2 Tips Sarapan Pagi yang Sehat, Simak Yuk Agar Sehat Selalu!

sumbersehat.com – Sarapan Pagi Yang Sehat akan menghasilkan dampak baik bagi kesehatan dan juga untuk aktivitas kedepannya. Dengan menerapkan sarapan yang sehat, tubuh akan menjadi lebih bertenaga untuk memulai aktivitas sehari-hari. Selain itu sarapan yang sehat juga mempengaruhi konsentrasi seseorang untuk aktivitas selanjutnya.

Sarapan Pagi yang sehat sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan setiap sebelum memulai kegiatan sehari-hari. Namun, saat ini banyak orang yang tidak memperhatikan kualitas sarapan pagi hari. Sebagian orang berpikir hanya mementingkan kenyang daripada kualitas sarapan yang sehat. Selain itu lebih parahnya lagi terdapat orang yang tidak melakukan sarapan pagi sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Berikut adalah Tipsnya!

sarapan pagi yang sehat

Inilah Tips Menyiapkan Sarapan Pagi yang Sehat

Adapun cara membuat sarapan pagi yang sehat adalah:

Menyiapkan menu makanan di malam hari

Sarapan pagi sering kali ditinggalkan karena hal-hal seperti malas menyiapkan makanan setelah bangun tidur ataupun telat untuk bangun pagi. Anda bisa menyiapkan bahan makanan di malam hari sebelum tidur untuk mempersingkat waktu memasak di pagi hari. Selain itu Anda juga bisa memasak menu sarapan pagi di malam hari sebelum tidur. Setelah itu, pada pagi hari Anda tinggal menghangatkannya untuk sarapan.

Tidak Asal Kenyang

Sarapan Pagi yang sehat harus memperhatikan menu-menu dan waktu yang tepat agar tubuh siap untuk menjalani aktivitas setelah sarapan. Mengkonsumsi karbohidrat dan protein adalah pilihan yang tepat ketika ingin melakukan sarapan yang sehat. Banyak orang menganggap bahwa sarapan dengan karbohidrat seperti roti tawar adalah tips sarapan pagi sehat dan mengenyangkan.

Namun, mengkonsumsi makanan karbohidrat olahan adalah hal yang harus dihindari tubuh untuk mencapai sarapan pagi sehat.
Selain itu banyak orang yang memulai sarapan pagi dengan mengkonsumsi makanan berat. Untuk memulai aktivitas yang sehat, Kita bisa memilih menu sarapan yang sehat pula.

Mengkonsumsi makanan berat seperti nasi dan makanan berminyak bisa adalah contoh sarapan pagi yang tidak sehat. Anggapan orang-orang ini adalah sarapan yang penting kenyang yang sebenarnya tidak baik untuk tubuh apabila akan melakukan aktivitas berat setelah pagi hari.

Makanan untuk Sarapan Pagi yang Sehat

Berikut adalah makanan yang baik untuk sarapan pagi yang sehat:

Pisang

Buah pisang memiliki karbohidrat dan serat yang baik untuk tubuh sehingga dianjurkan untuk dipilih sebagai makanan untuk sarapan pagi. Pisang yang baik untuk dikonsumsi adalah pisang yang memiliki warna kuning dengan agak kehijauan. Baca juga Manfaat dan 5 Menu Sarapan Sehat yang Murah dan Mudah Dibuat.

Telur

Telur adalah makanan yang paling sering digunakan untuk menu di sarapan pagi. Apabila Anda mengkonsumsi telur di sarapan pagi Anda, ini merupakan cara yang benar dan dianjurkan untuk dikonsumsi. Telur memiliki protein yang baik apabila dikonsumsi oleh tubuh di pagi hari. Selain itu dengan mengkonsumsi telur, perut akan terasa lebih kenyang dan tahan lama sehingga mampu bertahan untuk menunggu makan siang Anda.

Yogurt

Yogurt yang baik dikonsumsi untuk sarapan pagi adalah yogurt tawar. Mengkonsumsi yogurt akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Apabila Anda ingin mengkonsumsi yogurt yang manis, campurkan buah seperti pisang agar sarapan tetap sehat.

Selai Kacang

Meskipun selai kacang memiliki kandungan kalori yang tinggi, namun selai kacang dapat membantu menjadi pilihan alternatif dari sumber protein tubuh Anda di pagi hari.

Roti Gandum

Sebagian orang sering mengkonsumsi roti untuk menu sarapan di pagi hari. Roti yang baik untuk menu sarapan pagi yang sehat adalah roti gandum. Roti gandum memiliki kandungan karbohidrat yang baik sehingga bagus dikonsumsi di pagi hari pada saat perut sedang kosong.

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan berbahan dasar gandum yang di dalamnya terdapat karbohidrat dan protein yang sangat bagus untuk tubuh apabila dikonsumsi untuk sarapan pagi. Mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan adalah pilihan menu yang sehat dibandingkan menu makanan lain di pagi hari.

Kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan di pagi hari akan membantu aktivitas selanjutnya menjadi lancar. Ini disebabkan karena kacang-kacangan akan membantu menghambat rasa lapar sehingga aktivitas setelah pagi hari tidak terganggu. Selain itu, mengkonsumsi kacang-kacangan untuk sarapan akan membantu meningkatkan konsentrasi dan mental tubuh.

Susu

Susu adalah menu yang tidak boleh ditinggalkan apabila Anda ingin mencapai sarapan pagi yang sehat. Susu mengandung berbagai manfaat bagi tubuh yang apabila dikonsumsi akan membantu meningkatkan energi. Selain itu, susu akan membantu menahan rasa lapar berjam-jam sehingga Anda bisa menunggu jam makan siang dengan lancar tanpa takut rasa lapar mengganggu aktivitas Anda.

Teh

Teh memiliki kandungan yang apabila dikonsumsi akan meningkatkan energi di dalam tubuh. Menurut penelitian, teh dapat meningkatkan kekuatan otak apabila sedang melakukan aktivitas pekerjaan yang sedikit berat.

Ide Menu Sarapan yang Mudah

Banyak orang yang malas untuk menyiapkan atau memasak sarapan pagi. Padahal sarapan pagi adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan karena memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Anda bisa mengkonsumsi makanan alternatif agar sarapan pagi yang sehat tidak terlewatkan.

Anda bisa mengkonsumsi makanan seperti roti gandum yang diolesi selai kacang dan juga segelas susu. Untuk Anda yang tidak tahu menu sarapan alternatif, berikut adalah menu alternatif sarapan yang mudah dibuat:

Roti isi

Untuk menu sarapan pagi yang sehat, Anda bisa menggunakan roti gandum yang bisa dikreasikan sendiri. Roti bisa diberi aneka selai seperti selai kacang atau dengan isian seperti telur dan buah-buahan. Tentu sangat mudah membuat menu makanan roti isi seperti ini sehingga tidak ada lagi alasan untuk meninggalkan sarapan pagi.

Oatmeal

Oatmeal adalah menu sarapan yang sangat mudah penyajiannya. Tidak membutuhkan banyak waktu untuk membuat sarapan dengan menu oatmeal. hanya dengan menyeduhkan air panas ke bubuk oatmeal yang tidak membutuhkan waktu lebih dari 5 menit.

Selain rasa oatmeal yang lezat, Anda juga bisa mendapatkan gizi yang cukup untuk memulai aktivitas pagi hari. Untuk menambah cita rasa yang lebih lezat, Anda bisa mengkreasikan dengan menambah potongan buah-buahan di dalam oatmeal.

Telur rebus

Telur rebus adalah makanan yang sangat mudah dan praktis dibuat. Anda bisa merebus telur ketika akan mandi di pagi hari. Setelah Anda selesai mandi, telur rebus akan sudah matang dan bisa menjadi sarapan pagi yang sehat. Dengan ditambah minuman segelas susu putih tawar tentu sarapan akan menjadi nikmat.

Ketiga menu di atas adalah contoh menu sarapan pagi sehat yang sangat mudah dibuat dan dikreasikan sendiri di rumah. Dengan menambah minuman sehat seperti teh hangat atau susu yang bisa menunda lapar Anda. Anda bisa mengatur jadwal makan tiga menu di atas agar tidak bosan dengan menu sarapan pagi.

Itulah beberapa tips sarapan pagi yang sehat. Masih banyak lagi tips atau menu makanan yang bisa dikreasikan sendiri namun dengan tetap memperhatikan kandungan gizi makanan. Sarapan pagi tidak boleh ditinggalkan dan harus menjadi kebiasaan karena itu merupakan bagian dari hidup sehat.

Sekian artikel ini semoga dapat membantu wawasan dan ilmu pengetahuan bagi pembaca sekalian.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menjaga kesehatan tenggorokan

Simak, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan tenggorokan menjadi ramai diperbincangkan terlebih saat pandemi menyerang. Masyarakat kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *