8 Menu Sarapan Pagi Sehat yang Simpel dan Bergizi, Coba!

By

sumbersehat.com – Sarapan pagi sehat tentu saja bisa memberi pengaruh yang positif terhadap kesehatan tubuh. Namun, permasalahannya adalah tidak sedikit orang yang justru terkesan mengabaikan kegiatan sarapan ini. Entah hal itu terjadi karena memang tidak terbiasa atau bahkan hanya malas saja ketika harus menyiapkan sarapan. Jika Anda salah satu orang tersebut, maka mulai saat ini sebaiknya Anda mulai berpikir ulang.

Pada kenyataannya, sarapan merupakan kegiatan yang sangat penting. Sebab, ada banyak sekali manfaat di balik kegiatan tersebut yang tentu saja rugi jika Anda lewatkan. Apalagi jika Anda sudah bisa rutin sarapan pagi sehat, maka tentu saja tidak ada yang akan merasakan dampak baiknya kecuali Anda sendiri.

sarapan pagi sehat

Pentingnya Sarapan Pagi Sehat

Sarapan menjadi kegiatan yang tidak bisa diremehkan, maka sesibuk apapun, Anda tetap perlu menyempatkan waktu untuk sarapan. Nah, agar Anda bisa semakin semangat, yuk langsung simak ulasan mengenai pentingnya sarapan pagi sehat.

Meningkatkan Energi

Sangat jauh berbeda orang yang membiasakan sarapan pagi sehat dengan yang tidak. Tentu saja, bagi Anda yang selalu membiasakan sarapan akan memiliki energi yang jauh lebih besar. Hal itu akhirnya memengaruhi kinerja dan semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Sebab, hakikatnya bila tubuh bertenaga, maka hal tersebut tentu tidak akan membuat Anda mudah merasa lelah.

Pikiran Fokus

Pengaruh positif lainnya dari kegiatan sarapan pagi sehat adalah menjaga fokus dan konsentrasi Anda saat melakukan suatu aktivitas. Bisa Anda bayangkan saja jika di pagi hari perut sudah terisi, maka tentu Anda bisa lebih fokus dalam bekerja. Sebaliknya, jika perut masih dalam keadaan kosong, maka itu tentu hanya akan menurunkan kemampuan daya pikir Anda. Pada akhirnya hal itu akan membuat pikiran Anda tidak bisa fokus ketika mengerjakan suatu hal.

Memperbaiki Kondisi Hati

Apakah Anda adalah orang yang mudah marah? Jika iya, maka mungkin saja itu disebabkan karena Anda belum rutin sarapan. Percaya atau tidak, ketika sedang lapar, maka Anda akan lebih mudah merasa sensitif. Hal itu akan membuat perasaan Anda menjadi terganggu sehingga nantinya malah menyebabkan Anda lebih cepat merasa cemas atau marah. Info kesehatan terkini, simak qsehat.com.

Memenuhi Kebutuhan Tubuh

Hakikatnya, untuk bisa menunjang Anda melakukan berbagai hal setiap harinya, maka tubuh memerlukan berbagai nutrisi. Dalam hal ini berupa vitamin, kalsium, hingga serat. Nah, salah satu caranya adalah dengan sarapan pagi sehat. Hal itu pun bisa dibuktikan dengan adanya penelitian yang menyatakan bahwa orang yang sarapan akan lebih mudah memenuhi kebutuhan gizinya.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat sarapan juga bisa dirasakan oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet, lho. Pasalnya, orang yang sarapan tidak akan terlalu mudah merasakan lapar di siang hari. Hal itu menyebabkan porsi makan siang cenderung akan berkurang. Sebaliknya, jika tidak sarapan, maka tentu bisa membuat Anda cepat lapar dan kemungkinan besar malah akan berlebihan ketika makan siang.

Menu Sarapan Pagi Sehat

Bagi yang malas sarapan karena merasa kesulitan menyiapkan menunya, berikut ulasan mengenai menu-menu sarapan pagi sehat yang simpel dan bergizi. Tentu saja menu-menu praktis tersebut sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin repot ketika harus menyiapkan sarapan. Adapun menu-menu sarapan sehat yang praktis adalah:

Nasi Goreng

Umumnya, menu ini menjadi pilihan pertama ketika sedang sarapan. Selain karena proses pembuatannya yang memang sangat mudah, rasanya pun juga enak. Bahkan, Anda bisa bebas berkreasi menentukan bahan-bahan pelengkapnya. Bisa meracik bumbu sendiri atau bila ingin semakin simpel dan cepat, maka bisa langsung menggunakan tepung bumbu nasi goreng saja. Nyatanya, saat ini sudah ada banyak pilihan tepung bumbu yang tersedia dengan berbagai pilihan rasa.

Roti Bakar

Menu yang satu ini biasanya lebih sering dijadikan menu sarapan oleh orang-orang di luar negeri. Dalam hal ini, menggunakan roti dengan tambahan telur goreng tentu bisa cukup memenuhi kebutuhan gizi Anda. Kalaupun Anda kurang terbiasa atau memang tidak menyukai roti dengan telur, maka Anda bisa menggantinya dengan selai atau keju.

Roti Lapis

Selain roti bakar, Anda juga bisa membuat roti lapis sebagai menu sarapan pagi sehat. Pasalnya, menu ini juga cukup lengkap kandungannya. Mulai dari karbohidrat yang diperoleh dari roti, protein, hingga vitamin yang bisa diperoleh dari bahan-bahan pelengkapnya. Di antaranya daging, sayuran, keju, hingga potongan bawang dan tomat.

Telur

Menu ini sangat cocok bagi Anda yang memang sibuk dan hampir tidak memiliki waktu banyak untuk sekadar menyiapkan sarapan. Pasalnya, Anda hanya perlu menyiapkan telur saja, entah itu nantinya ingin digoreng sebagai telur mata sapi, dadar, atau telur orak-arik. Baik itu dinikmati dengan nasi atau tidak. Pada kenyataannya, telur memiliki kandungan gizi yang juga bermanfaat bagi tubuh.

Salad Buah

Umumnya, sarapan pagi sehat tidak hanya bisa diperoleh dari makanan yang terbilang sebagai makanan berat saja. Akan tetapi, menu buah-buahan, seperti salad buah pun sebenarnya bisa dijadikan sarapan. Menu ini juga tidak kalah simpel, Anda hanya perlu memotong buah dan mencampurnya dengan susu serta tambahan keju. Tentu saja menu ini bisa menjadi pilihan ketika sarapan karena nyatanya juga banyak gizi yang terkandung pada buah-buahan.

Susu Kocok

Menu yang satu ini sangat tepat bagi Anda yang kurang mampu mencerna makanan padat di pagi hari. Masalah kandungan gizinya pun tidak perlu diragukan karena minuman ini terbuat dari campuran susu dan buah-buahan yang diblender. Adapun jenis buahnya bisa dipilih sesuai keinginan dan kesukaan Anda. Terakhir, bila rasanya masih kurang manis, maka Anda bisa menggunakan madu sebagai tambahan.

Bubur

Bila Anda punya nasi sisa, tetapi kebetulan sedang bosan makan nasi goreng, maka alternatif lainnya adalah Anda bisa membuat bubur. Menu ini pun sangat cocok sebagai sarapan pagi sehat. Hal itu karena bubur bukan hanya sekadar praktis, tetapi juga cukup bergizi apalagi bila dilengkapi berbagai protein, seperti ayam. Anda bisa menambahkan topping makanan sehat lainnya.

Biskuit

Jika Anda tipe orang yang tidak suka repot, maka bisa memilih biskuit sebagai menu sarapan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah pilihlah biskuit yang sekiranya baik dikonsumsi pada pagi hari, seperti biskuit yang mengandung kacang-kacangan. Untuk melengkapi menu ini, Anda bisa menambahkan minuman, seperti teh, susu, atau bahkan kopi.

Dengan beberapa menu-menu simpel di atas, maka saat ini sarapan tidak seharusnya menjadi kegiatan yang merepotkan bukan? Oleh karena itu, alasan sibuk atau malas seharusnya sudah tidak berlaku lagi. Sebab, kenyataannya hanya dalam beberapa menit saja Anda sudah bisa selesai menyiapkan menu sarapan.

Demikian artikel seputar sarapan pagi sehat. Bagaimana? Apakah sekarang Anda sudah siap untuk mulai membiasakan diri sarapan pagi?

Tinggalkan komentar