khususnya adalah untuk memenuhi kebutuhan wanita akan olahraga yang menyenangkan dan tidak membosankan seperti olahraga kebanyakan.

Kondisi ini membuat mereka antusias untuk tidak melewatkannya, lantaran manfaatnya pun tak kalah efektif dibanding olahraga pada umumnya. Di dunia olahraga ada beragam variasi senam yang memberi banyak manfaat untuk menunjang program diet. Misalnya saja dengan tujuan untuk mempercepat rencana penurunan berat badan. Berikut ini ada beberapa macam senam untuk menurunkan berat badan anda dengan cepat. Yuk simak apa saja senamnya!

olahraga sehat untuk diet
olahraga sehat untuk diet

Variasi Senam sebagai Olahraga Sehat untuk Diet

Senam Pilates

Senam pilates merupakan kombinasi dari beberapa gerakan, yaitu peregangan, relaksasi, dan juga teknik pernafasan yang digunakan. Senam ini tidak hanya memberi manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh saja. Melainkan juga sebagai  olahraga sehat untuk diet dalam menjaga kesehatan mental serta pikiran. Awalnya, pilates ini dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh para penari jaman dulu.

Gerakan senam pilates dilakukan secara perlahan melalui peregangan yang meningkatkan kekuatan tubuh, sehingga target utamanya adalah otot-otot inti. Otot otot tersebut meliputi bagian perut, panggul, dan punggung bawah. Latihan senam pilates yang dilakukan dengan intensitas tinggi, dapat menambah dan membangun massa otot anda tanpa tumpukan lemak. Kondisi ini tentu dapat membuat anda memiliki badan ideal dan semakin langsing.

Senam Aerobik

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan senam yang satu ini sebagai olahraga sehat untuk diet para wanita muda maupun ibu ibu bukan? Senam aerobik adalah jenis latihan kardio yang baik dalam membakar lemak tubuh. sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Selain hal itu, senam aerobik ternyata juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti memperkuat otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung, dan juga meningkatkan stamina maupun daya tahan tubuh. Ada beberapa rangkaian gerakan senam aerobik yang dapat anda lakukan sendiri di rumah, di antaranya seperti rocket jump, squat jump,dan squat.

Rocket jump dilakukan dengan caara berdiri agak bungkuk dengan kedua kaki dibuka sedikit, lalu tekuk lutut sedikit. Anda bisa menempatkan kedua telapak tangan di paha dan melompatlah dengan tangan lurus ke atas sembari meluruskan kaki. Mendaratlah dengan pelan hingga tubuh kembali ke posisi semula seperti sebelum lompat. Lakukan gerakan ini hingga dua set dengan pengulangan sebanyak 15 – 25 kali setiap setnya.

Yang kedua, anda bisa melakukan  olahraga sehat untuk diet dengan squat jump dengan berdirilah tegap, kencangkan perut dan luruskan punggung. Jongkoklah dengan mendorong bokong ke arah belakang. Posisikan badan seperti anda akan duduk, posisi punggung masih lurus seakan membentuk sudut 45 derajat, serta lengan berada pada kanan kiri lutut.

Melompatlah tinggi-tinggi dengan merentangkan tangan ke kanan dan kiri dan kaki terbuka lebar, lalu mendaratlah dengan ringan. Saat mendarat anda perlu melakukannya dengan posisi kembali membungkuk dan tangan berada pada sisi kiri kanan lutut. Lakukan dua rangkaian squat jump masing-masing dengan 15 – 25 pengulangan untuk tiap rangkaian.

Sementara gerakan aerobik yang ketiga yaitu squat yang dilakukan dengan kedua kaki dibuka sejajar bahu, julurkan kedua tangan ke depan, rendahkan paha dan bokong. Lakukanlah posisi ini hingga mencapai tubuh mencapai posisi seperti orang duduk di kursi namun dengan posisi paha yang sejajar lantai. Jagalah agar punggung anda tetap lurus agar membentuk sudut 45 derajat dengan kedua tangan lurus ke arah depan. Ulangi gerakan  olahraga sehat untuk diet tersebut sebanyak 15 -25 kali atau secukupnya.

Gerakan dasar dalam aerobik yang bisa anda lakukan sendiri di rumah yaitu Burpee. Latihan dilakukan dengan rangkaian gerakan seperti posisikan tubuh berdiri, lalu ambil posisi jongkok dengan kedua tangan memegang lantai. Luruskan kedua kaki ke belakang dengan kedua tangan tetap di lantai sampai anda membentuk posisi push up, lalu kembalilah ke posisi jongkok dengan cepat.

Anda perlu kembali ke posisi semula tanpa mengubah posisi tangan, kemudian ambil posisi berdiri dengan kedua tangan seperti meraih ke arah atas. Ulangilah beberapa gerakan tersebut sebanyak 15 – 25 kali atau secukupnya. Apaba Anda sudah lama tidak  olahraga sehat untuk diet rutin dan ingin kembali melakukan senam aerobik, berlatihlah secara perlahan. Mulailah dengan durasi dan intensitas ringan secara bertahap agar tubuh tidak kaget.

Senam Yoga

Tentu anda sudah pernah mendengar nama Yoga sebagai salah satu senam yang sering dilakukan oleh para wanita bukan? Sebagain orang mengenal yoga ini sebagai salah satu latihan yang memiliki manfaat khusus, bukan hanya fisik saja. Melainkan, latihan tersebut mampu meningkatkan kesehatan pikiran, ketenangan, dan terakhir yaitu kesehatan fisik. Dengan memiliki pikiran yang tenang dan kesehatan mental terjaga, tentu program diet akan berjalan lebih lancar.

Dengan  olahraga sehat untuk diet tersebut, anda akan lebih mampu untuk mengontrol nafsu makan dan keinginan untuk makan juga jadi lebih stabil. Sebagai olahraga untuk diet, gerakan yoga mampu membakar kalori dengan cepat dan efektif. Tentu saja hal ini akan membantu proses penurunan berat badan anda menjadi lebih ideal dan proporsional. Anda hanya perlu melakukan latihan yoga selama 30 menit perhari, di mana kondisi tersebut dapat membakar kalori hingga 149 kalori.

Senam Zumba

Senam adalah olahraga yang sedang tren saat ini yang memiliki gerakan dengan perpaduan dari berbagai variasi tarian, seperti salsa, mambo, meringue, rumba, flamenco, pop, dan lain sebagainya. Ada beberapa gerakan yang sering dipakai dalam zumba, di antaranya seperti squat dan lunges. dalam Zumba sendiri terdapat Metode High Intensity Interval Training senam yang cukup efektif dalam menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan bahwa gerakan melalui metode tersebut dilakukan dengan intensitas yang tinggi dalam waktu cukup singkat. 

Anda pun dapat mengetahui seberat apa intensitas latihan zumba yang tengah dilakukan. Caranya cukup sederhana, yaitu hanya dengan mengetahui kinerja latihan. Apabila semakin berat intensitas latihan yang dilakukan, tentu akan semakin cepat pula jantung anda berdetak dan tubuh akan lebih banyak mengeluarkan keringat. Terkadang, semakin berat intensitas yang dilakukan bisa membuat Anda sampai tidak bisa berbicara saat tengah melakukan  olahraga sehat untuk diet.

Baca artikel lain disini

Jadi, ketika melakukan zumba hingga membuat jantung berdetak sangat cepat, banyak berkeringat, serta Anda pun seperti tak mampu lagi bicara akibat ngos-ngosan, berarti latihan anda termasuk intensitas berat. Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki intensitas olahraga masing-masing dan tidak sama satu dengan yang lainnya. Apabila anda merasa demikian dengan level intensitas tersebut, belum tentu orang lain juga akan merasakan hal yang sama.

Berbagai latihan senam tersebut bisa anda jadikan sebagai olahraga sehat untuk diet. Anda bisa memilih jenis senam yang tepat sesuai keinginan dankebutuhan tubuh. Dengan senam yang menyenangkan dan diiringi musik, tentu aktifitas olahraga anda tidak akan terasa begitu berat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

Manfaat ketumbar untuk diet

Ketahui 4 Manfaat Ketumbar Untuk Diet, Badan Langsing dan Sehat

sumbersehat – Manfaat ketumbar untuk diet belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Namun belakangan hal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *